Mubadalah.id – Idulfitri 1445 H/ 2024 M menjadi mementum penantian umat muslim. Setelah melewati bulan suci Ramadan, umat muslim merayakannya dengan saling mempererat silaturahmi dan saling maaf-memaafkan.
Tergambar dalam moment lebaran, sanak saudara berkumpul dengan penuh suka cita. Mereka mempersiapkan special moment Forgiveness Therapy ini dengan penuh persiapan.
Ilustrasi “Sungkeman” di Hari Raya
Tradisi “sungkeman’ Indonesia, merupakan akluturasi budaya Jawa menjadi momentum yang sakral dalam memaknai Hari Raya Idulfitri. Sungkeman adalah sebuah tradisi masyarakat jawa sebagai bentuk penghormatan dan permohonan maaf yang diberikan kepada sosok yang lebih tua atau yang dihormati, seperti orangtua, kakek/ nenek maupun sesepuh.
“Minal’aidzin wal fa’izin, sugeng riyadi, sedoyo kalepatan kula, kula nyuwun agunging pangapunten (selamat hari raya, jika saya ada salah, saya mohon maaf yang sebesar – besarnya). Ibu saya mohon maaf jika belum bisa menjadi anak yang ibu inginkan.” (Ucap seorang anak yang sedang melakukan sungkeman pada Ibunya).
“Iyaa nduk.. sama-sama, Ibu memaafkanmu dan senantiasa mendoakanmu setiap Langkah hidupmu”. (jawab ibu kepada sang anak).
Ilustrasi percakapan tersebut menggambarkan moment permohonan maaf pada yang lebih dihormati.
Namun satu pertanyaan terlintas dalam benak saya, apakah benar ketika lisan terucap maaf, maka secara kongruen hati ini memaafkann atas segala kesalahan, kekecewaan dan kemarahan?.
Tentang Forgiveness Therapy
Manusia dengan segala kompleksitasnya hidup dengan ragam permasalahan. Tak lain permaslahan itu hadir dari lungkungan eksternal yaitu hubungan intrapersonal. Permasalahan relasi dengan orang lain, yang tak tertuntaskan dalam situasi tertentu melahirkan tekanan stress, kecemasan bahkan traumatis?
Padalah menurut hasil riset, menyimpan rasa marah dan dendam dapat membawa permasalahan Kesehatan baik secara psikis maupun fisik.
Secara definisi menurut Everett Worthington Jr, seorang professor psikolog, memaafkan adalah menyatakan bahwa memaafkan adalah kondisi emosional mengurangi atau membatasi kebencian serta dendam.
Sedangkan memaafkan dalam cakupan psikoterapi, atau yang bisa disebut dengan Forgiviness therapy adalah usaha untuk memodifikasi perilaku seseorang dalam merespon pelaku, kejadiann dan pengalaman menyakitkan seseorang, kearah yang lebih positif, sehingga terlepas sudah rasa sakit itu, kemarahan, kekecewaan, kesedihan.
Kondisi emosional tersebut melahirkan perasaan dan pemikiran positif, serta wujud dari resiliensi traumatis.
Siapa yang perlu dimaafkan?
Selanjutnya terbesit pertanyaan sederhana perihal memaafkan. “Siapa yang perlu kita maafkan?.
Tentu dalam hal ini tidak bersifat satu arah, melainkan terdapat beberapa sasaran yang menjadi kunci dari forgiveness therapy, antara lain:
Pertama, Memaafkan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri adalah permohonan maaf untuk pada diri sendiri atas segala kesalahan dan juga menjadi bahan intropeksi diri. Memulai dalam diri menghempaskan rasa insecure, perasaan salah, pemikiran negatif, kekecewaan dan kemaarahan diri sendiri, guna memperbaiki diri sendiri kearah yang lebih baik. Dapat diartikan bahwa kemampuan memaafkan diri sendiri adalah kemampuan emosi secara intrapersonal.
Kedua, memaafkan individu lain: Memaafkan oranglain adalah kemampuan memaafkan kepada sosok individu lain yang pernah menyakiti diri kita. Terlintas sebuah pertanyaan yang menggelitik bagi saya, siapakah sosok yang membuat kita merasa paling sedih, sepi dan kecewa?.
Ternyata keluarga memiliki potensi untuk menorehkan segala luka batin.
Kenapa keluarga? karena keluarga memiliki ekspektasi dan harapan tersendiri, jika tidak dapat terlampaui lumrah rasanya kita memiliki kekecewaan yang bercokol dalam diri. Tentu rasanya lebih menyakitkan dibanding kekecewaan pada orang lain.
Maka jika merujuk pertanyaan, siapa orang yang perlu kita maafkan paling utama, maka jawabannya adalah keluarga.
Selanjutnya dapat kita dapat memaafkan relasi sosial lain, seperti: teman, relasi kerja, dan lingkungan sekitar.
Ketiga, Memaafkan situasi, fokus kendali diri internal. Satu metodologi yang mencerminkan bahwa titik fokus hidup terpenting respon adalah kendali diri. Kita mungkin pernah mendengar istilah stoicism, yaitu satu aliran filsafat di era Yunani Kuno, yang saat ini pun masih sangat relevan menghadapi kegilaan era ini.
Stoicisme membagi dikotomi kendali menjadi 2, pertama, kontrol diri internal, kedua kontrol eksternal.
Segala kontrol eksternal mencakup pendapat, respon orang lain dan cara pandang oranglain tentang diri kita. Maka tentu respon oranglain membuat tergelitik sakit ketika adalah luar kendali diri kita.
Adapun demikian jika kita telah mempraktikkan gaya hidup stoikisme, kita akan dengan mudah memaafkan respon oranglain, yang berasal dari kontrol diri eksternal. Karna fokus seorang stoikisme berada pada kendali internal (habbit, perilaku diri, etos kerja prinsip hidup).
Tahap Forgiveness Therapy
Mengutip dari artikel ilmiah Alfira Fitria dkk (2024), tahap Forgiveness therapy mencakup 4 fase;
Pertama adalah uncovering: yaitu kondisi individu telah memahami emosi, pemikiran dan perilaku negatif sebagai respon atas rasa sakit hatinya.
Kedua, decision, yaitu kondisi pemahaman individu atas pengalaman masa lalu yang begitu menyakitkan. Namun individu tersebut dapat melakukan kontrol diri serta strategi coping yang efektif. Sehingga dalam fase tersebut, “individu memiliki daya pikir untuk memaafkan”.
Ketiga, Work, yaitu aksi nyata perwujudan tanda maaf . Hal ini dapat dtandai dengan perilaku yang psositif dan responsive pada rasa sakit pengalaman masa lalu.
Keempat, deepening, yaitu fase seorang individu berhasil menemukan makna atas segala kisah pilu dan proses memaafkan. Maka kondisi tersebut dapat diartikan bahwa individu sudah sampai pada titik resiliensi dan Ikhlas.
Aspek-Aspek Motif Forgiveness Therapy
Jika kita berbicara respon seseorang dalam upaya pemaafan interpersonal, maka menurut pakar psikologi terdapat 3 aspek motif seseorang dalam pemaafan:
Pertama, Avoidance motivations: Merupakan bentuk pemaafan yang individu dengan upaya penghindaran, agar tidak memiliki keterlibatan langsung dengan seseorang yang pernah menyakitinya.
Kedua, Revenge motivations: Aspek merupakan dorongan atau motivasi individu yang timbul untuk melakukan pembalasan perbuatan buruk pada seseorang yang telah menyakitinya.
Ketiga, Benevolence motivations: Motivasi ini merupakan adanya dorongan individu untuk berperilaku baik kepada orang yang pernah menyakitinya.
Dari ketiga motif dan respon pemaafan, tentu aspek ketiga yaitu Benevolence Motivations adalah bentuk kongkrit seseorang yang telah mencapai pada titik pemaafan pada individulain.
Memaafkan bukan berarti mengizinkan rasa sakit yang pernah terjadi itu tumbuh, memaafkan bukan berarti melupakan rasa sakit yang perah tertanam dalam hari. Memaafkan berarti menyadari bahwa manusia bukanlah makhluk sempurna yang tak luput dari kesalahan.
Melalui kesadaran ini tentu hidup akan menjadi lebih tenang dan upaya hablum-minannas semakin dekat wujudnya.
Bahkan menurut hasil penelitian, forgiveness therapy, dapat menurunkan tekanan stress, kecemasan dan menyembuhkan trauma masalalu. Bagi seseorang yang sudah mencapai puncak pemaafan, maka tentu individu tersebut telah mencapai self worth, self esteem dan self confidence.
Maka dari sekelumit artikel ini, dapat kita tarik benang merahnya, bahwa “Jadikanlah momentum Idul Fitri ini menjadi ajang “memaafkan diri sendiri, memaafkan individu lain dan memaafkan kejadian lampau”. Hal ini tentu dapat meningkatkan kedamaian dan kebermaknaan psychological well-being. []