Mubadalah.id – Dalam tradisi Arab, istri yang membangkang suami dapat dikenakan perendahan dan pemukulan. Hal ini menurut tradisi orang-orang Arab sebagai cara mendidik istri. Namun setelah Islam turun, kenyataan ini menurut al-Qur’an sebagai tradisi kekerasan yang harus diubah.
Al-Qur’an menyampaikan langkah persuasif sekaligus bertahap dan berurutan: menasihati, membiarkannya, dan kemudian memukulnya.
Sebenarnya Nabi sendiri menginginkan transformasi yang radikal, dengan memberikan kesempatan kepada istri yang suaminya pukul untuk membalasnya secara setimpal. Namun, Tuhan belum mengizinkannya.
Imam al Suyuthi menyampaikan sejumlah riwayat tentang latar belakang turunnya ayat nusyuz ini, sebagaimana berikut:
Dari Hasan melalui Asyats bin Abdul Malik menceritakan bahwa seorang perempuan datang kepada Nabi saw. mengadukan tindakan suaminya yang memukulnya (menampar). Nabi saw. dengan tegas menyarankan pembalasan yang setimpal (qisash). Tetapi ayat kemudian turun, maka perempuan tersebut kembali tanpa membalasnya. Begitu ayat ini turun Nabi bersabda: “Aku menghendaki sesuatu tetapi Allah menghendaki yang lain.”
Terkait hadis di atas, Nasr Hamid Abu Zaid berkomentar:
“Adalah pasti bahwa ketidaksukaan Nabi terhadap perbuatan suami tersebut menunjukkan sikapnya yang menghendaki tegaknya prinsip kesetaraan. Tetapi, karena audien tidak atau belum sanggup memikul prinsip kesetaraan tersebut, maka Tuhan menurunkan ayat ini.”
Tafsir Pemukulan
Pembaca ayat ini tentu masih mempunyai kesan bahwa al-Qur’an mentoleransi aksi kekerasan terhadap istri. Namun, pembacaan secara kritis akan mengantarkan pada pemahaman lain. Yaitu, meskipun pemukulan masih disebutkan dan terkesan diperbolehkan. Namun tindakan kekerasan itu telah berubah menjadi tindakan yang harus dilakukan sebagai jalan terakhir.
Istilah “pemukulan” terhadap istri dalam ayat tersebut, meminjam istilah Nasr Hamid Abu Zaid, merupakan domain pertemuan (manthiqah al-iltiqa), yaitu domain di mana kepentingan-kepentingan Islam sebagai agama baru yang belum mapan harus berhadapan dengan tradisi yang masih dominan dan tetap ingin masyarakat Arab pertahankan.
Sementara, penyebutan “pemukulan” terhadap istri sebagai jalan terakhir, merupakan domain penyeberangan (manthiqah al-Jisr), yaitu domain dan strategi untuk mengantarkan pada pola baru yang egalitarian dalam relasi suami-istri.
Domain pertemuan sekaligus penyeberangan ini dengan begitu diperlukan sebagai masa transisi dari kenyataan-kenyataan sosio-politik yang menghalanginya untuk bergerak secara progresif.
Pada ujung ayat ini kita membaca dengan jelas, keinginan al-Qur’an agar suami tidak terus menerus menyelesaikannya dengan cara itu. “Jika mereka (istri) telah mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk membuatnya susah. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”.
Kalimat ini sangatlah menarik. Tuhan menyatakan Maha Tinggi dan Maha Besar. Pikiran yang jernih dan peka, akan segera mengerti bahwa dengan kalimat tersebut, Tuhan sejatinya tidak menghendaki seseorang merasa lebih tinggi dan lebih besar dari yang lain. Tuhanlah satu-satunya Yang Maha Tinggi dan Maha Besar itu. []