Mubadalah – Syahdan, terasa istimewa sekali ketika Temu Inklusi ke 5 diselenggarakan di Pesantren, khususnya pesantren yang saya tempati, Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Salah satu acara yang digelar adalah Seminar Nasional dengan tajuk “Disabilitas dan Agama” yang membincangkan prinsip Islam tentang disabilitas, begitupun agama-agama lainnya pada 1 Agustus 2023 di auditorium Pesantren.
Dari temanya sudah mencerminkan bagaimana agama-agama memandang disabilitas. Tidak hanya dari sudut pandang Islam, juga dari lintas agama. Ada sekitar enam keynote speaker dalam acara tersebut dengan berbagai latar belakang. Tidak hanya lintas ormas semisal NU dan Muhammdiyah bahkan lintas agama.
Antara lain KH. Afifuddin Muhajir, Wakil Rais PBNU, Ibu Rof’ah Fahma sebagai salah satu pengurus pusat Aisyiah Muhammadiyah dan pendiri Pusat Layanan Difabel, Romo Yohanes Aristanto Haristiawan sebagai sekretaris eksekutif Komisi Keluarga KWI (Konfrensi Waligereja Indonesia) dan lainnya.
2 Prinsip Islam Memandang Penyandang Disabilitas
Dalam kesempatan tersebut, KH. Afifuddin Muhajir menyampaikan 2 prinsip Islam yang berkaitan erat dengan penyandang disabilitas berikut ajarannya. Pertama, Al-Insan Baina Al-Musawah wa al-Tafawut. Yaitu manusia antara kesetaraan dan keberagaman. Keberagaman, sebagaimana kesetaraan, tidak bisa dielakkan dalam diri manusia.
Ada penyandang disabilitas dengan segala dimensi maknanya dan ada pula yang tidak, ada manusia yang secara finansial lebih kuat dan ada pula yang lemah. Berkenaan dengan keragaman, KH. Afifuddin Muhajir mengutip salah satu ayat QS. Al-Zukhruf [43]: 32.
“Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kamilah yang menentukan penghidupan mereka dalam kehidupan dunia dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat memanfaatkan sebagian yang lain. Rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”, (Al-Zukhruf [43]:32).
Dalam ayat tersebut mengisyaratkan keragaman, dan Tuhanlah yang memberikan rahmat dengan puspa ragamnya. Mengutip filosof Jerman, Gottfried Wilhem Leibniz, yang kebetulan sejalan dengan filosof muslim dari kalangan Muktazilah, Al-Jahid, Yai Afifuddin Muhajir menegaskan bahwa tatanan dunia ini sempurna dengan berbagai ragamnya; antara baik dan buruk, ada baik ada yang jahat, ada yang sakit dan ada yang sehat. Tujuannya, agar ada kerja sama satu sama lain.
Keragaman Bukan Menjustifikasi Ekslusivitas
Oleh sebab itu, keberagaman tidak untuk menjustifikasi sikap eksklusivitas, memandang sinis dan skeptis kepada yang berbeda, apalagi merendahkan. Baik dari segi fisik, maupun ekonomi. Sebab, manusia masih memiliki sisi kesetaraan. Prinsip Islam tidak memandang disabilitas adalah kekurangan, melainkan keragaman. Rasulullah sekitar 15 abad lalu bersabda:
حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ، حَدَّثَنَا سَعِيدٌ الْجُرَيْرِيُّ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، حَدَّثَنِي مَنْ سَمِعَ خُطْبَةَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي وَسَطِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ فَقَالَ: ” يَا أَيُّهَا النَّاسُ، أَلَا إِنَّ رَبَّكُمْ وَاحِدٌ، وَإِنَّ أَبَاكُمْ وَاحِدٌ، أَلَا لَا فَضْلَ لِعَرَبِيٍّ عَلَى عَجَمِيٍّ (1) ، وَلَا لِعَجَمِيٍّ عَلَى عَرَبِيٍّ، وَلَا أَحْمَرَ (2) عَلَى أَسْوَدَ، وَلَا أَسْوَدَ عَلَى أَحْمَرَ، إِلَّا بِالتَّقْوَى
“Wahai manusia…! ingatlah bahwa tuhanmu adalah satu, bapakmu adalah satu. Tidak ada superioritas bagi orang Arab atas yang non-Arab demikian yang non-Arab atas orang arab, tidak ada supremasi bagi yang kulit merah (putih) atas yang hitam kecuali takwa” (Musnad Ahmad, 23489 – 478/38).
Tentu saja masih banyak ayat nas-nas termasuk Alquran yang menegaskan kesetaraan manusia. Dalam hadis tersebut dengan tegas menyatakan manusia setara tidak ada pembeda kecuali takwa. Arti dari takwa bukan hanya yang rajin salat dan berzikir.
Lebih dari itu, takwa adalah orang yang tidak melakukan diskriminatif, rasis, dan lain-lainnya. Orang yang memandang manusia setara dengan berbagai ragamnya dalam konteks ini adalah disabilitas.
Prinsip al-Karamiyah al-Insaniyah.
Prinsip kedua adalah al-Karamiyah al-Insaniyah. Manusia memiliki martabat dan kemuliaan, baik yang sehat secara fisik, maupun tidak, baik yang muslim maupun non-muslim. Selama manusia maka ia memiliki al-karamiyah al-insaniyah yang tidak boleh dilanggar. Yai Afifuddin menegaskan bahwa pada hakikatnya tidak ada manusia yang sempurna.
Kendatipun memiliki keterbatasan fisik, tetapi memiliki kelebihan di bidang lain bahkan mengalahkan yang normal. Tidak sedikit sahabat yang memiliki keterbatasan fisik tetapi memiliki prestasi di bidang lainnya. Sekarang pun, betapa banyak manusia yang menyandang disabilitas yang meraih prestasi-prestasi gemilang.
Ajaran terhadap penyandang Disabilitas dan Kewajiban Sosial
Ajaran Islam untuk penyandang disabilitas adalah harus menerima dan ikhlas terhadap takdir Tuhan. Karena bagaimanapun Tuhanlah yang menciptakan segalanya termasuk keragaman. Jangan sampai berpandangan bahwa itu adalah kekurangan lantaran Tuhan menciptakan karena sia-sia. Oleh sebab itu, penyandang disabilitas harus berusaha untuk tampil berdikari sebagaimana yang lain, jangan sampai putus asa lantaran keterbatasan.
Di sisi lain, sosial memiliki kewajiban untuk mendorong dan menguatkan para penyandang disabilitas. Bukan saja membantu fasilitas logistik sehingga bisa beraktivitas secara normal, tetapi juga menghormati, menghargai, dan memberlakukan penyandang disabilitas dengan penuh hormat karena bagaimanapun ia juga manusia yang terhormat. Tegas KH. Afifuddin Muhajir.
Singkatnya, tidak hanya membantu secara fisik tetapi secara psikis sehingga membangkitkan optimisme kepada penyandang disabilitas. Sebab, tidak sedikit orang membantu secara fisik namun karena kasihan bukan lantaran sebagaimana manusia yang terhormat. Itulah Prinsip Islam tentang Disabilitas. []