Mubadalah.id – Setelah euforia Idulfitri mereda, jutaan keluarga Indonesia menghadapi tantangan berikutnya: arus balik mudik. Di balik kemacetan panjang dan padatnya jalanan, terselip dimensi relasi keluarga yang sering luput dari perhatian. Pembagian peran dan tanggung jawab selama arus balik mudik kerap kali mencerminkan ketimpangan gender yang telah mengakar dalam budaya masyarakat.
Pola umum yang terjadi masih menunjukkan dominasi pembagian peran tradisional yang tidak seimbang. Para suami biasanya fokus menyetir, sementara para istri menangani hampir seluruh urusan lainnya. Yaitu menenangkan anak-anak yang rewel, menyiapkan makanan, mengatur barang bawaan, hingga mempersiapkan kembali rumah setelah sampai di kota.
Padahal, kondisi seperti ini bertentangan dengan nilai-nilai mubadalah kesalingan dalam hubungan yang sejatinya diajarkan dalam Islam. Al-Qur’an menggambarkan relasi suami-istri dengan indah dalam Surat Al-Baqarah ayat 187: “Hunna libāsun lakum wa antum libāsun lahunna.” Yang berarti, “Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka.”
Menilik Metafora Makna Pakaian bagi Suami Istri
Metafora pakaian mengandung makna mendalam. Saling melindungi, menghangatkan, menutupi kekurangan, dan memberi kenyamanan. Relasi suami-istri semestinya terbangun atas dasar saling menanggung beban, bukan menyerahkannya pada salah satu pihak saja.
Beberapa langkah praktis bisa kita kembangkan untuk mewujudkan kesetaraan dalam konteks arus balik mudik. Pertama, perencanaan perjalanan. Alih-alih mengikuti pola pembagian tugas yang kaku, keluarga bisa membuat jadwal bergantian untuk mengemudi (bagi yang mampu), menjaga anak, mengatur logistik atau minimalnya mengelola ritme istirahat. Hal ini mencerminkan teladan Rasulullah SAW yang ringan tangan membantu keluarganya di rumah.
Kedua, proses beres-beres dan mempersiapkan kembali rumah setelah perjalanan semestinya menjadi tanggung jawab bersama. Kelelahan menyetir memang nyata, namun begitu juga dengan kelelahan menjaga anak selama berjam-jam.
Berbagi tugas dalam membongkar barang, menyiapkan kebutuhan anak sekolah, atau membersihkan rumah yang kosong selama mudik adalah implementasi nyata dari perintah Allah dalam Surat Al-Ma’idah ayat 2: “…Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa…”
Ketiga, penting untuk menyadari bahwa proses kembali ke rutinitas adalah tantangan bagi seluruh anggota keluarga. Memberi ruang untuk masing-masing memulihkan energi adalah bentuk ihsan (berbuat baik dengan optimal) yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam.
Membiasakan Prinsip Kesalingan
Praktik kesalingan seperti ini terbukti menciptakan perubahan positif dalam dinamika keluarga. Keluarga yang menerapkan prinsip adil dan setara dalam perjalanan pulang merasakan tingkat stres yang lebih rendah, perjalanan yang lebih menyenangkan, serta ikatan emosional yang lebih kuat.
Lebih dari itu, membiasakan prinsip mubadalah dalam arus balik mudik dapat menjadi pintu masuk bagi internalisasi nilai-nilai Islam yang lebih adil dalam kehidupan sehari-hari.
Anak-anak yang melihat orangtuanya berbagi peran secara adil, akan tumbuh dengan pemahaman bahwa keadilan gender adalah bagian dari nilai Islam itu sendiri. Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 228 ditegaskan: “Dan para perempuan mempunyai hak yang seimbang dengan kewajiban mereka menurut cara yang makruf…”
Setiap keluarga tentu punya dinamika masing-masing. Akan tetapi kita perlu mendorong komunikasi terbuka antara suami dan istri untuk menemukan pembagian peran yang adil, sesuai kebutuhan mereka. Yang terpenting adalah kesadaran bahwa perjalanan pulang baik secara fisik maupun metaforis adalah tanggung jawab bersama.
Berbagi Berkah Kebersamaan
Penerapan prinsip kesalingan dalam momen arus balik bukan hanya menciptakan kenyamanan dalam perjalanan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai keadilan dan kasih sayang dalam keluarga. Kesetaraan pun tak lagi jadi konsep abstrak, melainkan menjadi laku hidup yang membentuk masyarakat yang lebih beradab.
Berbagi beban dalam arus balik mudik sejatinya adalah berbagi berkah kebersamaan, keadilan, dan keharmonisan. Di sinilah makna sejati dari Idulfitri: momentum untuk kembali ke fitrah, membangun kehidupan keluarga yang selaras dengan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘alamin.
Dengan mengintegrasikan nilai-nilai mubadalah dalam momen ini, kita tidak hanya menciptakan perjalanan yang lebih bermakna, tetapi juga membuka jalan menuju perubahan sosial yang lebih adil dan penuh kasih. Bukankah seperti ini semangat Syawal sebagai bulan peningkatan? []