Mubadalah.id – Memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, Institut Leimena mengadakan Webinar Internasional Seri Literasi Keagamaan Lintas Budaya dengan tema “Pendidikan Pancasila dan Tantangan Kohesi Sosial dalam Maysrakat Plural Masa Kini.”
Tema ini dipilih mengingat Literasi Keagamaan Lintas Budaya merupakan sebuah pendekatan juga program yang concern pada hubungan dan kerjasama lintas agama yang positif dan selaras dengan prinsip gotong-royong dari Pancasila.
Selain itu juga menjadi jawaban atas tantangan zaman yang tidak saja oleh bangsa Indonesia hadapi, tetapi juga oleh hampir seluruh bangsa di dunia, yakni meningkatnya polarisasi dan perpecahan dalam masyarakat yang menimbulkan berbagai ancaman yang berbentuk politik identitas, ketakutan akan orang yang berbeda (xenophobia), ujaran kebencian, serta berbagai ajaran intoleran dan radikal.
Pancasila Dapat Memperkuat Pendidikan Bangsa
Dalam ruang ini, para panelis menyampaikan tentang bagaimana menerjemahkan Pancasila dapat memperkuat pendidikan bangsa kita yang berjiwakan Pancasila. Webinar dwi bahasa ini diadakan secara daring pada hari Selasa, 30 Mei 2023, mulai pukul 19.00-21.00 WIB.
Pada kata sambutannya, Matios Ho selaku Direktur Eksekutif Institut Leimena memaparkan hasil survei mengejutkan oleh Setara Institute yang memberikan nilai 83.3% atas pemahaman siswa SMA yang menganggap bahwa Pancasila bukanlah sebuah ideologi permanen dan masih bisa kita ubah.
Hasil survei dari lima kota ini tentu menjadi dasar bagi para tokoh bangsa masa kini untuk meneruskan perjuangan tokoh masa lalu yang memperjuangkan kesepakatan bersama. Yakni sebagai kelanjutan historis dan ideologis bagi bangsa yang majemuk ini dalam bentuk Pancasila.
Matios Ho mengutip pernyataan Bapak Sukarno di akhir sambutannya. Jika Pancasila harus kita peras dalam satu kata, maka kata tersebut adalah gotong-royong. Dan gotong-royong dapat terwujud dengan melakukan pembinaan atas kompetensi kerjasama bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Sebagai moderator, Icuk Salabiyati memberikan waktu pertama kepada Prof. Dr. M. Amin Abdullah (Dewan Pengarah, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) sebagai pembicara pada webinar ini. Ia mengawali pemaparannya dengan menampakkan peta Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan bangsa yang manjemuk dari berbagai aspeknya dapat kita satukan dalam sebuah negara Pancasila.
Di mana dalam pancasila ini mengandung nilai yang harus terus kita sampaikan di setiap jenjang pendidikan. Sehingga nila-nilai ini bisa terus kita terapkan, dan kita tanamkan dalam segala dimensi kehidupan bangsa ini.
Ideologi yang Memperkuat Memori Kolektif Bangsa
Tantangan pada momentum hari lahir pancasila hari ini, adalah kohesi kita adalah berupa inklusi sosial, pelembagaan, keadilan sosial dan ruang siber. Karena Pancasila adalah ideologi pemersatu bangsa, maka ia adalah satu-satunya ideologi yang memperkuat collective memory bangsa.
Saat tataran global sdang terpecah-belah dengan segala tragedinya, Indonesia tetap kokoh dan tangguh dalam dinamika politik nasional dan global, juga menjadi role model sebagai negara kesatuan yang demokratis.
Peralihan dari orde baru ke orde reformasi berakibat pada pendidikan Pancasila di sekolah dan perguruan tinggi, yang berbentuk lost generation. Untuk mengantisipasi hal tersebut, BPIP dan Kemendikbud-ristekdikti sepakat untuk mengembalikan Pendidikan Pancasila sebagai bahan ajar pokok dalam kurikulum PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi yang akan launching pada 1 Juni ini di Monas.
Upaya ini harapannya dapat kembali memberikan pemahaman tentang hari lahir pancasila, dan Pendidikan Di mana bangsa kita yang besar ini, sangat membutuhkannya
Prof. Dr. Franz Magnis Suseno, S. J./Romo Magnis(Profesor Filsafat, Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara) sebagai pembicara kedua juga mengungkap pentingnya keberadaan Pancasila sebagai identitas bangsa yang memiliki banyak identitas komunitas ini.
Romo Magnis mengisahkan bagaimana para pendiri bangsa yang mayoritas beragama Muslim tidak menggunakan identitas agamanya sebagai dasar pendirian bangsa dan negara yang bersatu. Melainkan dengan ideologi bersama yang berbentuk Pancasila. Intoleransi alami adalah tantangan yang tidak bisa kita hindarkan.
Agama sebagai Sumber Kasih
Oleh karena itu kebangsaan yang berjiwa Pancasila harus terus-menerus kita aktualisasikan. Salah satunya adalah dengan menjadikan agama sebagai sumber kasih, rahmatan lil alamin. Para tokoh agama harus dapat membicarakan hal-hal positif tentang agama yang lain.
Juga komunikasi antar penganut agama yang berbeda. Kita bisa saja datang bersilaturahmi, berbicara, sehingga kita mulai bisa menyenangi karena mulai terbiasa satu sama lain, tresno jalaran soko kulino. Dengan adanya komunikasi, maka masalah juga dapat kita bicarakan bersama dan terselesaikan.
Termasuk dalam pengalaman pendidikan yang baik adalah menumbuhkan kebanggaan sebagai orang Indonesia. Yakni melalui perjalanan sejarah, menghayati peristiwa nasional (seperti sepak bola), juga bekerjasama dalam memajukan keadilan, solidaritas dan kesejahteraan.
Dengan demikian, kita sebagai bangsa bisa melakukan rekonsilisasi yang berupa keberanian menghadapi masa-masa gelap yang lampau dan sedang terjadi. Oleh karena itu, guru-guru sebagai tenaga pendidik harus memiliki pandangan terbuka dan bangga mengatakan “Aku Indonesia.” Tujuannya agar semangat tersebut menjalar dan berpengaruh kepada murid-muridnya.
Sebagai pembicara ketiga, Prof. Dr. Katherine Marshall (Vice President, G20 Interfaith Association (IF20)) memberikan dua pernyataan: pertama, keteladanan Indonesia sebagai negara kesatuan atas keberagaman. Kedua, peran Indonesia sebagai pelaku utama dalam G20 yang menjawab beragam tantangan secara nasional maupun global.
Membincang Keberagaman
Keberagaman banyak sekali bentuknya. Ia bersifat purba dan selalu ada di dunia ini dari waktu ke waktu, dan semakin terasa mendalam dan semakin membesar di masa yang akan datang. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai fenomena di seluruh penjuru dunia, sehingga para pemimpin bangsa seharusnya melihat dan mampu menjawab tantangan ini. Selanjutnya, realita keberagaman harus bisa kita jadikan kekuatan, bukan perpecahan.
Karena penyeragaman itu akan menjenuhkan, stagnan, dan sulit berkemajuan. Akan tetapi, manfaat keberagaman ini tidak dapat kita lihat dalam jangka pendek, sehingga harus selalu kita usahakan, dan kita pahami dengan baik bahwa kita adalah makhluk yang tidak homogen.
Semua negeri pasti mengalami keragaman sebagai tantangan. Sebut saja perubahan dan tantangan di Uni Eropa ialah terkait tingkat imagrasi yang tinggi, karena terdapat realita kompleksitas keberagaman baru yang berada di hadapan mereka.
Ringkasnya, kita harus merayakan keberagaman ini dengan bersepakat untuk saling menghargai dengan berbagai status perbedaan yang ada. Oleh karena itu, kita membutuhkan tatanan sosial dan pemerintah yang baik untuk melakukan cita-cita tersebut.
Pendidikan sebagai Jalan Praktis
5 menit terakhir menjadi waktu bagi pembicara keempat, Dr. Chris Seiple (Senior Research Fellow, University of Washington) untuk menyampaikan paparannya. Dr. Chris mengungkap bahwa polarisasi menyebabkan terancamnya kerjasama dan ittikad baik antar agama mencapai titik tengah. Terutama dalam menghadapi tantangan global yang sama-sama kita hadapi saat ini.
Pendidikan adalah salah satu jalan yang praktis, dan tepat. Di mana ini merupakan titik awal dari kewarganegaraan para anak bangsa dalam mewujdukan cita-cita bersama. Kewargaan itu bisa berupa kewargaan spiritual, kewargaan global/hablum min al-nas, dan kewargaan nasional/bangsa dengan bergotong-royong serta menghormati perbedaan yang ada.
Oleh karena itu, guru harus memantiknya dengan memiliki kemampuan holistik dalam sejarah. Guru harus berinteraksi secara komprehensif dengan murid di dalam dan luar ruang. Selain itu menjadi teladan yang baik bagi murid-muridnya hingga dapat ditiru oleh para muridnya. Guru adalah titik awal dalam keberhasilan pendidikan persatuan dan kesatuan bangsa.
Pancasila bertambah usia, tambah pula manfaatnya untuk Indonesia dan dunia. Selamat ulang tahun wahai ideologi negeriku, berkah selalu! []