Mubadalah.id – Pendidikan Indonesia masih stuck dalam permasalahan yang sama, krisis moral atau kemanusiaan. Krisis kemanusiaan di lembaga pendidikan seharusnya dapat teratasi dengan solusi ilmu sosial profetik. Disiplin ilmu sosial gagasan Kuntowijoyo ini menjadikan dimensi transendental sebagai landasannya. Pendidikan yang menggunakan landasan profetisme selanjutnya disebut pendidikan profetik.
Murid yang saling merundung menanggalkan sifat kemanusiaan, menghalalkan segala cara demi angka rapor yang baik, membayar guru les demi bocoran soal ujian kerap terjadi. Orientasi sekolah negeri untuk melanjutkan sekolah juga menimbulkan masalah baru. Sekolah tujuan menyeleksi siswa dari nilai akhir sekolah jenjang sebelumnya. Alhasil, katrol nilai rapor menjadi pekerjaan sampingan guru di sebagian besar sekolah di negeri ini.
Sebagai seorang guru yang masih punya mendengar hati nurani pasti merasa miris. Namun, akar permasalahan sesungguhnya bukan pada murid, wali murid, ataupun gurunya saja. Jika kita sanggup memandang dengan kesadaran kritis (menurut Paulo Freire), sistem pendidikan lah yang memaksa berbuat demikian. Sehingga perlu adanya perubahan orientasi pendidikan. Dari orientasi pragmatis menuju orientasi profetik.
Orientasi Pragmatis Pendidikan Indonesia
Pendidikan di negeri ini tak ubahnya alat produksi tenaga kerja. Sekolah sebagai mesin pencetak uangnya. Kebanyakan guru mentransfer ilmu dengan tujuan agar murid dapat menjawab soal ujian. Alih-alih untuk melatih nalar kritis murid sebagai bekal membaca realitas sosial di masa depan.
Menjawab soal ujian dengan benar akan dapat nilai sempurna. Dengan begitu murid mendapat predikat nilai rapor yang baik. Predikat tersebut menjadi bekal untuk mendaftar di jenjang sekolah berikutnya hingga memperoleh pekerjaan yang layak.
Sekolah pun mempromosikan diri sebagai sekolah dengan alumnus sukses. Kategori kesuksesan diukur lewat jumlah lulusan yang diterima di perusahaan A B C. Sekolah lain membanggakan prestasi akademik muridnya yang mendapat kejuaraan MTQ nasional atau Olimpiade Sains. Tak ada yang salah dengan hal itu, namun bagaimana value murid penyabar, penyayang lingkungan, atau penyelamat perundungan antar teman itu mendapatkan ruang?
Artinya, pendidikan masih bertumpu kepada orientasi ekonomi semata. Konsekuensinya, pendidikan selalu mempertimbangkan bagaimana cara menghasilkan profit tinggi. Demi profit yang maksimal, orientasi ekonomi bekerja secara pragmatis. Atas nama keuntungan, cara apapun menjadi halal tanpa peduli betul pada prosesnya.
Merenungi permasalahan di atas, rasanya perlu mencari penawar. Suatu orientasi baru pendidikan selaku penawar yang bersifat jangka panjang. Sebab, pendidikan bukan seperti memasak mie instan. Manusia memiliki fitrah yang juga harus dipenuhi. Pendidikan pragmatis tidak dapat memenuhi hal itu.
Pendidikan Profetik sebagai Transformasi Pendidikan
Idealnya transformasi pendidikan menjadi proses pengembangan potensi, pembaruan, dan penyesuaian paradigma pendidikan dengan tuntutan kehidupan di masa yang akan datang dengan tetap menjunjung nilai-nilai kemanusiaan. Pendidikan juga harus mampu menjadi jembatan antara manusia dengan nilai-nilai ketuhanan yang universal agar tetap berada setarikan nafas dengan fitrah manusia sebagai khalifah fir ardl.
Orientasi pragmatis seperti yang disebutkan di atas tak mampu menjawab tuntutan pendidikan yang memanusiakan. Maka perlu orientasi yang menjadi alternatif untuk menjawab kebutuhan pendidikan dengan tetap berpegang pada akhlak dan moral.
Adapun orientasi tersebut meminjam disiplin ilmu sosial gagasan Kuntowijoyo tahun 2000-an. Masyhur dengan sebutan Ilmu Sosial Profetik (ISP). Disiplin ilmu sosial ini menjadikan dimensi transendental, bertentangan dnegan dunia material, sebagai landasannya.
Ilmu Sosial Profetik memiliki tiga prinsip yaitu humanisasi, liberasi dan transendensi. Diambil dari nilai-nilai kenabian yang bersumber pada kitab suci. Kuntowijoyo menyarikan tiga konsep profetik di atas dari surat Ali Imran ayat 110, “Engkau adalah umat terbaik, yang diturunkan di tengah umat manusia untuk menegakkan kebaikan, mencegah kemungkaran dan beriman kepada Allah.”
Pertama, humanisasi bermakna memanusiakan manusia. Nilai kemanusiaan yang kian tergerus oleh perkembangan zaman, harus dirawat kembali. Termasuk dalam proses transformasi pendidikan.
Kedua, liberasi pembebasan manusia dari segala kekangan. Jika pendidikan saat ini masih mengekang guru atas nama akreditasi yang berimbas pada keharusan mengatrol nilai murid, pendidikan profetik menciptakan ruang diskusi kritis dengan kolaborasi antara murid, guru, dan stakeholder.
Ketiga, transendensi adalah mengembalikan segala persoalan kehidupan kepada Tuhan (Kuntowijoyo, 2001). Tauhid atau pengesaan Allah bermakna terbebas dari penghambaan manusia terhadap apapun kecuali Allah. Termasuk penghambaan terhadap nilai, harta, dunia, jabatan, pekerjaan, dan segala yang bersifat fana.
Orientasi Profetik sebagai Penawar Krisis Kemanusiaan
Pendidikan pragmatis berorientasi pada ekonomi-pragmatis. Sedangkan pendidikan yang beriorientasi pada nilai-nilai kenabian (profetik) akan humanis, liberalis dan transendetal.
Jika pendidikan pragmatis menuntut murid dengan nilai rapor yang baik, pendidikan profetik-humanis menuntut murid untuk berkolaborasi dalam mencapai tujuan. Jika pendidikan dengan orientasi pragmatis membuat murid berlomba mengalahkan yang lain agar menjadi juara, pendidikan profetik menghargai semua potensi tanpa mengecilkan yang lain.
Saat pendidikan pragmatis membuat guru pusing untuk mengatrol nilai murid, pendidikan profetik-liberalis menuntun guru untuk mengembangkan potensi murid untuk menebarkan manfaat seluas-luasnya. Ketika pendidikan pragmatis menomorsatukan jumlah lulusan yang diterima di sekolah negeri, pendidikan profetik-transendental menyadarkan murid untuk belajar demi ilmu pengetahuan yang mendekatkan diri pada Tuhannya.
Barangkali kesadaran profetik lah yang dapat menuntun murid, guru, dan semua stakeholder pendidikan untuk menjalankan pendidikan sesuai hati nurani. Mengembalikan manusia pada fitrahnya yang mencintai kebaikan.
Sistem pendidikan juga harus dirumuskan oleh manusia yang sadar akan pentingnya orientasi kenabian, sehingga pendidikan tak hanya menjadi proses pengembangan potensi, pembaruan, dan penyesuaian paradigma pendidikan dengan tuntutan kehidupan di masa yang akan datang. Namun juga berpegang pada moral dan nilai-nilai kebaikan. []