Lengger, Beban Ganda Antara Panggung dan Dapur

Terkadang peran-peran yang bertumpuk ini tidak menjadikan perempuan diapresiasi, tidak menjadi istimewa. Beban ganda pada perempuan seringkali dianggap tugas bawaan lahir yang tidak bisa dilepaskan.

Lengger

Lengger

Mubadalah.id – Ibu lengger Astuti, dua tahunan lalu saya mendengar kabar bahwa ia telah meninggal. Namun panggung-panggungnya yang saya ikuti masih begitu lekat di ingatan. Selendang sampur yang menjuntai dan mengibas ke segala arah, atau irah-irahan yang seperti gunung di atas kepalanya, atau matanya yang tajam dikelilingi celak, masih bisa saya bayangkan.

Lengger adalah istilah untuk menyebut pertunjukan atau seseorang yang menari sekaligus menyanyi. Ia bukan sekedar tampil menghibur, namun juga dianggap memiliki daya linuwih, magis dan sakral. Kelebihan-kelebihanya tidak lantas membuatnya berbeda di keseharian. Ia sama saja seperti perempuan atau ibu yang lainnya.

Rumahnya berada di gang kecil tepi jalan utama Purwokerto. Untuk menemukan rumahnya, saya tidak perlu tahu alamat detailnya. Cukup bertanya saja pada tukang becak di pinggir jalan, maka Ia akan menunjukkan rute ke rumah lengger Astuti.

Sebuah SD berdiri tepat di samping rumahnya. Setiap kali lonceng besi dibunyikan, anak-anak berhamburan menuju teras rumahnya yang hanya berbatas pagar besi dan tidak pernah terkunci. Anak-anak riuh dan berebut saling mendahului, berdesakan melewati pintu menuju teras sang lengger untuk mendapatkan jajanan yang mereka inginkan.

Pukul enam pagi Ibu Astuti sudah siap dengan setermos nasi dan pelengkapnya. Sebagian makanan ia siapkan sendiri, sebagian lainya dibeli dari pasar. Ia memang selalu menunggu di sisi jajanannya sejak pagi, siapa tahu ada anak yang ingin mengisi perut sebelum masuk ke kelas. Begitulah pekerjaan hariannya dulu, saat saya menginap beberapa kali di rumahnya.

Sebagai lengger, ia selalu menjadi primadona panggung. Berangkat dengan truk atau colt gundul, Ia menghampiri penggemarnya. Dari gelaran ke gelaran ia selalu diikuti fans-fans fanatikan yang sudah menunggu-nunggu.

Panggung-panggungnya tidak pernah sepi baik di desa atau di kota. Di atas panggung ia bergerak mengikuti kendang dan seperangkat gamelan calung yang memicu tubuhnya menjadi terlihat lebih enerjik dari pada di kesehariannya. Ia menyanyi dan menyembuhkan duka-duka penggemarnya.

Seperti kebanyakan lengger, Ia dan grupnya dipanggil untuk memenuhi nadzar orang-orang, untuk merealisasikan rasa syukur, menjadi penyejuk di musim kemarau panjang, atau menyembuhkan bayi-bayi yang terkena sawan. Bagi sebagian orang yang percaya, tuturnya seperti sabda, harapannya ibarat doa yang terlantun pada yang maha tinggi tanpa penghalang.

Meskipun Ia dilekatkan dengan kemagisan, namun Ia tak selalu dipanggil dengan alasan spiritual. Kadang hanya sebuah hiburan semata. Atas alasan apapun, ia selalu tampil sebagai bintang. Ia dielu-elukan. Namun, di sisi tanggungjawabnya untuk menghibur, ia juga melakukan pekerjaan domestik.

Sepulang melengger pukul 11 malam, masih dengan make up yang menempel, ia menyempatkan untuk mencuci piring dan memasak mendoan. Lengkap dengan sambal dan nasi untuk kami makan bersama. Kebiasaan tersebut berulang setiap kali saya bersilaturahmi.

Jika panggilan melengger ramai, khususnya hari libur Sabtu, Minggu atau malam hari Ia manfaatkan untuk melengger bersama timnya. Jika sudah berada di rumah Ia tetap melakukan pekerjaan domestik dan berjualan setiap pagi di teras rumahnya.

Hal yang juga menarik perhatian saya adalah suaminya. Saat itu suaminya yang bekerja sehari-hari sebagai penjaga sekolah adalah pimpinan dari grup lengger yang ia dirikan. Suaminya juga merangkap sebagai nayaga (pemusik) yang selalu turut ke manapun grup lenggernya pergi. Selalu mendampingi di panggung maupun di rumah.

Begitu juga anaknya. Tidak jarang anak perempuannya turut melengger bersama ibunya atau sekedar menonton ayah dan ibunya. Kerjasama antara Ibu Astuti, dan suaminya ini bukan hanya berlangsung dalam pertunjukan saja. Mereka bekerjasama di dapur maupun di panggung.

Saya juga menemui hal serupa pada lengger-lengger lainnya. Fenomena ini jamak dalam kehidupan lengger dan penari. Banyak penari yang dalam kesehariannya merangkap kerja sebagai perias manten, guru, weeding organizer, namun juga sekaligus melakukan pekerjaan domestik di dalam rumahnya.

Saya rasa, fenomena ini tidak hanya terjadi di dunia seni. Di mana seorang perempuan memiliki peran-peran bertumpuk. Terkadang peran-peran yang bertumpuk ini tidak menjadikan perempuan diapresiasi, tidak menjadi istimewa. Beban ganda pada perempuan seringkali dianggap tugas bawaan lahir yang tidak bisa dilepaskan.

Pada beberapa kasus, beban-beban ganda yang dipikul perempuan ini menempatkan perempuan di persimpangan. Selalu tiba saat yang mengharuskan perempuan untuk memilih, menjadi penari atau ibu. Menjadi atlit atau ibu. Menjadi menteri atau ibu. Perempuan tak perlu ragu. []

Exit mobile version