Mubadalah.id – Bagaimana ketika kita mendengar anak sekolah merasakan ketidaknyamanan? Bagi saya yang pernah mendengar kisah anak perempuan Sekolah Dasar menjadi korban bullying saat darah menstruasi tembus di rok, sedih sekaligus menyakitkan.
Kondisi bullying saat darah menstruasi tembus di rok itu, menunjukkan pentingnya pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi untuk anak. Jangan sampai sekolah yang seharusnya membahagiakan, jauh dari ruang aman karena sekolah membiarkan guyonan seksis terus berjalan.
Berangkat dari lingkungan sekolah, saya sempat memikirkan bahwa setiap guru di sekolah bisa memberikan pelajaran mengenai kesehatan seksual dan reproduksi. Sejauh ini, seringnya orang tua memberikan pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi ketika anak terlanjur menginjak usia remaja, bukan sebelumnya.
Melihat perkembangan isu kekerasan seksual terus menjadi perbincangan hangat dan mengancam masa pertumbuhan anak, mendorong agar guru menggerakkan pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi sejak usia anak-anak, mulai di sekolah.
Berdasarkan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan ditujukan agar siswa dapat mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan.
Jadi, pendidikan tidak hanya berkaitan dengan aspek intelektual saja, melainkan juga pengetahuan agar kesehatan siswa berjalan sehat. Swara Rahima melalui wawancara bersama Ibu Musdah Mulia, menyampaikan, “harusnya anak mendapatkan pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi sejak dini, membahas tentang tubuh cara merawatnya, membasuhnya, dan mencucinya.”
Guru bisa menyediakan waktu agar anak-anak mendapatkan materi kesehatan seksual dan reproduksi meski kurikulum pendidikan belum mencanangkan, saat ini. Guru menyesuaikan materi yang sesuai dengan pemahaman anak-anak agar tidak terjebak pada pemahaman seks tidak sehat.
Saya membayangkan ketika anak mendapatkan materi menjaga kesehatan tubuhnya sendiri, berarti ada modal awal untuk mereka membangun atmosfer pertemanan sehat di sekolah.
Bagaimana Anak Memahami Kesehatan seksual dan Reproduksi?
Usia anak adalah usia dengan kemampuan mudah menangkap sesuatu dari kebiasaan melihat dan mendengar. Kalau dipikir-pikir, kita bisa merancang strategi pembelajaran kesehatan seksual dan reproduksi secara asik.
Pertama, memaksimalkan mata pelajaran dengan menyelipkan pengalaman pribadi
Yakni dengan Tidak menggunakan kalimat judge, “wah, kalian perempuan ini nanti akan menstruasi. Hati-hati, lho,” tapi merubah kalimat yang nyaman di hati anak-anak. Misalnya, “Anak-anak, ustadzah mau cerita, dulu ustadzah saat mengalami menstruasi itu sakitnya luar biasa,” Membuka diskusi dengan memantik anak-anak untuk bertanya, “kenapa sakit, ustadzah?” kemudian kita melanjutkan dengan pemahaman dasar soal perempuan nantinya akan mengalami menstruasi yang keluar dari organ reproduksi.
Kedua, mengenalkan organ reproduksi manusia melalui gambar anatomi tubuh
Di lingkungan kita, masih ada yang menganggap “saru” ketika materi anatomi tubuh dijadikan bahan diskusi. Tugas kita sebagai guru menyampaikan dengan beragam media kalau belajar anatomi tubuh adalah hal asik dan baik.
Perlu diketahui, saat menyampaikan materi agar tidak menyebut nama organ reproduksi dengan kalimat konotasi, misalnya, “kalau laki-laki mempunyai burung,” Sampaikan saja kalau laki-laki memiliki penis. Kalimat yang sesuai dengan disiplin pengetahuan memudahkan anak-anak paham tentang organ reproduksinya sendiri tanpa menutupi dengan konotasi tidak tepat.
Ketiga, mengajarkan anak menjaga kebersihan organ reproduksi
Setelah anak mengetahui nama organ reproduksinya, kita bisa mengenalkan agar anak-anak paham tanggung jawab menjaga kebersihan tubuhnya sendiri. Cara menyampaikan bisa berupa teknik membersihkan organ reproduksi yang aman.
Ketika selesai buang air besar berarti harus cebok sampai bersih, sebab kalau tidak bersih ada kuman yang bisa menyebabkan organ reproduksi anak-anak sakit. Bisa juga dengan menyampaikan kalau ada orang lain yang memegang organ reproduksi anak-anak, berarti harus teriak lari ke orang terdekat mereka.
Keempat, keasikan yang sejalan dengan kebiasaan guru mendengarkan pengalaman peserta didik
Guru tidak harus menyampaikan materi dalam satu waktu. Proses menyampaikan materi secara bertahap justru memudahkan anak-anak mengingat. Sesekali guru perlu menanyakan pengalaman dan kondisi anak-anak yang berkaitan dengan kesehatan seksual dan reproduksi.
Bisa mengajak anak diskusi ketika menahan kencing itu bagaimana rasanya? Atau, jika sudah ada yang menstruasi bisa memberi afirmasi rasanya ketika menstruasi? Kita memberikan afirmasi positif agar anak-anak paham bagaimana cara merespons seseorang yang menceritakan pengalamannya.
Meskipun kurikulum pendidikan belum memberikan akses materi kesehatan seksual dan reproduksi, peserta didik berhak mendapatkan ilmu bagaimana menjaga tubuhnya sendiri. Tanggung jawab seorang guru yaitu menyampaikan dan memfasilitasi agar ilmu kesehatan seksual dan reproduksi sampai ke anak-anak.
Ketika anak belajar membangun mindset dan kehidupan secara sehat, maka perilaku bullying sekaligus kemungkinan menjadi pelaku kekerasan seksual semakin berkurang. Bukankah itu keasyikan belajar yang harus lestari? []