Mubadalah.id – Pernah dengar ungkapan “laki-laki tidak bercerita”? Kata-kata itu masih ramai di media sosial sampai saat ini. Konten dengan caption demikian seakan ingin bilang kalau laki-laki itu kuat untuk memendam semuanya sendiri.
Ia kuat, makanya sudah tidak perlu bercerita. Kalau tidak kuat, ya dikuat-kuatkan, sebab ia laki-laki, makhluk yang tertuntut untuk superior dalam sistem sosial patriarki.
Laki-laki Tidak Bercerita: Sebuah Mitos Superioritas
Patriarki mengidealkan laki-laki sebagai sosok superior. Hal ini tidak lepas dari patriarki itu sendiri, yang sebagaimana Sylvia Walby dalam Theorizing Patriarchy, merupakan sistem dari struktur dan praktek sosial di mana laki-laki yang harus mendominasi.
Untuk membangun dominasi itu, maka perlu mitos superioritas. Dari karakter patriarki ini muncul mitos bahwa laki-laki tidak bercerita. Hal itu sebab sistem sosial ini menuntutnya untuk terus tampil kuat.
Di waktu sedih, ia tidak boleh menampakkan kesedihannya. Di kala gelisah, ia tidak boleh menceritakan kegelisahannya. Kenapa begitu? Sebab, ia sosok superior, dan bercerita atau mengadu akan mencoreng citra superioritas. Maka, dalam mitos superioritas patriarki, laki-laki adalah subjek yang tidak pantas bercerita meski ingin. Ia tertuntut untuk tampil sebagai figur yang paling.
Paradigma ini memunculkan relasi paling dengan dominasi satu pihak, dan menihilkan relasi saling antara dua pihak. Di mana, laki-laki sebagai figur yang paling seakan tidak pantas bercerita kepada perempuan. Pun, demikian perempuan memandang laki-laki sebagai figur yang paling tidak wajar mengeluh. Ia harus selalu tampil kuat, pantang lemah.
Tapi, Muhammad Bercerita kepada Khadijah
Bicara tentang ungkapan laki-laki tidak bercerita, saya jadi ingat dengan sejarah turunnya wahyu (al-Qur’an) pertama. Sebagaimana dalam Hayat Muhammad karya Muhammad Husain Haekal, pengalaman pertama kali menerima wahyu di Gua Hira membuat Nabi Muhammad SAW merasa gelisah dan takut.
Nabi bertanya-tanya tentang peristiwa yang ia alami. Tentang sosok malaikat Jibril yang ia lihat. Dan, tentang wahyu dari Tuhan; surah al-Alaq ayat 1-5 yang ia terima. Berbagai pengalaman baru itu membuat Nabi gelisah. Ia takut. Jangan-jangan dirinya kerasukan jin seperti dukun dan ahli nujum.
Nabi bergegas pulang meninggalkan Gua Hira. Ketika sampai rumah, ia meminta kepada Khadijah, “Selimuti aku!”
Nabi kemudian menceritakan kepada Khadijah tentang apa yang ia alami. Ia mengungkapkan kekhawatirannya kepada istrinya. Kata Nabi, “Wahai Khadijah, apakah yang terjadi padaku?”
Khadijah mendengarkan setiap ucapan Nabi, dan menenangkannya. Kata Khadijah, “Wahai putra pamanku, bergembiralah dan tabahkan hatimu. Demi zat yang jiwa Khadijah berada dalam kekuasaan-Nya, aku berharap semoga kau menjadi Nabi umat ini. Allah tidak akan pernah merendahkanmu, karena kau adalah orang yang mempererat silaturahmi dan jujur dalam setiap ucapan. Engkau adalah orang yang mau menanggung beban orang lain, menghormati tamu dan menolong mereka yang ditimpa kesulitan dalam mengikuti jalan yang benar.”
Pada momen itu, kita melihat sosok Muhammad, yang merupakan laki-laki, bercerita kepada Khadijah, yang merupakan perempuan. Dalam hal ini, sikap Nabi menunjukkan laki-laki yang tidak terikat mitos superioritas yang menuntut laki-laki untuk tidak bercerita.
Melampaui Mitos Superioritas
Jadi, dalam sejarah turunnya al-Qur’an, ada scene di mana laki-laki bercerita pada perempuan dan perempuan yang mau mendengarkan cerita laki-laki. Bagian Sirah Nabi ini memperlihatkan keadaan yang sama sekali berbeda dari tren laki-laki tidak bercerita, yang berangkat dari mitos superioritas dalam ideal patriarki.
Nabi dan Khadijah menunjukkan relasi saling antara dua pihak, dan bukan relasi paling dengan dominasi satu pihak. Nabi bukan figur laki-laki dalam gambaran mitos superioritas. Sebaliknya, Nabi melampaui mitos superioritas dengan menunjukkan diri sebagai figur laki-laki yang bercerita. Ia menceritakan kegelisahannya kepada Khadijah.
Hal itu terjadi, sebab sebagai pasangan keduanya punya kesadaran relasi saling. Nabi sadar dan mengakui bahwa ia butuh Khadijah dalam kegelisahannya. Dan, Khadijah juga paham bahwa meski suaminya adalah laki-laki yang kuat, namun ada masa merasa gelisah dan butuh bercerita padanya.
Sikap Nabi yang menceritakan ketakutannya kepada Khadijah tidak mencoreng harga diri sebagai laki-laki. Sebab, dalam kondisi melampaui mitos superioritas (tidak dalam beban patriarki), setiap kita boleh bercerita dan tentu boleh juga tidak bercerita. Itu pilihan, yang tidak ada sangkut pautnya soal apakah kamu laki-laki atau perempuan. []