Mubadalahd.id – Ahmad Wahib yang merupakan Salah satu tokoh pembaharuan pemikiran Islam di era 70-an banyak membahas persoalan, mulai dari persoalan publik hingga domestik semisal pendidikan anak. Ia adalah seorang pemikir kiritis yang senantiasa mencari kebenaran meski terkadang agak ekstrem. Dalam perjalanan pemikiran pembaruan Islam, Ahmad Wahib memiliki peran sebagai sosok atau “orang di belakang layar” – sebagaimana dikatakan oleh Djohan Effendi – sehingga jarang dikenal oleh pemikir-pemikir generasi setelahnya.
pemikir kelahiran Sampang Madura (1942-1973) ini terus-menerus memikirkan persoalan umat yang mencuat saat masa transisi waktu itu. pemikirannya seringkali bertolak belakang dengan pemikiran konservatif yang dominan di tengah msyarakat, terlebih mitos-mitos yang ada di kota kelahirannya.
Salah satu persoalan yang dibahas cukup panjang oleh Ahmad Wahib adalah masalah pendidikan anak, khususnya pendidikan seksualitas. Menurut Ahmad Wahib, salah atu unsur yang sangat penting dalam keluarga adalah perasaan home, baik dari pihak anak maupun pihak orang tua yang mencakup ibu dan ayah.
Sementara khusus untuk anak-anak, selain perasaan home harus ada juga spesial interest yaitu parentage (rasa adanya perlindungan dalam keluarga). Menurutnya, anak-anak yang tidak memiliki interest akan berdampak negatif terhadap perkembangan anak itu sendiri sehingga mengancam terhadap generasi muda bangsa ini. [Ahmad Wahib, Pergolakan pemikiran Islam: 218]
Jika anak tidak mendapatkan perlindungan lalu merasakan ketidak amanan dan tidak ada rasa tentram dalam keluarga itu, maka sebagai konsekuensi logis – kompensasinya- anak tersebut akan mencari kesenangan di luar rumah. Dengan demikian, sudah barang tentu akan sulit dikontrol yang mana hal ini berpotensi besar akan terjerumus dalam pergaulan bebas bersama kelompok-kelompok anak nakal (cros-boys).
Tidak hanya rasa perlindungan anak, akan tetapi anak-anak perlu diberi asupan pendidikan sejak dini untuk menunjang perkembangannya. Pendidikan-pendidikan tersebut diajarkan kepada seluruh anak, baik laki-laki maupun perempuan. Tidak hanya di ajarkan kepada anak tertentu kepada anak laki-laki, sebagaimana sudah banyak terjadi dari dulu (era patriarki) bahkan sekarang. Karena anak perempuan juga memiliki hak untuk mengenyam ilmu pengetahuan semenjak masih dalam keluarga. Bukan malah dibatasi karena ia perempuan.
Adapun pendidikan-pendidikan yang bisa diberikan dalam keluarga bahagia, menurut Ahmad Wahib bisa bermacam-macam. Setidaknya, Ahmad Wahib menyebutkan empat pendidikan yang dibutuhkan anak dalam keluarga. Pertama, pendidikan Agama yang mencakup seluruh aspeknya. Kedua, pendidikan kesehatan; seperti kebersihan dan olahraga. Ketiga, pendidikan seksual. Keempat, pendidikan sosial (pergaulan).
Dari empat pelajaran yang di sebut di atas, Ahmad Wahib lebih menyoroti tentang pendidikan seksual (tidak hanya mencakup kepada hubungan intim namun juga mencakup kepada cara menyikapinya dll). Pandangan-nya soal seksual ini tidak sama dengan kebanyakan pandangan masyarakat luas yang menganggap seks merupakan hal yanga “saru”, tabu dan menjijikkan yang tidak pantas untuk dibicarakan.
Padahal, menurut Ahmad Wahib, pendidikan seks ini mesti diajarkan sejak dini dengan penuh hormat karena sebagai salah satu karunia dari Tuhan. Oleh karena itu, mesti disikapi dengan wajar yang tidak perlu dipandang sebagai hal yang menjijikan.
Kenapa pendidikan seks perlu diajarkan dalam keluarga?
Terlepas dari dari pro-kontra dalam menyikapi pendidikan seks. Menurut Ahmad Wahib, pendidikan seks sangat penting karena seandainya dalam suatu keluarga tidak ada tuntunan dalam persoalan seksualitas maka kompensasi keingintahuan si anak tentang seksualitas sebagai fitrah kemanusiaan, akan tersalur ke luar dari lingkungan keluarga, sebagaimana kondisi ini yang banyak terjadi di tengah masyarakat.
Maka hal ini akan berdampak besar kepada anak-anak tersebut, karena mereka mendapatkan informasi tentang pengetahuan seksualitas dari sumber-sumber yang sama sekali tidak bisa dipertangggung jawabkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberi kesadaran bagaimana seorang anak memahami soal pengetahuan seksualitas dari dalam keluarga.
Catatan, pada dasaranya, poin-poin yang disebutkan oleh Ahmad Wahib sebagai bahan ajar kepada anak bisa harus saling bersinergi satu sama lain khususnya dengan pelajaran Agama. Tanpa bersikap apologis, karena dalam Agama sudah diajarkan bagaimana seseorang mesti menjaga kesehatan, baik kesehatan jasmani, rohani dan lingkungan.
Begitu juga, dengan pendidikan masalah sosial atau pergaulan, khususnya soal pendidikan seksual . Intinya adalah, semua pendidikan pada dasarnya tidak bisa dilepaskan dengan Agama sebagaimana dikatakan sendiri oleh Ahmad Wahib “Saya pikir, pendidikan apapun yang sudah dilepaskan sama sekali dari Agama, berarti sudah hilang nilai-nilai fundamental dan intrinsiknya, dan tidak lagi mempunyai pegangan” [Ahmad Wahib, pergolakan pemikiran Islam: 220]. []