Mubadalah.id – Meskipun PRT bisa laki-laki dan bisa perempuan, akan tetapi fakta-fakta yang ditemukan menunjukkan bahwa mayoritas PRT adalah perempuan dan bukan laki-laki.
Sebutan PRT lalu hampir selalu identik dengan kelompok perempuan. Mengapa? Jawabannya bisa amat kompleks. Tetapi jawaban paling umum adalah bahwa perempuan merupakan entitas yang paling layak atau seharusnya bekerja pada ruang domestik.
Sementara laki-laki merupakan entitas sosial yang paling layak dan seharusnya bekerja pada kehidupan luar rumah, ruang publik dan politik. Pandangan umum ini mengakar dalam berbagai tradisi masyarakat di dunia, sejak ribuan tahun. Pembagian kerja seperti ini terkait dengan sejumlah asumsi, tetapi mereka konstruksi sebagai norma yang baku.
Pertama, bahwa perempuan merupakan makhluk yang lemah dan bodoh. Untuk manusia seperti ini sangatlah masuk akal dan adil jika diberi pekerjaan yang ringan dan tidak memerlukan kecerdasan otak. Pekerjaan domestik dianggap merupakan pekerjaan yang relatif lebih ringan dibanding kerja publik dan politik. Memasak, mencuci, membersihkan kamar dan mengasuh anak adalah pekerjaan yang tidak memerlukan pikiran dan intelektualitas yang tinggi.
Sementara mencangkul, memikul dan mengurus masyarakat adalah pekerjaan berat dan perlu pikiran yang cerdas. Karena itulah maka, menurut pandangan itu PRT memang sudah menjadi kodrat bagi ruang kerja perempuan dan tidak bagi laki-laki.
Konteks Budaya
Dalam konteks agama dan budaya, keberadaan perempuan di ruang domestik dipandang sebagai norma agama dan budaya. Ini terkait dengan fungsinya sebagai ibu rumah tangga yang harus mengurus anak-anak dan melayani suami.
Kodrat perempuan dalam budaya patriakhi adalah kasur, sumur dan dapur, atau masak, macak (berdandan) dan manak (melahirkan). Keberadaan perempuan bekerja di ruang domestik dengan begitu terkait erat dengan fungsi reproduksinya.
Pada sisi lain dalam pandangan keagamaan kehadirannya di ruang publik dapat menimbulkan masalah sosial yang serius. “Pekerjaan perempuan di luar rumah lebih banyak menimbulkan “fitnah”.
Al-Qur’an menurut pandangan ini telah menegaskan: “dan hendaklah kalian (perempuan) tetap tinggal di rumah, dan janganlah berperilaku seperti perempuan-perempuan jahiliyah dahulu”. (QS. al-Ahzab ayat 33).
Wacana keagamaan dan budaya ini dihadirkan dan dibakukan dalam masyarakat melalui berbagai media dan sarana budaya, politik dan agama, sekali lagi, selama berabad-abad. []