• Login
  • Register
Kamis, 10 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

5 Klaster Hak Anak dalam Al-Qur’an

Hak dasar yang al-Unais sebut dari hak-hak anak dalam al-Qur'an, yang bisa ditarik pada klaster kesehatan dan gizi,  yaitu hak atas air susu, baik ibu sang bayi maupun perempuan lain (QS. al-Thalaq: 6)

Redaksi Redaksi
31/10/2022
in Hikmah, Pernak-pernik
0
hak anak dalam al-Qur'an

hak anak dalam al-Qur'an

432
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Jika merujuk penulis kontemporer, Abd al-Hakim al-Unais tentang hak anak dalam al-Qur’an, maka ia menyebutkan bahwa lima klaster hak anak dalam al-Qur’an.

Lima klaster hak anak dalam al-Qur’an ini seperti yang ia tulis dalam kitab Huquq al-Thifl fi al-Islam.

Berikut, lima klaster hak anak dalam al-Qur’an :

1. Klaster Kesehatan Melalui Pemenuhan Gizi

Di antara hak dasar yang al-Unais sebut dari hak-hak anak dalam al-Qur’an, yang bisa ditarik pada klaster kesehatan dan gizi,  yaitu hak atas air susu, baik ibu sang bayi maupun perempuan lain (QS. al-Thalaq: 6).

Baca Juga:

Life After Graduated: Perempuan dalam Pilihan Berpendidikan, Berkarir, dan Menikah

Ketika Perempuan Tak Punya Hak atas Seksualitas

Menanamkan Jiwa Inklusif Pada Anak-anak

Pengrusakan Retret Pelajar Kristen di Sukabumi, Sisakan Trauma Mendalam bagi Anak-anak

Selain itu, berupa asupan gizi yang cukup bagi kebutuhannya dan terbebas dari segala penyakit (QS. Ali Imran: 37). Demikian juga, untuk hidup dan tumbuh kembang (QS. al-An’am: 151).

2. Klaster Hak Sipil dan Sosial

Untuk klaster hak-hak sipil dan sosial sebagai bagian dari hak-hak anak dalam al-Qur’an sebagaimana diusulkan Abd al-Hakim al-Unais adalah hak tentang kepemilikan nasab keluarga (QS. al-Baqarah: 233).

Selain itu, hak untuk mendapatkan fasilitas berpartisipasi dalam acara-acara kultural orang-orang dewasa (QS. Ali Imran: 61). Kemudian hak untuk selalu mendapatkan perhatian keluarga dan masyarakat agar sang anak senantiasa memperoleh kebaikan dan terhindar dari keburukan (QS. al-Nisa : 9).

3. Klaster Hak atas Pendidikan

Hak-hak anak dalam al-Qur’an yang al-Unais pahami, juga termasuk pada klaster pendidikan. Di antaranya adalah anak berhak memperoleh seluruh pelatihan dan pendidikan yang menyiapkannya untuk menjadi orang dewasa.

Ketika menjadi orang dewasa, ia akan menjadi orang yang bertanggungjawab tentang apa yang harus ia lakukan, ketahui, minta dan larang (QS. al-Nisa: 6). Selain itu, hak untuk mendapatkan fasilitas untuk memperoleh pengetahuan dan informasi yang layak (QS. al-Nahl: 78).

4. Klaster Lingkungan Keluarga

Hak-hak anak dalam al-Qur’an yang al-Unais pahami, yang masuk pada klaster lingkungan keluarga adalah anak berhak untuk mendapatkan kepastian bahwa kedua orang tua atau keluarganya tidak memandangnya sebagai beban kehidupan, menjadi faktor yang memberatkan, atau menjadi sebab yang menimbulkan berbagai keburukan.

Sebaliknya, mereka berhak untuk mendapatkan pengasuhan dalam lingkungan keluarga yang mencintai, bukan beban, dan nyaman (QS. al-Baqarah: 233)

Selain itu, setiap keputusan tentang anak, harus keluar dari hasil musyawarah kedua orang tua, penuh kerelaan, dan kenyamanan (QS. al-Baqarah: 233).

5. Klaster Kondisi Khusus

Di samping hak-hak anak dalam al-Qur’an yang bisa masuk pada empat klaster di atas, ada juga hak yang bisa masuk pada klaster kondisi perlindungan khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus berhadapan dengan hukum, korban bencana alam, atau yang lain.

Di antaranya adalah hak anak difabel seperti mental yang lemah atau terbelakang harus mendapatkan perlindungan dari harta dan jiwanya. Juga tercukupi kebutuhan pangan dan sandangnya. Serta memperlakukannya secara baik (QS. al-Nisa: 5).

Selain itu, hak di mana secara politik anak yang lemah harus menjadi agenda perjuangan, perlindungan, dan pertahanan (QS. al-Nisa: 75). (Rul)

Tags: al-qurananakGizihakHak anakhak pendidikanKlaster
Redaksi

Redaksi

Terkait Posts

Berkeluarga

Berkeluarga adalah Sarana Menjaga Martabat dan Kehormatan Manusia

10 Juli 2025
Perempuan sebagai Fitnah

Sudah Saatnya Menghentikan Stigma Perempuan Sebagai Fitnah

10 Juli 2025
Film Horor

Film Horor, Hantu Perempuan dan Mitos-mitos yang Mengikutinya

10 Juli 2025
Perempuan sebagai Fitnah

Hingga Saat Ini Perempuan Masih Dipandang sebagai Fitnah

10 Juli 2025
Istri

Kuasa Suami atas Tubuh Istri

10 Juli 2025
Kesehatan Reproduksi

Pendidikan Kesehatan Reproduksi bagi Remaja

9 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Life After Graduated

    Life After Graduated: Perempuan dalam Pilihan Berpendidikan, Berkarir, dan Menikah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kuasa Suami atas Tubuh Istri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Film Horor, Hantu Perempuan dan Mitos-mitos yang Mengikutinya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jalanan Jogja, Kopi yang Terlambat, dan Kisah Perempuan yang Tersisih

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sudah Saatnya Menghentikan Stigma Perempuan Sebagai Fitnah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Berkeluarga adalah Sarana Menjaga Martabat dan Kehormatan Manusia
  • Jalanan Jogja, Kopi yang Terlambat, dan Kisah Perempuan yang Tersisih
  • Sudah Saatnya Menghentikan Stigma Perempuan Sebagai Fitnah
  • Film Horor, Hantu Perempuan dan Mitos-mitos yang Mengikutinya
  • Hingga Saat Ini Perempuan Masih Dipandang sebagai Fitnah

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID