Mubadalah.id – Iduladha erat kaitannya dengan kisah Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Siti Sarah dan Siti Hajar. Sosok keluarga yang memiliki kontribusi besar dalam sejarah pelaksanaan ritual Iduladha, baik haji dan pemotongan hewan qurban. Kisah keluarga ini terabadikan dalam al-Qur’an seperti ketika Nabi Ibrahim dan Ismail mendirikan ka’bah yang terekam dalam QS. Al-Baqarah ayat 127 yang artinya
Renungkanlah ketika Ibrahim dan Ismail meninggikan pondasi Baitullah (Ka’bah) seraya berkata: “Tuhan Pemelihara kami, terimalah amal kami sesungguhnya Engkau maha mendengar lagi maha mengetahui”.
Selain itu secara historis penyembelihan hewan qurban yang juga berasal dari dua sosok ayah dan anak ini sebagaimana dalam QS. As-Shaffat ayat 102 yang artinya
“maka saat anak itu sampai (pada umur) sanggup bekerja bersamanya, (Ibrahim) berkata, “wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu, insyaallah engkau aka medapatiku termasuk orang yang sabar”
Dua ayat di atas jika direnungkan lagi maka akan akan menemukan nilai-nilai spiritual dan sosial yang sangat dalam. Pada dimensi spiritual misalnya, kita akan belajar keikhlasan, ketaatan serta kepatuhan terhadap kehendak dan perintah Allah SWT.
Sedangkan pada dimensi sosial terdapat ketika pembagian hewan qurban kepada masyarakat sekitar. Berkaitan dengan dua aspek tersebut pada aspek sosial inilah terdapat nilai-nilai toleransi yang beberapa hari yang lalu ramai di media sosial.
Sunan Kudus, Cikal Bakal Toleransi ketika Iduladha
Berbicara tentang toleransi ketika Iduladha khususnya di Indonesia tidak akan terlepas dari sosok walisongo yaitu Raden Ja’far Shodiq atau yang lebih familiar kita kenal dengan Sunan Kudus. Sekadar informasi bahwa umumnya hewan qurban yang disembelih saat Iduladha adalah sapi, kambing, atau domba.
Namun, agak berbeda di Kabupaten Kudus. Di mana ketika Idul Adha masyarakat tidak menyembelih sapi, melainkan menyembelih kerbau.
Usut punya usut ternyata penggunaan kerbau sebagai pengganti sapi saat Iduladha merupakan tradisi yang berawal dari sunan Kudus. hal ini sebagai suatu bentuk penghormatan penduduk kudus yang pada waktu itu mayoritas masih beragama Hindu. Bagi umat Hindu, sapi adalah hewan suci. Sejak saat itu sapi tergantikan dengan kerbau.
Bahkan jika kita berkunjung ke Kudus, sangat sulit sekali menemukan makanan soto sapi. Tetapi kita akan banyak menemukan soto kerbau. Potret toleransi yang Sunan Kudus lakukan ketika hari raya Idulsdha masih bertahan sampai hari ini. Selain di daerah Kudus beberapa waktu lalu penulis juga menyaksikan sikap toleransi yang viral di media sosial.
Jika bulan Ramadan lalu warga net dihebohkan dengan trend war takjil yang heboh di media sosial yang mana fenomena tersebut memperlihatkan potret romantisme antar umat beragama. Hari ini, tepatnya pasca hari raya Iduladha potret romantisme antar umat beragama tersebut kembali ramai di media sosial.
Hal tersebut lantaran warga non muslim yang turut menerima daging hewan qurban. Mengutip dari cnbcindonesia.com masjid istiqlal telah menerima 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Sebanyak 22 dari 50 ekor sapi merupakan hasil kontribusi dari non muslim, selain itu juga terdapat tambahan hewan kurban dari komunitas Tionghoa.
Membentuk Dinamika Sosial yang Baik
Sebagaimana yang penulis sebutkan sebelumnya bahwa pada hari raya Iduladha memiliki dua dimensi jika kita lihat secara individu dan kelompok. Dimensi tersebut adalah dimensi spiritual dan sosial. Dimensi spiritual hanya membentuk kedekatan vertikal antara seorang hamba dan Tuhannya. Sedangkan dimensi sosial akan membentuk kedekatan horizontal antar sesama manusia.
Pada dimensi sosial inilah letak titik toleransi itu berada. Dalam hal ini, toleransi sudah tidak berada pada posisi sebatas menghargai keyakinan, melainkan sudah bergerak maju pada sikap dan perilaku yang diwujudkan dengan berbagai hal. Di antaranya adalah membagikan hasil hewan qurban kepada non muslim, sebaliknya non muslim menyumbangkan hewan qurban untuk disembelih.
Mengutip dari kompas.com relasi timbal balik yang terjadi antar dua agama tersebut menurut Nasarudin Umar merupakan wujud solidaritas dan kepedulian terhadap sesama di tengah momentum Hari Raya Iduladha. Terlebih lagi dengan adanya bantuan tersebut maka jumlah yang akan mendapatkan hewan quran akan lebih banyak.
Potret toleransi yang penulis sebutkan tadi menggambarkan bahwa dinamika sosial saat ini terus mengalami perkembangan khususnya dalam hal toleransi beragama. Bertambah lagi akhir-akhir ini jarang sekali kita temukan berita terkait kasus radikalisme antar kelompok mayoritas kepada minoritas. Hal ini menunjukkan bahwa dimanika sosial kita dalam hal beragama saat ini sedang baik-baik saja.
Semoga potret toleransi ini dapat terjaga dengan baik dan dilakukan secara konsisten sehingga semboyan bhinneka tunggal ika tidak hanya tertulis pada pita garuda tetapi dapat kita praktikan dalam dalam kehidupan sehari-hari. Wallahua’lam. []