Kamis, 11 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    standar kecantikan

    Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    Pemberitaan

    Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Laras Faizati

    Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

    Haramain

    Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    standar kecantikan

    Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    Pemberitaan

    Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Laras Faizati

    Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

    Haramain

    Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Alissa Wahid: Geneologi Pengetahuan dan Gerakan

Faqih Abdul Kodir Faqih Abdul Kodir
1 Agustus 2020
in Pernak-pernik, Profil
0
Alissa Wahid: Geneologi Pengetahuan dan Gerakan
56
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Aku menulis catatan ini, justru saat diskusi chat WA dengan mbakyuqu ini, merepotkannya dengan berbagai pertanyaan, lalu diingatkan oleh wasitku, mba Nur Rofiah, nyai KGI yang cetar membahana. Bahwa hari itu adalah ulang tahunnya, dan aku diminta tidak banyak merepotkan.

“Waduh, di saat hari kebahagiaanyapun, aku lupa, dan mba-yuqu masih terus menjawab dan melayani”, kataku dalam hati. Malam inipun, mba-yu bersedia menyediakan waktu untuk sesuatu yang aku tanyakan lebih jauh lagi. “Subhanallaah”.

Di sini, aku ingin menulis sedikit saja dari peran sosok mba Alissa dari geneologi pengetahuan dan gerakan, yang disebutnya saat HBH, sebagai “Suku Mubadalah”. Aku belum pernah menuliskan sosok penting ini, dan di saat HBDnya ini, sepertinya tepat untuk mengabarkan kepada khalayak, terutama anggota “Suku” he he hee…

Di buku “Qir’aah Mubadalah”, peran sang Ibu Nyai Hj. Sinta Nuriyah Wahid, sebagai ketua FK3, sudah aku sampaikan dalam beberapa halaman (silahkan cek hal. 188-195, ada banyak contoh Mubadalah beliau yang aku kutip sebagai basis geneologi Mubadalah). Saat ini, secara khusus tentang mba Alissa, dalam kaitannya dengan Mubadalah.

Seperti disampaikannya saat #HBHMubadalah, pertemuan intensif baru dimulai sejak tahun 2015 ketika merumuskan pengetahuan dan kerangka kerja Bimbingan Perkawinan (Bimwin) program Kementrian Agama RI, yang kemudian berlanjut ke program/kegiatan LKK PBNU, Gusdurian, dan yang lain.

Saat itu juga, aku sedang galau dalam proses pencarian bagi konsep “Mubadalah”, yang selalu ditantang dan dilengkapi oleh partner pengetahuan dan gerakan, mba nyai Nur, yang juga hampir selalu bertemu di forum-forum bersama mba Alissa tersebut.

Singkat cerita,mba Alissa memberikan banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang “berbeda”, yang justru selama ini, aku butuhkan untuk konsep Mubadalah. Di antaranya, sejak awal pertemuan, Mba-yu ini selalu mengingatkanku untuk berpikir solutif dari akar pengetahuan, bukan reaktif menjawab satu dua kasus fenomena.

Konsep “U Theory” selalu dibawa di berbagai pertemuan untuk memahami masalah dari fenomena yang tampak, dibawa ke tren dan pola, lalu struktur berpikir, lalu mental model, dan terakhir paradigma. Kemudian, cara kerja kita, yang harus mulai dari bawah, yaitu paradigma dulu, terus ke atas sampai ke fenomena yang tampak. Bukan menjawab secara reaktif, fenomena ditantang dengan fenomena baru.

Inilah U theory yang dikenalkan mba Alissa yang terus menghantui pikiranku. Dan karena itu, buku QM tersusun sedemikian rupa, mulai dari perspektif dan metodologi, yang disarankan Bang Helmi Ali dengan terminologi Paradigma Mubadalah. Baru satu persatu contoh mental model, struktur budaya, dan fenomena yang tampak, untuk ditafsiri dengan paradigma Mubadalah (cek bab 4 sampai 7 dari Buku QM).

Konsep lain adalah “moral foundation” yang dikenalkan Jonathan Heidt, ditambah preferensi global terhadap masyarakat feminin yang digaungkan Hofstad, dan “Athena Doctrine” oleh Gerzema dan D’Antonio, juga selalu ditekankan mba Alissa dalam menawarkan gagasan maupun gerakan.

Semua ini mempengaruhi pengetahuan, metodologi, dan strategi Mubadalah dalam menyampaikan gagasan ini sebagai bagian dari loyalitas pada nilai, tradisi, kasih sayang, kebersamaan, kesalingan, komitmen, dan kesucian. Pengetahuan dan gerakan serupa Mubadalah, selama ini, lebih menekankan pada nilai kebebasan dan kemerdekaan individu.

Berkat mba Alisa lah, kami (setidaknya aku dan mba Nur Rofiah), dituntun untuk menemukan pondasi relasi keluarga (yang mubadalah dan berkeadilan hakiki), dengan 5 pilarnya (mitsaqan ghalizan, zawaj, muasyarah bil ma’ruf, musyawarah, dan taradin), dan lalu beratap atap kemaslahatan. Tentu, masih banyak lagi sosok yang berperan dalam temuan ini, misalnya Pak Adib Machrus, yang dengan tangan dinginya, menemani dan memastikan pondasi Bimwin itu lahir sesuai waktunya.

Jika menggunakan “U Theory”, temuan kami ini adalah dasar yang amat brilian, yang memudahkan kita untuk menawarkan gagasan-gagasan berikutnya untuk semua problem keluarga, baik yang marital maupun yang familial. juga sosial. Lalu, kami juga, aku setidaknya dikenalkan mba Alissa dengan bank relasi, bahan bakar cinta, penghancur dan pembangun relasi, dan juga tentang parenting “menjadi orang tua hebat untuk anak-anak yang abror.”

Semua ini, dan masih banyak lagi (salah satunya banguan moderasi beragama juga dapat sentuhan mubadalah melalui bimbingan mba-yuqu ini, pernah aku tulis di FB), dari sosok, pengetahuan, kiprah, dan tindakan mba Alissa Q. Wahid yang menjadi bagian utama dari bangunan pengetahuan dan gerakan Mubadalah.

Sampai saat ini, setiap ada masalah terkait Mubadalah, aku langsung kontak dan berdiskusi, seperti paga pagi hari ini, yang akan lanjut pada malam hari nanti. HBD mba-yuqu, sanah helwah, semoga panjang dan sehat usia, terus menginspirasi dunia.

Colek Nurul Bahrul Ulum dan Dul, jika jadi bikin program “Geneologi Mubadalah”, pengetahuan dan kiprah mba Alissa Q. Wahid adalah salah satunya, dan yang intensif di lima tahun terakhir bersama mba Nyai Nur Rofiah. Di samping guru-guruku yang sebelumnya sudah memberi pondasi dan inspirasi, yang sudah aku sebut di dalam buku QM. []

Faqih Abdul Kodir

Faqih Abdul Kodir

Founder Mubadalah.id dan Ketua LP2M UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

Terkait Posts

Laras Faizati
Publik

Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

11 Desember 2025
standar kecantikan
Aktual

Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

11 Desember 2025
Haramain
Publik

Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

11 Desember 2025
Pemberitaan
Aktual

Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

11 Desember 2025
Korban Bencana Alam
Publik

ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

11 Desember 2025
Media yang
Aktual

Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

10 Desember 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan
  • Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan
  • Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi
  • Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan
  • ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID