Mubadalah.id – Dalam masalah thaharah (bersuci), baik mandi atau wudhu, sebenarnya tata caranya sama. Tetapi terdapat beberapa tuntunan bagi penyandang disabilitas netra, mengingat mereka tak bisa mengetahui dengan pasti tentang najis tidaknya air yang bisa digunakan untuk bersuci.
Berikut beberapa tuntunan bersuci bagi penyandang disabilitas netra:
Pertama, apabila penyandang disabilitas netra akan menggunakan air lalu ada yang memberitahukannya bahwa air itu sudah najis, maka ia harus menerima pemberitahuan tersebut dengan syarat ada penjelasan sebab najisnya dan tidak berijtihad sendiri. Ini adalah pendapat mayoritas ulama.
Kedua, apabila ada dua bejana (wadah air), salah satunya najis dan yang lainnya suci, lalu orang penyandang disabilitas netra tersebut bingung menentukan mana yang najis, padahal dia akan salat.
Jika demikian, maka ia boleh berijtihad dan bersuci berdasarkan dugaan kuatnya (ghalabatuz-zan) dengan cara memaksimalkan indra lain yang masih berfungsi. Inilah pendapat yang rajih dari tiga pendapat para ulama. Pendapat ini adalah pendapat madzhab Hanafiyah dan Syafi’iyah.
Ketiga, apabila orang disabilitas netra bingung memilih pakaian yang akan ia kenakan antara yang suci dan yang najis. Maka ia berijtihad dan berusaha semampunya untuk memilih lalu salat dengan pakaian yang dianggapnya suci.
Inilah pendapat mayoritas ulama. Ini boleh ia lakukan karena ia telah berbuat sesuai kemampuannya. Allah SWT berfirman:
لَا يكَُلِّفُ اللهَُّ نَفْسًا إلَِّا وسُْعَهَا
Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”. (QS. al-Baqarah ayat 286). []