• Login
  • Register
Rabu, 14 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Figur

Mengenang Bell Hooks dan Gagasan Feminisme yang Inklusif

Selain pendidik yang cerdas, bell tak diragukan lagi adalah seorang feminis ‘garis keras’ di masanya. Ia bahkan berulang kali menegaskan bahwa kemunculan feminisme awal, justru belum berhasil mengakomodir bagaimana rasisme dan eksploitasi antar kelas terus berjalan

Hasna Azmi Fadhilah Hasna Azmi Fadhilah
18/12/2021
in Figur, Rekomendasi
0
Feminisme

Feminisme

539
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Bagi Bell Hooks, seorang penulis, profesor, feminis, dan aktivis sosial Amerika Serikat, feminisme justru bukan ideologi eksklusif yang melibatkan perempuan semata. Semua individu perlu turut memperjuangkan feminisme, termasuk kaum Adam. Karena bagi perempuan kulit hitam ini, budaya patriarki toksik tidak hanya menyudutkan kaum hawa. Tapi para lelaki pun terkena efek dominonya.

Sayangnya, cita-cita mulia dan perjuangan Bell Hooks harus terhenti ketika ia tiada pada 15 Desember lalu di Berea, Kentucky. Wanita yang bernama lengkap Gloria Jean Watkins tersebut meninggal dunia dikelilingi oleh para anggota keluarga tercintanya yang terus mendukung perjuangannya mengenai rasisme dan gender.

Semasa hidup, Bell Hooks tak pernah gentar untuk memperjuangkan feminisme yang menurutnya bias kelas. Ia bahkan tak segan-segan mengungkapkan bahwa gerakan anti seksis sepatutnya menegaskan kenyataan bahwa perempuan dari latar belakang apapun juga memiliki kesempatan yang sama untuk mengaktualisasikan dirinya tanpa ada embel-embel mendominasi satu sama lain.

Aktivisme perempuan yang lahir pada tanggal 25 September 1952 di Hokinsville Amerika Serikat tadi sebenarnya berawal dari pengalaman pahitnya semasa sekolah. Perlakuan diskriminatif yang memisahkan murid-murid berdasarkan warna kulit, membuat Bell kecil sangat geram. Ia yang diperlakukan tidak adil memang tak bisa berbuat banyak, namun pengalaman kelamnya menggerakkan Bell untuk kritis terhadap situasi sosial yang ia hadapi, termasuk di bidang pendidikan.

Secara spesifik, selain menulis tentang isu-isu diskriminasi dan ideologi feminisme, Bell Hooks pernah sempat menuangkan gagasan terkait kritik sistem pembelajaran yang kerap menekankan pada otoritarianisme dan kepatuhan peserta didik. Padahal menurutnya, situasi pembelajaran yang ideal seharusnya membebaskan siswa untuk mengembangkan kapasitas dan passion-nya.

Baca Juga:

Vasektomi Jadi Syarat Terima Bansos: Kekuasaan Negara dan Otonomi Tubuh

Tafsir Ayat Soal Kepemimpinan Perempuan

Pendidikan Seks bagi Remaja adalah Niscaya, Bagaimana Mubadalah Bicara?

Peran Penting Ayah di Masa Ibu Menyusui

“paradigma pertama yang membentuk pedagogi saya adalah gagasan bahwa ruang kelas harusnya menjadi tempat yang menyenangkan, tidak pernah membosankan. Dan jika akhirnya kebosanan melanda, maka guru dan murid perlu strategi pedagogis baru yang akan mengintervensi, mengubah, bahkan mengacaukan suasana.”

Selain pendidik yang cerdas, bell tak diragukan lagi adalah seorang feminis ‘garis keras’ di masanya. Ia bahkan berulang kali menegaskan bahwa kemunculan feminisme awal, justru belum berhasil mengakomodir bagaimana rasisme dan eksploitasi antar kelas terus berjalan. Karena kritik progresifnya, ia pun dipuji karena telah memperluas gerakan feminisme, yang tidak hanya memberikan ruang pada perempuan kulit putih semata.

Namun juga ruang gerak bagi perempuan kulit berwarna, perempuan kelas pekerja dan bagi orang lain yang merasa ditinggalkan oleh fokus awal aktivisme feminis yang hanya menyoroti persoalan ibu dan istri kelas menengah kulit putih.

Atas definisi feminisme yang lugas, bell hooks semakin mengukuhkan bahwa perjuangannya tidak sebatas untuk mengakhiri penindasan seksis. Perjuangan feminisme baginya harus terjadi di berbagai tingkatan kelas sosial masyarakat. Kondisi masyarakat global yang dikelilingi patriarki sejatinya berhubungan dengan sistem toxic yang saling terkait dari dominasi hingga penindasan. bell bahkan tak ragu menggambarkan sistem politik Amerika sebagai “patriarki kapitalis yang diduduki oleh supremasi kulit putih imperialis”.

Dibesarkan di kota yang dipisahkan secara rasial di pedesaan Kentucky, hooks diberikan nama lengkap Gloria Jean Watkins. Ia baru mulai menggunakan “bell hooks” sebagai nama pena dan samaran. Inspirasi nama itu sendiri berasal dari nama nenek buyut dari pihak ibu. Dalam menuliskan nama, bell selalu menggunakan huruf kecil, bukan kapital di awal kata. Ia berdalih bahwa ia ingin publik lebih memusatkan perhatian pada pekerjaannya, bukan pada dirinya sendiri, selain juga ingin memberi penghormatan kepada seorang kerabat yang telah mau berbagi tentang pemikiran independennya.

Sebelum wafat, perempuan 69 tahun itu telah menerbitkan lebih dari 30 buku dan banyak artikel ilmiah. Ia beberapa kali muncul dalam film dokumenter, dan sering diminta menjadi narasumber dalam berbagai kuliah umum. Karya-karyanya membincangkan banyak isu: ras, kelas, gender, seni, sejarah, seksualitas, media massa, dan feminisme. Tujuh tahun lalu tepatnya pada tahun 2014, ia mendirikan Bell hooks Institute di Berea College di Berea, Kentucky Amerika Serikat.

Atas dedikasi dan karya-karyanya, Dr. hooks memenangkan banyak penghargaan, antara lain American Book Award untuk koleksi esainya “Yearning: Race, Gender, and Cultural Politics” (1990). Deretan buku hasil karyanya yang lain juga tak kalah cemerlang: termasuk “Bone Black” (1996), sebuah memoar masa kecilnya, dan “All About Love” (2000).

Meski kini telah tiada, banyak publikasi bell menginspirasi banyak orang, terutama di Amerika. Ia sendiri sempat bercerita bagaimana bahwa tiap hari ia terus mendapatkan surat, panggilan telepon dari seseorang yang memberi tahunya bahwa apa yang ia kerjakan telah mengubah hidup mereka. []

Hasna Azmi Fadhilah

Hasna Azmi Fadhilah

Belajar dan mengajar tentang politik dan isu-isu perempuan

Terkait Posts

Pendidikan Seks

Pendidikan Seks bagi Remaja adalah Niscaya, Bagaimana Mubadalah Bicara?

14 Mei 2025
Kebebasan Berekspresi

Kebebasan Berekspresi dan Kontroversi Meme Prabowo-Jokowi

13 Mei 2025
Umat Buddha

Waisak: Merayakan Noble Silence untuk Perenungan Dharma bagi Umat Buddha

12 Mei 2025
Pekerja Rumah Tangga

Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

11 Mei 2025
Neng Dara Affiah

Islam Memuliakan Perempuan Belajar dari Pemikiran Neng Dara Affiah

10 Mei 2025
Ibu Nyai Hj. Djamilah Hamid Baidlowi

Ibu Nyai Hj. Djamilah Hamid Baidlowi: Singa Podium dari Bojonegoro

9 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Membolehkan Perempuan Menjadi Hakim

    Ulama Fiqh yang Membolehkan Perempuan Menjadi Hakim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tonic Immobility: Ketika Korban Kekerasan Seksual Dihakimi Karena Tidak Melawan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kepemimpinan Perempuan dalam Negara: Kajian atas Tiga Ayat Kontroversial

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kemanusiaan sebelum Aksesibilitas: Kita—Difabel

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pendidikan Seks bagi Remaja adalah Niscaya, Bagaimana Mubadalah Bicara?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Vasektomi Jadi Syarat Terima Bansos: Kekuasaan Negara dan Otonomi Tubuh
  • Tafsir Ayat Soal Kepemimpinan Perempuan
  • Pendidikan Seks bagi Remaja adalah Niscaya, Bagaimana Mubadalah Bicara?
  • Peran Penting Ayah di Masa Ibu Menyusui
  • Muhammad Bercerita: Meninjau Ungkapan Laki-laki Tidak Bercerita dan Mitos Superioritas

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version