• Login
  • Register
Senin, 7 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Lagu ”God, Allow Me (Please) to Play Music” Mendobrak Patriarki Melawan Stigmatisasi

Tak hanya sekedar musik, rasa yang diungkapkan oleh VOB (Voiche of Baceprot) ini adalah realitas sesungguhnya yang dialami oleh mayoritas perempuan di Indonesia

Lutfiana Dwi Mayasari Lutfiana Dwi Mayasari
07/11/2021
in Personal, Rekomendasi
0
Lagu

Lagu

340
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Lagu dengan judul “God, Allow Me (Please) to Play Music” dinyanyikan oleh salah satu band beraliran metal yang berasal dari Garut Jawa Barat. Dengan formasi yang terdiri dari tiga perempuan muda berhijab, group band yang menamai dirinya sebagai VOB (Voiche of Baceprot) ini menarik perhatian masyarakat. Selain karena penampilannya yang lebih cocok disebut santri, lirik lagu yang dibawakan pun penuh dengan nilai-nilai. Terutama nilai kesetaraan pada laki-laki perempuan yang saat ini menjadi korban sistem patriarki.

Salah satu lagunya yang penuh makna melawan stigmatisasi pada perempuan adalah “God, Allow Me (Please) to Play Music”. Berikut ini lirik lagu selengkapnya

Why today, many perceptions have become toxic?
Why today, many people wear religion to kill the music?
I feel like I am fallin’, washed down, swallowed by the crowd

I’m not the criminal
I’m not the enemy
I just wanna sing a song to show my soul
I’m not the corruptor
I’m not the enemy
I just wanna sing a song to show my soul

God, allow me please to play music
God, allow me please to play music
God, allow me please to play music
God, allow me please to play music

Why today, many perceptions have become toxic?
Why today, idealizations are abusing our mind?
I feel like I’m falling down, in the deep hole of hatred

I’m not the criminal
I’m not the enemy
I just wanna sing a song to show my soul
I’m not the corruptor
I’m not the enemy
I just wanna sing a song to show my soul

God, allow me please to play music
God, allow me please to play music
God, allow me please to play music
God, allow me please to play music

Tak hanya sekedar musik, rasa yang diungkapkan dalam lagu tersebut oleh VOB (Voiche of Baceprot) ini adalah realitas sesungguhnya yang dialami oleh mayoritas perempuan di Indonesia. Standar keshalehan perempuan dibatasi pada ruang domestik. Keikutsertaan perempuan di ranah publik acapkali distigma sebagai penyalahan kodrat. Apalagi jika dikaitkan dengan musik, perempuan akan mendapatkan beban ganda.

Kebebasan berekspresi dalam seni musik dibungkam menggunakan narasi agama yang misoginis. Perempuan yang berkecimpung dalam dunia music dianggap menyalahi aturan agama dengan dalih mengumbar aurat. Meskipun personilnya berhijab sekalipun, anggapan menyalahi kodrat nyatanya masih juga melekat.

VOB dalam lagunya “God, Allow Me (Please) to Play Music” ingin membuka wawasan semua orang bahwa yang ingin ia lakukan hanyalah mengembangkan seni music. Mereka meminta izin kepada Tuhan untuk memainkan musik. Namun di satu sisi, VOB merasa tertekan dengan persepsi publik atas musik.

Baca Juga:

Lelaki Patriarki : Bukan Tidak Bisa tapi Engga Mau!

Tauhid sebagai Dasar Kesetaraan

Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

Kafa’ah yang Mubadalah: Menemukan Kesepadanan dalam Moral Pasutri yang Islami

Padahal yang mereka inginkan hanyalah mengembangkan bakat mereka dalam bermusik. Mereka bukan koruptor, bukan penjahat, bukan musuh public, mereka hanya ingin bermain music. Namun kenapa justru stigmatisasi dan penghakiman atas dasar agama dan moral justru sering ditujukan kepada mereka khusunya, dan kepada seluruh perempuan berhijab pada umumnya. Seolah mereka adalah seorang kriminal kelas kakap hanya karena bermain music.

Bukan tanpa alasan, persepsi publik atas perempuan dalam bidang musik di Indonesia bahkan di dunia pada umunya lahir dari ideologi patriarkis. Menempatkan perempuan hanya sebagai pendukung laki-laki. Maka kemandiriannya adalah sebuah problematika, dan masalah. Musik, lagu dan segala alat pendukungnya seperti gitar, bass, drum seolah hanya ditujukan milik laki-laki saja. Sehingga perempuan yang mencoba menyentuh dan memainkan alat-alat tersebut akan dianggap tabu dan menyalahi kodrat. Entah kodrat mana yang dimaksud, karena dalam agama Islam tidak pernah ada satupun dalil yang menyatakan bahwa kodrat perempuan bukan di dunia musik.

Kepiawaiannya dalam memainkan musik dan lagu, dengan penampilan muslimahnya, dan lirik-lirik lagunya yang penuh makna merepresentasikan kedirian perempuan sebagai manusia. Bukan sebagai penduduk bumi kelas tertentu yang dikonstruksikan oleh manusia itu sendiri. Sebuah penolakan atas stigmatisasi terhadap kedirian perempuan yang dianggap sebagai suatu tatanan baku yang anti kritik.

Tak hanya di Indonesia, banyak musisi kelas dunia yang mengagumi karya VOB (Voiche of Baceprot). Pada November dan Desember tahun ini, VOB (Voiche of Baceprot) dijadwalkan akan melakukan Tour Eropa dengan tema “Fight Dream Believe”. Sebuah pencapaian luar bisa untuk sebuah group band bearaliran metal, dengan penampilan muslimah, dan narasi-narasi kesetaraan.

Semoga tour Eropa yang akan dijadwalkan pada bulan November dan Desember ini berjalan lancar. Dan semoga nilai-nilai kesetaraan perempuan yang dibawa oleh VOB (Voiche of Baceprot) melalui  lagu “God, Allow Me (Please) to Play Music” ini bisa membuka kesadaran kita semua. Bahwa music tak mengenal jenis kelamin, musik tak mengenal agama, music adalah kapasitas dan kemampuan yang berhak dikembangkan oleh semua orang. Tanpa memandang ras, suku, agama, dan jenis kelamin. []

Tags: KesetaraanLagupatriarkiVoiche Of Baceprot
Lutfiana Dwi Mayasari

Lutfiana Dwi Mayasari

Dosen IAIN Ponorogo. Berminat di Kajian Hukum, Gender dan Perdamaian

Terkait Posts

Film Rahasia Rasa

Film Rahasia Rasa Kelindan Sejarah, Politik dan Kuliner Nusantara

6 Juli 2025
Ancaman Intoleransi

Menemukan Wajah Sejati Islam di Tengah Ancaman Intoleransi dan Diskriminasi

5 Juli 2025
Hidup Tanpa Nikah

Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri

5 Juli 2025
Gerakan KUPI

Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

4 Juli 2025
Ruang Aman, Dunia Digital

Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

3 Juli 2025
Kebencian Berbasis Agama

Egoisme dan Benih Kebencian Berbasis Agama

2 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Ulama Perempuan

    Menelusuri Jejak Ulama Perempuan Lewat Pendekatan Dekolonial

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Film Rahasia Rasa Kelindan Sejarah, Politik dan Kuliner Nusantara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menulis Ulang Sejarah Ulama Perempuan: Samia Kotele Usung Penelitian Relasional, Bukan Ekstraktif

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membongkar Narasi Sejarah Maskulin: Marzuki Wahid Angkat Dekolonisasi Ulama Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Samia Kotele: Bongkar Warisan Kolonial dalam Sejarah Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Membongkar Narasi Sejarah Maskulin: Marzuki Wahid Angkat Dekolonisasi Ulama Perempuan
  • Menulis Ulang Sejarah Ulama Perempuan: Samia Kotele Usung Penelitian Relasional, Bukan Ekstraktif
  • Samia Kotele: Bongkar Warisan Kolonial dalam Sejarah Ulama Perempuan Indonesia
  • Menelusuri Jejak Ulama Perempuan Lewat Pendekatan Dekolonial
  • Surat yang Kukirim pada Malam

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID