Jumat, 31 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Harapan

    Meneroka Harapan dari Balik Jeruji

    Aborsi

    Aborsi, Fiqh, dan Kemanusiaan

    Hukum Aborsi

    Hukum Aborsi, Melihat Persoalan dari Sisi Korban Kekerasan

    Tujuan Pernikahan

    Meneguhkan Tujuan Pernikahan

    Sumpah Pemuda

    Sumpah Pemuda dan Makna Kesalingterhubungan

    Erni Suyanti Musabine

    Erni Suyanti Musabine: Perempuan Penjaga Harimau Sumatra dari Kepunahan

    Komunikasi Islam

    Kasih, Bukan Kasihan: Komunikasi Islam bagi Teman Difabel

    Nafkah

    Menafsir Ulang Nafkah dan Maskawin

    Pengalaman Perempuan

    Membincang Perceraian yang Berpihak pada Pengalaman Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Harapan

    Meneroka Harapan dari Balik Jeruji

    Aborsi

    Aborsi, Fiqh, dan Kemanusiaan

    Hukum Aborsi

    Hukum Aborsi, Melihat Persoalan dari Sisi Korban Kekerasan

    Tujuan Pernikahan

    Meneguhkan Tujuan Pernikahan

    Sumpah Pemuda

    Sumpah Pemuda dan Makna Kesalingterhubungan

    Erni Suyanti Musabine

    Erni Suyanti Musabine: Perempuan Penjaga Harimau Sumatra dari Kepunahan

    Komunikasi Islam

    Kasih, Bukan Kasihan: Komunikasi Islam bagi Teman Difabel

    Nafkah

    Menafsir Ulang Nafkah dan Maskawin

    Pengalaman Perempuan

    Membincang Perceraian yang Berpihak pada Pengalaman Perempuan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Adakah Ruang Aman Bagi Perempuan?

Aku harap dengan semakin banyaknya orang yang memiliki perspektif feminis, ruang aman bagi perempuan tidak lagi menjadi utopis

Yuyun Khairun Nisa Yuyun Khairun Nisa
3 September 2021
in Personal
0
Perempuan

Perempuan

201
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Tulisan ini berangkat dari keresahan yang aku alami sendiri, dan judul yang kutulis adalah pertanyaan yang sampai detik ini masih menghantui pikiranku. Belum juga kutemui jawabannya yang pasti, masih berupa pengandaian. Namun, aku harap dengan semakin banyaknya orang yang memiliki perspektif feminis, ruang aman bagi perempuan tidak lagi menjadi utopis.

Berdasarkan Catatan Tahunan (Catahu) Komnas Perempuan yang diterbitkan di Jakarta tanggal 5 Maret 2021, pada tahun 2020 tercatat ada 299.911 kasus kekerasan terhadap perempuan. Meskipun angka tersebut menurun dari tahun sebelumnya, menurut Andy Yentriyani selaku Ketua Komnas Perempuan, jumlah angka tersebut hanya yang berhasil didokumentasikan saja. Faktanya,jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan di lapangan lebih tinggi karena situasi pandemi.

Situasi di masa pandemi mengharuskan orang-orang beraktivitas secara online. Sayangnya, kekerasan atau pelecehan juga kerap kali terjadi di ruang online. Seperti yang aku alami baru-baru ini sebagai penyintas. Untuk memenuhi kebutuhan informasi, aku sangat aktif bermain media sosial. Setidaknya 2 paltform yang sering kugunakan, Facebook dan Instagram. Tetapi, akhir-akhir ini aku merasa tidak aman aktif di media sosial karena pesan yang masuk dari orang yang tidak aku kenal secara nyata atau tidak aku follow sama sekali.

Pertama kali mengirim pesan, pelaku bermaksud untuk berkenalan. Sebenarnya aku jarang sekali meladeni orang yang basa-basi di media sosial. Setelah aku melihat profilnya, ternyata kami memiliki beberapa teman yang sama. Lalu, aku menjawab pesan sekedarnya. Ketika ia menjadi sering menyapa lewat pesan dengan kalimat yang tidak menyenangkan, seperti “Selamat Pagi, Nok Ayu” (sebutan untuk perempuan cantik di Jawa), aku dibuat tidak nyaman karena ungkapan tersebut layaknya catcalling.

Sikapku akhirnya tidak lagi menghiraukan setiap kali pelaku mengirimiku pesan. Namun, hal itu tidak membuat pelaku berhenti begitu saja. Ia masih sering mengirimiku pesan, bahkan bertanya alamat rumahku. Tak satupun pesannya yang kubalas, melihatnya pun aku tak pernah.

Namun, pada suatu waktu, ketika aku sedang online, ia tiba-tiba meneleponku, berulang-ulang kali. Tak kuangkat sekalipun teleponnya. Jelas saja, saat itu sudah lewat tengah malam. Ada kepentingan apa orang yang tidak aku kenal sama sekali menelepon di pagi buta?

Saat aku risih dengan teleponnya yang tak kunjung usai, aku memberanikan diri untuk memperingatinya dengan mengirim pesan. “Mohon maaf, ini sudah tengah malam, saya ingin istirahat”. Namun, bukannya malah meminta maaf, pelaku justru mengancamku dengan berkata bahwa ia akan mengirimkan pellet kepadaku. Semacam ilmu sihir untuk membuat orang jatuh cinta sampai tergila-gila.

Aku benar-benar tidak habis pikir. Apa motif sebenarnya orang-orang yang bertindak seperti itu? Alih-alih menambah pertemanan lewat media sosial, ia malah melakukan pelecehan dan Kekerasan Gender Berbasis Online (KGBO). Parahnya, ini kejadian bukan pertama kali yang pernah aku alami, bahkan teman-teman perempuanku yang lain acap kali mengalami kejadian serupa.

Jenis pelecehan lainnya juga beberapa kali aku alami, misalnya pelecehan secara verbal. Aku pun dibuat tak habis piker lagi, karena catcalling yang aku alami di lingkungan pondok pesantren. Saat itu aku sedang berkunjung ke almamaterku dengan membawa jajanan berupa sosis dan seafood lainnya.

Di tengah perjalanan, ada dua laki-laki yang diduga santri karena memakai sarung dan peci, menjahiliku dengan menyebut jajanan yang aku bawa. Kala itu, aku juga memberanikan diri untuk menegur. Ternyata, dua laki-laki tersebut masih bocah, dan ulahnya kepadaku adalah sebuah keisengan belaka.

Dua kasus di atas adalah kejadian yang berani aku hadapi. Namun, ada satu kejadian yang aku tidak bisa bertindak apa-apa. Kali ini pelecehan secara fisik yang aku terima. Saat itu aku sedang dalam perjalanan keluar kota menggunakan bus seorang diri.

Sejak awal naik bus di sore hari, tidak ada orang yang duduk di sebelahku. Sampai pada malam hari, ketika aku terlelap dalam tidur, tiba-tiba aku merasakan ada tangan yang memegang pahaku. Sontak aku langsung terbangun. Tapi, karena kondisi bus yang gelap dan rasa kantuk yang sanga berat, aku tidak mengingat wajah orang yang tiba-tiba muncul di sebelahku itu.

Di samping itu, aku yang masih remaja, baru lulus bangku SMA dan belum tahu banyak hal tentang bentuk-bentuk pelecehan atau gerakan feminisme, saat itu aku sangat takut. Sekali pun untuk berteriak. Aku takut orang-orang mengetahui apa yang aku alami. Padahal, bisa saja orang-orang justru melindungiku, tapi respon awalku adalah rasa takut.

Begitulah perempuan dalam menghadapi kerentanan-kerentanan yang ia alami. Untuk menjadi berani, menciptakan ruang aman bagi diri sendiri, sangatlah tidak mudah. Prosesnya amat panjang dan membutuhkan mental yang kuat. Selain itu, upaya yang dilakukan harusnya tidak hanya datang dari perempuan. Melainkan laki-laki juga mestinya sadar bahwa mereka turut andil memiliki peran dalam menciptakan ruang aman dan nyaman bagi perempuan. []

Yuyun Khairun Nisa

Yuyun Khairun Nisa

Yuyun Khairun Nisa, lahir di Karangampel-Indramayu, 16 Juli 1999. Lulusan Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember. Saat ini sedang bertumbuh bersama AMAN Indonesia mengelola media She Builds Peace Indonesia. Pun, tergabung dalam simpul AMAN, Puan Menulis (komunitas perempuan penulis), dan Peace Leader Indonesia (perkumpulan pemuda lintas iman). Selain kopi, buku, dan film, isu gender, perdamaian dan lingkungan jadi hal yang diminati. Yuk kenal lebih jauh lewat akun Instagram @uyunnisaaa

Terkait Posts

Harapan
Personal

Meneroka Harapan dari Balik Jeruji

31 Oktober 2025
Aborsi
Keluarga

Aborsi, Fiqh, dan Kemanusiaan

31 Oktober 2025
Hukum Aborsi
Publik

Hukum Aborsi, Melihat Persoalan dari Sisi Korban Kekerasan

31 Oktober 2025
Tujuan Pernikahan
Keluarga

Meneguhkan Tujuan Pernikahan

31 Oktober 2025
Sumpah Pemuda
Publik

Sumpah Pemuda dan Makna Kesalingterhubungan

31 Oktober 2025
Erni Suyanti Musabine
Publik

Erni Suyanti Musabine: Perempuan Penjaga Harimau Sumatra dari Kepunahan

31 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Komunikasi Islam

    Kasih, Bukan Kasihan: Komunikasi Islam bagi Teman Difabel

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membangun Relasi Ekonomi Rumah Tangga yang Adil dan Setara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menafsir Ulang Nafkah dan Maskawin

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Erni Suyanti Musabine: Perempuan Penjaga Harimau Sumatra dari Kepunahan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sumpah Pemuda dan Makna Kesalingterhubungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Meneroka Harapan dari Balik Jeruji
  • Aborsi, Fiqh, dan Kemanusiaan
  • Hukum Aborsi, Melihat Persoalan dari Sisi Korban Kekerasan
  • Meneguhkan Tujuan Pernikahan
  • Sumpah Pemuda dan Makna Kesalingterhubungan

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID