• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Pandangan Ahli Fikih Tentang Aborsi

Sebagaian ahli fikih bersepakat bahwa aborsi tidak boleh dilakukan sesudah janin berusia 120 hari (empat bulan). Kandungan berusia 120 hari dalam pandangan mereka sudah merupakan wujud manusia hidup dengan segala kelengkapannya

Redaksi Redaksi
07/03/2023
in Hikmah, Pernak-pernik
0
Pandangan Ahli Fikih Aborsi

Pandangan Ahli Fikih Aborsi

985
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Jika merujuk pandangan para ulama ahli fikih tentang hukum aborsi. Maka para ulama ahli fikih berbeda pendapat.

Pertama, sebagaian ahli fikih bersepakat bahwa aborsi tidak boleh dilakukan sesudah janin berusia 120 hari (empat bulan).

Kandungan berusia 120 hari dalam pandangan mereka sudah merupakan wujud manusia hidup dengan segala kelengkapannya, karena itu ia adalah benar-benar manusia.

Dalam banyak pandangan, pengguguran kandungan pada usia janin ini sebenarnya tidak bisa disebut sebagai aborsi tetapi pembunuhan.

Sementara aborsi yang dilakukan sebelum usia tersebut, para ulama memiliki pandangan yang beragam.

Baca Juga:

Hukuman Bagi Pelaku dan Penyebab Aborsi

Bagaimana Hukum Aborsi Akibat Perzinaan?

Aborsi di Luar Nikah

Alasan-alasan Aborsi Diperbolehkan

Para ulama seluruhnya mendasarkan pandangannya terhadap hal ini pada ayat al-Qur’an, sebagai berikut:

“Dan sesungguhnya Kami telah men ciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang Allah Swt simpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah.

Lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging, kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (QS. a-Mu ‘minun (23): 12-14).

Ayat ini menyebutkan fase-fase pembentukan manusia dalam tiga kategori: nutfah (sel sperma, sygote), ‘alaqah (segumpal darah), dan mudghah (segumpal daging).

Pandangan Al-Haskafi

Pendirian paling longgar dikemukakan oleh al-Haskafi, seorang ulama bermazhab Hanafi, yang menyatakan bahwa aborsi dapat dilakukan sebelum usia kandungan 120 hari, dengan atau tanpa adanya alasan.

Al-Karabisi dari Mazhab Syafi’i, seperti al-Ramli kutip dalam Nihayah al-Muhtaj, hanya membenarkan aborsi ketika masih berupa nutfah (sel sperma, zygote) atau ‘alaqah (segumpal darah).

Pendirian paling ketat dikemukakan oleh al-Ghazali dari mazhab Syafi’i. Ia mengharamkan aborsi sejak terjadinya pembuahan. Pendapat ini dikemukakan juga oleh mayoritas mazhab Maliki, Ibnu Hazm al-Zhahiri dan sebagian mazhab Syiah.

Sepanjang yang dapat kita telusuri dari literatur fikih, para ulama telah mencapai kata sepakat terkait isu aborsi (isqath al-haml dan ijhadh, menurut bahasa fikih). Kesepakatan itu menyangkut kebolehan melakukan aborsi tanpa batasan umur janin. Tentunya, kebolehan aborsi ini perempuan lakukan dengan pertimbangan medis untuk keselamatan sang ibu.

Jika keberadaan bayi dalam kandungan dapat membahayakan dan mengancam hidup sang ibu. Maka pilihan aborsi dapat ia lakukan. Pandangan ini memperlihatkan bahwa pertimbangan keselamatan ibu lebih kita utamakan ketimbang kematian janin.

Resiko Lebih Ringan

Menurut pandangan fikih di atas, kematian janin memiliki resiko lebih ringan daripada kematian ibu, karena ibu adalah asal dari janin atau bayi.

Eksistensinya telah nyata, dan ibu juga memiliki sejumlah kewajiban. Sementara janin atau bayi dalam kandungan, meskipun mungkin telah eksis, tetapi ia tidak mewakili kewajiban terhadap orang lain.

Sebagaimana kaidah ushul fiqh yang menyatakan, “jika terjadi sebuah dilema, maka pilihan jatuh pada yang paling ringan resikonya.”

Pandangan para ahli fikih tentang motif aborsi di atas tampaknya masih terbatas pada indikasi medis dan kesehatan belaka. Motif-motif lain seperti indikasi sosial, ekonomi, politik, dan psikologis belum mendapatkan uraian panjang lebar.

Aborsi Boleh

Tetapi, sungguh menarik ketika kita mengamati bahwa sebagian ulama mazhab Hanafi membolehkan aborsi, meskipun bukan karena suatu alasan (bi ‘udzr aw bi ghair udzr)

Akhirnya, satu hal yang perlu di garis bawahi terkait relasi-relasi kemanusiaan, termasuk relasi gender, bahwa Islam merupakan agama keadilan, agama yang menolak segala bentuk diskriminasi dan kekerasan.

Islam lahir untuk menegakkan prinsip-prinsip kemanusiaan yang luhur. Kepadanya lah seluruh konstruksi pemikiran, konsep, dan aturan kehidupan seharusnya kaum muslimin rumuskan untuk kemudian mereka amalkan atau aplikasikan dalam kehidupan sosial mereka.*

*Sumber: tulisan KH. Husein Muhammad dalam buku Ijtihad Kyai Husein, Upaya Membangun Keadilan Gender.

Tags: AborsiAhli Fikihpandangan
Redaksi

Redaksi

Terkait Posts

Bersyukur

Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

19 Mei 2025
Pemukulan

Menghindari Pemukulan saat Nusyuz

18 Mei 2025
Gizi Ibu Hamil

Memperhatikan Gizi Ibu Hamil

17 Mei 2025
Pola Relasi Suami Istri

Pola Relasi Suami-Istri Ideal Menurut Al-Qur’an

17 Mei 2025
Peluang Ulama Perempuan

Peluang Ulama Perempuan Indonesia dalam Menanamkan Islam Moderat

16 Mei 2025
Nusyuz

Membaca Ulang Ayat Nusyuz dalam Perspektif Mubadalah

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version