Mubadalah. Id – Sejak masjid, musala, surau dan langgar mulai mengumandangkan takbir Idulfitri 1445 H, saya tercenung. “Refleksi apa yang hendak menjadi kesadaran, sekurang-kurangnya, untukku ke depan?”, kegelisahan yang terlintas dalam pikiran. Suasana gamang itu berlanjut sampai akhirnya sirna pula mengiringi Idulfitri yang turut usai – meski vibes-nya masih terasa.
Menurutku, Idulfitri identik dengan takbir. Bayangkan, Takbir itu menggema sejak matahari tenggelam di akhir bulan Ramadan. Berlanjut hingga salat Id terlaksanakan. Dalam salat Id pun, takbir terus berulang. Tujuh kali untuk rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua – selain takbir al-ihram dan intiqal.
Dalam al-Sunan al-Kubra lil Baihaqi disebutkan; “Sesungguhnya Rasulullah Saw, bertakbir pada dua (salat Id) yakni Idul Fitri dan Idul Adha tujuh kali dan lima kali. Pada rakaat pertama tujuh kali, rakaat terakhir lima kali selain takbir salat .” (al-Sunan al-Kubra lil Baihaqi, 3/404).
Demikian pula dalam khutbah yang dilangsungkan sesudah salat Id. Pada khutbah pertama sunah untuk memulainya dengan takbir sebanyak sembilan kali. Sementara dalam khutbah kedua, sunah hukumnya memulai dengan takbir sebanyak tujuh kali (Fathul Qarib al-Mujib, 102).
Takbir Idul Fitri Membangun Kesetaraan Selain Allah
Secara sederhana, takbir adalah mengagungkan Allah serta meyakini bahwa tiada sesuatu pun yang lebih besar dan lebih agung daripada Allah. Sehingga, di bawah keagungan Allah, menjadi kecil setiap sesuatu yang besar (Fiqh al-Ad’iyah wa al-Azdkar, 1/285).
Dengan kata lain, selain Allah adalah kerdil bila nisbahnya dengan Tuhan. Dengan Takbir yang menggema di Idulfitri hendak mengajarkan bahwa makhluk, manusia, laki-laki dan perempuan sama-sama kerdilnya di hadapan Tuhan. Tak ada yang superior dan inferior, dan tak ada supremasi lantaran jenis kelamin. Inilah prinsip Tauhid dalam momentum Idulfitri.
Takbir Idulfitri menegaskan ajaran tauhid: kesetaraan antara laki-laki dan perempuan di hadapan Tuhan. Kang Faqih pernah menandaskan,
“Tauhid, dalam konteks relasi antara laki-laki dan perempuan, meniscayakan hubungan langsung antara perempuan dan Tuhannya. Karena hubungan vertikalnya hanya kepada Tuhan, maka relasi antara laki-laki dan perempuan bersifat horizontal di mana keduanya adalah setara, sesama hamba-Nya dan sama-sama sebagai manusia bermartabat.”
Sifat Superioritas Hanya Milik Allah Bukan Makhluk
Ulasan tersebut selaras dengan firman Allah dalam Hadis Qudsi,
الْكِبْرِيَاءُ رِدَائِي، وَالْعَظَمَةُ إِزَارِي، فَمَنْ نَازَعَنِي وَاحِدًا مِنْهُمَا، قَذَفْتُهُ فِي النَّارِ
“Kebesaran adalah selendangku, sedang keagungan adalah sarungku. Barangsiapa merampas salah satunya dari-Ku maka pasti Ku-campakkan dia ke dalam neraka” (Sunan Abi Daud, 4/59).
Menjelaskan Hadis Qudsi ini, al-Khattabi dalam Ma’alim al-Sunan mengatakan,
أن الكبرياء والعظمة صفتان لله سبحانه اختص بهما لا يشركه أحد فيهما ولا ينبغي لمخلوق أن يتعاطاهما، لأن صفة المخلوق التواضع والتذلل
“Bahwa kebesaran dan keagungan adalah adalah dua sifat eksklusif milik Allah yang tidak dimiliki oleh selain Allah. juga tidak layak bagi makhluk merampas dua sifat ini lantaran sifat makhluk adalah tawadlu dan merendah.” (Ma’alim al-Sunan, 4/196)
Sampai di sini, dapat menarik benang merah bahwa sejatinya Idulfitri yang identik dengan takbir mengajarkan hal penting. Yaitu bahwa semuanya, bahkan sesuatu yang dianggap superior sekali pun tidak mungkin menandingi Kebesaran Tuhan. Hanya Allah yang superior.
Jika dalam keseharian cenderung mengagungkan jenis kelamin lantaran seolah punya privelige, pangkat dan jabatan, mendewakan popularitas, karir, dan keterkenalan, maka dengan adanya Idulfitri kita kembali diingatkan bahwa semua itu tak ada apa-apanya, semuanya setara; sama-sama kerdilnya. Sebab yang Maha Besar dan Maha Agung hanya Allah.
Idulfitri: Momentum Kembali Pada Relasi Setara
Menelisik aspek bahasa, sebenarnya kata Idulfitri berasal dari kata Ied dan Fithri. Kata Ied dari asal kata Aud yang berarti kembali. Dari sinilah ritual tahunan ini bernama “Idul” (Fitri) lantaran perayaannya berulang kali setiap tahun: kembali melakukan tiap tahun.
Para linguis lainnya, mengatakan bahwa penamaan Idulfitri (dengan menyematkan Id) karena setiap kali menjelang hari raya tersebut umat muslim notabennya bergembira ria. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa penamaan tersebut karena pada hari itu Allah banyak memberikan jamuan karunia pada hamba-hambanya.
Sedangkan “Fitri” bermakna fitrah atau kondisi asali, situasi di mana seseorang dalam fase kosong layaknya bayi. Tidak punya kecenderungan dan intervensi sosial. Oleh karenanya, bisa menginput informasi apa saja, baik yang positif pun negatif. Terkait hal ini, Imam al-Ghazali dawuh:
فإن الصبي بجوهره خلق قابلاً للخير والشر جميعاً وإنما أبواه يميلان به إلى أحد الجانبين
“Karena sesungguhnya bayi secara intrinsik diciptakan dalam kondisi (fitrah) bisa menerima informasi positif dan negatif. Kedua orang tuanya lah (lingkungan dan budaya) yang membuat bayi itu condong pada sisi negatif atau positif”, (Ihya Ulumiddin, Al-Ghazali, 3/74).
Dalam kondisi ini, seseorang semuanya setara baik laki-laki dan perempuan, muslim dan non muslim. Yang membuat mereka punya keistimewaan (positif) atau merasa superior (negatif) adalah budaya dan lingkungan. Tentu, lingkungan yang paling kecil dan dekat adalah keluarga.
Maka tak heran, bila Nabi bersabda bahwa, “Anak yang lahir itu dalam kondisi fitrah. Bapak dan ibunya (lingkungan) yang membuat mereka memiliki kecenderungan pada Yahudi, Kristen, dan Zoroaster”.
Walhasil, saya bisa menarik kesimpulan refleksinya, bahwa seseorang yang memasuki perayaan “Idulfitri” beriringan dengan lantunan takbir, sejatinya kembali kepada momentum kesetaraan: Fitri dengan penuh anugerah dan kesenangan. Wallahu A’lam wal Fayataammul. []