• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Mengapa Penyandaran Nama Anak Kepada Ayah, Bukan Kepada Ibu? Edisi Pembacaan Aspek Kebudayaan

Penyebutan nama nasab orang tua laki-laki bisa berkaitan dengan budaya Arab yang suka menghafal silsilah nenek moyang

Moh. Nailul Muna Moh. Nailul Muna
27/08/2024
in Keluarga
0
Penyandaran Nama Anak

Penyandaran Nama Anak

1.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Nabilah binti Yusuf, Rahman bin Yaqub, Siti binti Ahmad, Imran bin Tholib, Azizah binti Makruf. Jenis kelamin nama-nama tersebut bisa berbeda-beda namun jenis kelamin nama yang tersebutkan sebagai sandingannya selalu sama, yakni laki-laki melalui sosok bapak.

Apakah hal ini lumrah? Saya rasa pembaca bisa menjawab sendiri pertanyaan tersebut. Berdasarkan pengalaman penulis, penyebutan nama anak yang disandarkan kepada nama bapaknya merupakan sesuatu yang normal, namun penyebutan nama anak yang bersandarkan kepada nama ibunya tidaklah normal.

Kelumrahan di Masyarakat

Nilai kelumrahan ini jika kita telisik lebih jauh sedikit banyak bergantung dengan aspek regional, semisal tradisi yang timbul di Barat yakni mengarah kepada penyandaran nama Istri kepada suami. Semisal Michelle Obama yang merupakan istri dari Barack Obama dan Hillary Clinton yang merupakan istri dari Bill Clinton.

Bukan hanya tentang istri yang menyandarkan kepada suami, namun juga kita temukan suami yang menyandarkan namanya kepada istrinya. Semisal Marco Perego yang menyandarkan kepada istrinya Saldana, dan juga terdapat Jack White yang menyandarkan namanya Meg White.

Di Indonesia juga sering kita temukan nama istri yang bersandar kepada nama suami. Semisal Krisdayanti menjadi Krisdayanti Lemos, dan Nia Ramadhani menjadi Nia Ramadhani Bakri. Hal tersebut menjadi bukti bahwa kultur penamaan ini bersifat fleksibel di berbagai belahan dunia.

Baca Juga:

Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

Pola Relasi Suami-Istri Ideal Menurut Al-Qur’an

Tidak Ada Cinta bagi Arivia

Di sisi lain, fakta tersebut secara tidak langsung membuka adanya peluang kesetaraan penyandaran nama anak kepada suami. Sebab, seorang anak secara harfiah milik kedua orang tuanya, tapi mengapa hanya bapak yang kita jadikan sandaran?

Opsi yang mungkin bisa kita tawarkan yakni: Pertama nama ibu bisa menjadi pengganti nama ayah. Contoh: Fatimah binti Rodhiyah. Kedua, nama ibu juga tersebutkan dengan nama ayah di belakang nama anaknya, contoh: Althaf bin Musthofa dan Aminah. Ketiga, kedua nama orang tua sama-sama tidak kita sebutkan.

Apakah semudah itu? Penulis menganggap pola yang penulis paparkan di paragraf sebelumnya merupakan contoh aplikasi pendekatan kesetaraan secara serampangan. Sebab pembacaan kesalingan mirip dengan pembacaan kontekstual yang mempertimbangkan aspek teks dan konteks.

Oleh karena itu, kasus penyandaran nama bapak kepada anak perlu kita lihat lebih utuh melalui sudut pandang kebudayaan dan keagamaan di masa lalu dan masa kini. Aspek kebudayaan akan terpaparkan melalui tulisan ini dan aspek keagamaan akan penulis bahas melalui artikel yang terpisah.

Sebuah tradisi di Arab

Kaidah Al-‘Adah al-Muḥakkamah (kebiasaan bisa kita jadikan sebagai hukum) sering kali menjadi argumentasi untuk melegitimasi perilaku yang bersifat berulang secara kebudayaan meski tanpa berlandaskan aspek rasionalitas di masyarakat sebagaimana yang terpaparkan melalui laman Kupipedia.id.

Makna yang agak berbeda Syaikh Ahmad Zarqa’ hasilkan yang mendefinisikan term ‘adāh (adat) selaras dengan ‘urf (kebiasaan). Artinya sesuatu yang terus berlangsung namun diterima oleh akal sehat manusia.

Beberapa contoh adat dunia semisal memanjangkan leher oleh suku Karen di Thailand, menari bersama mayat di Madagaskar, Tato badan, suku Kalinga di Filipina. Di Indonesia terdapat karapan sapi, upacara potong jari. Dari sederet contoh tersebut kebanyakan merupakan adat yang irasional namun ada juga yang bisa kita nalar melalui akal di tradisi-tradisi masyarakat lainnya.

Kebiasaan penyandaran nama anak kepada bapak realitasnya termasuk kebiasaan yang sudah berlangsung sejak di era Rasulullah saw. Pada saat itu, nama-nama yang lazim kita temukan di masyarakat Arab saat itu merupakan nama-nama yang berasal dari satu suku kata. Semisal Abdurrahman, Abdullah, Umar, Utsman, Ali.

Untuk melengkapi dan membedakan antar nama yang mirip maka disandingkanlah nama nasab yang diwakili oleh orang tua laki-laki. Oleh karena itu, nama-nama mereka menjadi Abdurrahman bin Auf, Abdullah bin Ka’ab, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Akulturasi Budaya

Hemat penulis, penyebutan nama nasab sendiri memang erat kaitannya dengan budaya Arab yang suka menghafal silsilah nenek moyang mereka. Hal ini sebagai penanda adanya perbedaan dengan orang-orang yang memiliki nama yang mirip.

Karena pendeknya nama dan kemiripan nama yang ada, maka nama ayah kita sebutkan. Fenomena ini juga sering kita temukan di budaya Indonesia. Semisal jika kita menemukan dua nama anak yang sama, sebut saja Rahmat, maka bisa kita tambahi Rahmat yang anaknya si Romli, bukan yang anaknya si Farhan.

Dalam konteks Indonesia budaya panggilan anak kepada ayah bisa kita anggap berjalan beriringan dengan masuknya Islam di Indonesia yang dibawa oleh saudagar-saudagar Arab kala itu. Dengan kedatangan kaum muslim Arab maka nama-nama yang bersandar dengan orang tua laki-laki juga secara tidak sadar masuk dalam kebudayaan Indonesia, atau bisa kita sebut sebagai akulturasi budaya. []

Tags: BudayaNama AnakNasabparentingPenyandaran Nama AnakRelasiTradisi
Moh. Nailul Muna

Moh. Nailul Muna

Penulis berasal dari Lamongan. Ia merupakan alumni PBSB S1 UIN Sunan Kalijaga dan LPDP S2 UIN Syarif Hidayatullah dengan jurusan IAT. Latar belakang pendidikan non-formalnya yakni: PP. Matholi’ul Anwar, LSQ Ar-Rahmah, Sirojut Ta'limil Quran, Al-Munawwir, PPA. Nur Medina, dll. Beberapa kajian yang pernah digeluti penulis antara lain, kepesantrenan, Tafsir, Hadis, dan gender yang menjadi tema tesis. Pada saat ini penulis sedang mengabdi di UIN Saizu, UNU Purwokerto dan PESMA An Najah.

Terkait Posts

Kekerasan Seksual Sedarah

Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

19 Mei 2025
Keberhasilan Anak

Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

17 Mei 2025
Pendidikan Seks

Pendidikan Seks bagi Remaja adalah Niscaya, Bagaimana Mubadalah Bicara?

14 Mei 2025
Mengirim Anak ke Barak Militer

Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

10 Mei 2025
Menjaga Kehamilan

Menguatkan Peran Suami dalam Menjaga Kesehatan Kehamilan Istri

8 Mei 2025
Ibu Hamil

Perhatian Islam kepada Ibu Hamil dan Menyusui

2 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version