Mubadalah.id – Siapa yang tak kenal dengan Indonesia. Negeri zamrud khatulistiwa yang kaya akan pesonanya. Panorama alam yang indah bak surga dunia. Maupun keberagaman budaya yang bukan lagi konon katanya. Indonesia adalah negeri multikultural dengan corak budaya yang beragam.
Bicara soal budaya di Indonesia, saya jadi teringat dengan video “Wonderland Indonesia” yang diproduksi oleh Alffy Ref kemarin. Sebuah video series yang menampilkan keberagaman dan keindahan alam Indonesia dengan visualisasi yang ciamik.
Video tersebut menggambarkan unsur-unsur lokalitas masyarakat Indonesia seperti lagu daerah, pakaian adat, musik tradisional yang ia konsep secara lebih modern. Tentu hal tersebut perlu kita apresiasi. Dan selayaknya menjadi inspirasi bagi generasi muda di tengah gempuran budaya modernitas yang semakin melunturkan jati diri bangsa.
Video yang digubah Alffy Ref tersebut tentu hanya menampilkan sebagai kecil dari keberagaman Indonesia. Berdasarkan sensus BPS tahun 2010, terdapat 1340 suku bangsa yang menetap di Indonesia.
Tentu dari jumlah yang tidak sedikit tersebut pasti melahirkan kebudayaan yang bermacam-macam pula. Bayangkan saja jika satu suku bangsa memiliki tujuh kebudayaan, maka berapa kebudayaan yang ada di Indonesia? Tentu banyak bukan.
Oh iya, selain itu Indonesia juga memiliki enam agama yang diresmikan negara. Mulai agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, hingga Konghuchu. Namun perlu kita ketahui pula bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang menganut kepercayaan lokal.
Dan demikian merupakan sebuah kebebasan masyarakat untuk menganut agama atau kepercayaan yang mereka yakini. Hal ini karena negara melalui UUD 1945 Pasal 29 telah menjamin kemerdekaan bagi masyarakat Indonesia untuk memeluk agama dan beribadah sesuai ajaran agamanya masing-masing.
Kemerdekaan Indonesia dan Hak Kebebasan Beragama
Baru selang beberapa waktu yang lalu Indonesia tengah merayakan kemerdekaannya yang ke-78. Namun apa iya, Indonesia telah merdeka dengan sebenar-benarnya? Apakah masyarakat Indonesia sudah merasa aman dalam menjalankan aktivitas ibadahnya? Atau masih adakah masyarakat yang terdeskriminasi hanya karena berbeda agama?
Kemerdekaan memang tidak hanya soal agama, namun sebuah kesadaran universal di mana setiap individu merasa tidak terkekang dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Namun sebagai negara yang menjunjung tinggi nilai relijiusitas dan spiritualitas, kebebasan beragama menjadi salah satu parameter dalam menakar kemerdekaan.
Relasi sosial antar umat lintas iman di Indonesia masih terlihat pasang surut akhir-akhir ini. Setara Institute dalam laporannya menjelaskan bahwa selama tahun 2022 kasus pelanggaran kebebasan beragama masih tinggi.
Sebelumnya kasus pelanggaran kebebasan beragama yang tercatat sebanyak 171 kasus meningkat menjadi 175 kasus. Namun luasnya wilayah Indonesia tentu laporan tersebut belum menunjukkan jumlah kasus yang terjadi di lapangan secara real time. Sebuah fenomena gunung es di mana kasus yang terjadi di lapangan belum sepenuhnya nampak ke permukaan.
Indonesia dan Tantangan Intoleransi Beragama
Keberagaman budaya di Indonesia merupakan aset bangsa. Namun di sisi lain dapat menjadi senjata perusak bagi integritas bangsa sendiri. Seperti halnya kasus intoleransi di Indonesia semakin hari semakin menjadi-jadi.
Dari sekian banyak unsur kemajemukan bangsa, agama memiliki potensi terbesar yang melatarbelakangi terjadinya intoleransi di Indonesia. Tidak hanya pada lintas agama, bahkan dalam satu agama pun hanya karena berbeda aliran juga bisa memicu terjadinya intoleran.
Kasus Poso 1998, Kasus Sampang 2012, maupun segregasi cebong-kampret dalam kontestasi politik 2019 kemarin cukup menjadi refleksi bagi kita. Di mana agama kerap kali dipolitisir hanya untuk kepentingan praktis.
Beberapa kasus tersebut mengingatkan kepada kita bahwa rasa ego dan fanatisme yang berlebihan hanya akan membuat kekacauan. Akibatnya betapa banyak nyawa yang terenggut karena tragedi yang tidak manusiawi tersebut. Betapa banyak darah yang tumpah hanya karena mengikuti keegoisan dan hasrat yang tidak rasional.
Di samping itu munculnya aliran Islam radikal atau garis keras yang dikit-dikit berteriak jihad, membid’ahkan sana-sini seperti ingin menang sendiri dan sangat getol dalam mengusung paham khilafah – yang katanya – demi menjaga kemurnian agama Islam justru malah memperburuk citra Islam itu sendiri.
Agama Islam pun terkesan kasar dan kejam. Citra itupun kemudian memunculkan islamofhobia di mana Islam dianggap sebagai agama teror. Akibatnya masyarakat muslim yang tinggal di belahan negara lain malah terdiskriminasi. Hak-hak mereka sebagai warga negara tercerabut hanya karena mereka menjadi seorang muslim.
Padahal, jika diselami lebih dalam lagi, Islam adalah agama yang rahmah, ramah, dan tidak suka marah-marah. Islam merupakan agama yang menjunjung kebaikan universal tanpa mengabaikan hak-hak kemanusiaan. Oleh karena itu, diperlukan tindakan lebih lanjut supaya tercipta harmonisasi di tengah keberagaman masyarakat. Tentu hal tersebut tidak boleh kita abaikan begitu saja karena dapat mengancam integritas bangsa.
Meneladani Gus Dur
Sebenarnya untuk mengatasi kasus intoleransi kita perlu mencari akar permasalahannya. “Kemajemukan harus bisa diterima, tanpa ada perbedaan”. Begitulah Gus Dur menerangkan.
Jika kita cermati lebih dalam lagi, Beliau, sang bapak pluralisme telah memberikan nasihat kepada penerus bangsa supaya menyikapi kemajemukan dengan bijaksana. Hal tersebut merupakan mental model yang perlu masyarakat Indonesia miliki.
Dalam teori iceberg dan “U” Analysis, menerangkan bahwa mental model menempati urutan terdalam yang memengaruhi terjadinya suatu peristiwa dalam masyarakat. Adanya intoleransi merupakan konstruksi dari paradigma, cara pandang, dan perspektif yang salah dalam memahami sebuah perbedaan.
Oleh karena itu penting bagi seluruh pemangku kepentingan untuk mengubah paradigma bias yang telah berkembang di masyarakat (rethinking). Tentu mengubah suatu hal yang telanjur mengakar bukan perkara yang mudah. Kita membutuhkan kolaborasi yang sistemik dan berkelanjutan dalam menyamakan sebuah sudut pandang, khususnya tentang keberagaman.
Pada dasarnya, permusuhan terjadi karena adanya pola pikir yang salah mengenai suatu perbedaan. Sifat egois, etnosentrisme, maupun fanatisme yang berlebihan adalah pemicu terjadinya kesalahan berpikir.
Tidak jarang muncul kelompok yang sering menyalahkan kelompok lain dan menganggap kelompoknya paling benar. Padahal menurut Gus Dur, kemajemukan merupakan anugerah yang Allah bekalkan kepada manusia supaya saling mengenal. Bukan malah saling mencela dan menjatuhkan.
Maka sudah saatnya generasi muda bangkit dari zona nyaman. Memperkuat benteng pertahanan supaya lawan tak mudah menyerang. Berwawasan luas saat menghadapi hal yang terlihat kontras. Serta menghayati kembali nilai-nilai Pancasila sebagai wawasan kebangsaan untuk meng-counter segala bentuk intoleransi untuk menjaga keberagaman Indonesia. []