Mubadalah.id – Dalam Kitab Suci Kristiani, khususnya dalam Perjanjian Lama terdapat satu bagian yang berisi puji-pujian kepada Allah Sang Pencipta. Yang menarik puji-pujian tersebut tidak hanya dilantunkan oleh manusia, tetapi juga oleh alam semesta. Bagian tersebut disebut dengan Mazmur.
Dalam Kitab Mazmur, terdapat pujian yang berasal dari manusia dan alam, seperti sungai, gunung, langit, binatang. Semuanya bersatu dalam nyanyian semesta yang menyembah Sang Pencipta. Dalam kacamata iman beberapa agama, alam bukan hanya sebagai tempat tinggal manusia, tetapi juga bagian integral dari ciptaan.
Alam menjadi rekan kerja manusia dalam memuji dan meluhurkan keagungan Sang Pencipta. Ia bukan hanya sekedar objek yang bisa dieksploitasi oleh manusia, tetapi juga subjek untuk memuji Allah. Dalam kitab Mazmur sangat jelas bagaimana alam sebagai ciptaan juga meluhurkan nama Sang Pencipta.
Nyanyian Semesta yang Inklusif
“Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorai… Biarlah sungai-sungai bertepuk tangan, dan gunung-gunung bersorak-sorai bersama-sama di hadapan TUHAN.” Mazmur 96:11 & 98:8
Kitab Mazmur merupakan kitab yang berisi puji-pujian kepada Allah. Kitab ini lahir dari refleksi dan permenungan spiritual, penderitaan, syukur, dan relasi dengan Sang Pencipta. Namun yang menarik, puji-pujian dalam Mazmur tidak berfokus semata pada manusia. Tetapi, juga mengundang seluruh ciptaan, yaitu langit, bumi, binatang untuk bersukacita, bersorak-sorai dan memuji Allah.
Hal ini membawa sebuah penyadaran kepada manusia bahwa dalam memuliakan Allah, ia tidak sendiri. Dengan kata lain manusia memiliki mitra atau rekan dalam meluhurkan nama Allah Sang Pencipta. Inilah pengalaman spiritualitas yang bisa membebaskan manusia dari perasaan egoisme.
Isi dari Mazmur ini juga menjadi sebuah nyanyian dari alam semesta untuk memuji Allah. Ini menggambarkan bahwa alam juga adalah subjek dan bukan hanya sekadar objek semata. Alam adalah tempat kehadiran ilahi, bukan sekadar sumber daya yang dapat dieksploitasi.
Keadilan Ekologis dalam Perspektif Iman
Apa yang tertulis dalam kitab Mazmur sebenarnya tidak hanya untuk orang Kristiani, tetapi juga semua manusia. Jika merenungkan lebih jauh, kitab mazmur sendiri menunjukkan adalah relasi mubadalah atau relasi kesalingan. Jika dalam konteks sosial mubadalah menolak dominasi satu pihak atas yang lain, maka dalam konteks ekologis, prinsip yang sama menolak dominasi manusia atas alam.
Karena alam juga menjadi subjek dalam memuji Allah, maka juga harus terjadi relasi kesalingan dan keadilan. Alam yang ada saat ini bukan tempat untuk memperkaya diri, melainkan tempat untuk memuji Sang Pencipta. Manusia harus sadar bahwa ketika manusia merusak bumi, ia juga merusak hubungan dengan Sang Pencipta.
Dengan bertindak adil kepada alam, manusia sebenarnya sedang menjalankan perintah Sang Pencipta. Dalam iman Kristiani, Allah meminta manusia untuk merawat dan memelihara bumi. Sedangkan dalam Islam, Allah meminta manusia untuk merawat bumi dengan menjadikan manusia sebagai wakil Allah (khalifah fil ardh).
Ketika Alam Merintih, Masihkah terdengar Mazmur Pujian?
Dalam situasi sekarang, sepertinya tidak terdengar lagi suara pujian alam, tetapi suara rintihan dan jeritan. Hutan yang semakin gundul, sungai yang tercemar, dan masih banyak lagi menjadi penyebab alam merintih kesakitan. Ia menjerit dengan keras karena merasakan sebuah kerusakan yang sangat luar biasa.
Di satu sisi, manusia semakin rakus dan tamak. Amanah untuk menjaga dan merawat bumi kini telah berubah karena hawa nafsu dan keegoisan mereka. Manusia sudah tidak bisa melihat bahwa alam juga subjek yang memuji Allah. Mereka hanya melihat bahwa alam adalah objek untuk kepuasan diri sendiri.
Alam yang dalam perspektif kitab suci menjadi rekan manusia untuk memuji Sang Pencipta, kini menjadi saksi bahkan korban dari kerakusan dan kelalaian manusia. Yang lebih ironis, manusia tetap melantunkan doa dalam ruang-ruang ibadah, seolah alam sedang baik-baik saja.
Dalam ajaran Kristen dan Islam, Tuhan merupakan pemilik atas seluruh ciptaan, bukan hanya Tuhan bagi manusia. Maka, penderitaan bumi bukan sekadar isu lingkungan, melainkan persoalan spiritual. Jika Tuhan hadir dalam ciptaan, maka kerusakan alam adalah juga bentuk kekerasan terhadap kehadiran Tuhan.
Maka, marilah kita bersama alam semesta bernyanyi dan meluhurkan Sang Pencipta. Kita menjadi manusia yang berdoa bukan hanya dengan bibir, tetapi juga dengan tangan yang menanam, hati yang peduli, dan langkah yang ringan terhadap bumi. Mazmur pujian akan terdengar kembali bukan karena suara kita paling nyaring, tapi karena kita memilih untuk menyanyi bersama alam. []