• Login
  • Register
Selasa, 15 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Bagaimanakah Menjadi Muslim Modern di Indonesia?

Siti Nur Amanah Siti Nur Amanah
05/05/2020
in Personal
0
(sumber foto pexels.com)

(sumber foto pexels.com)

32
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Tulisan ini terinspirasi dari tulisan Dr. Nur Rofiah, Bil. Uzm. Dengan judul “Perempuan Muslim Modern: Bisakah tetap 100% Indonesia Lahir Bathin?” Di Indonesia semdiri, yang notabennya mayoritas penduduknya beragama Islam, dewasa ini kita seolah-olah dihadapkan pada kecenderungan dua budaya yaitu yang kearab-araban dan kebarat-baratan.

Hal tersebut bisa dilihat dari gaya berpakaian dan berbicara dimana muslim yang kecenderungan kearab-araban akan mengenakan pakaian layaknya orang arab pun dalam berbicara mereka gemar menggunakan panggilan akhi dan ukhti.

Bahkan lagu-lagu berbahasa arab kerap diperlakukan sebagai lagu islami meskipun berisi roman picisan. Karena mereka menganggap budaya arab merupakan gaya hidup islami yang memiliki nilai religius sehingga mereka harus bersikap, berpenampilan, dan berfikir seperti orang Arab.

Sedangkan mereka yang mempunyai kecenderuangan budaya kebarat-baratan akan berpenampilan, berbicara, dan bersikap seperti orang barat. Mereka menganggap budaya barat seperti rambut dicat pirang, cara berpakaian, dan gaya pergaulan dihayati sebagai sesuatu yang modern sehingga layak menjadi acuan biar dikatakan tidak ketinggalan zaman.

Kecenderungan dua budaya tersebut jika ditelan mentah-mentah tentu saja akan meleburkan identitas keIndonesiaan yang dimilikinya dan melahirkan krisis identitas karena keduanya mencabut dari tradisi asal.

Baca Juga:

Asma’ binti Yazid: Perempuan yang Mempertanyakan Hak-Haknya di Hadapan Nabi

Empat Prinsip NU Ternyata Relevan Membaca Krisis Ekologi

Ukhuwah Nisaiyah: Solidaritas Perempuan dalam Islam

Merawat Bumi Sebagai Tanggung Jawab Moral dan Iman

Lantas bagaimana menjadi muslim Indonesia Modern? Apakah harus mengikuti budaya orang Arab atau mengikuti budaya orang Barat? Demikian juga dalam hal panggilan, Apakah perlu kita menggunakan panggilan akhi dan ukhti untuk kecenderungan kearab-araban atau bro / brother dan sis / sister untuk kecenderungan kebarat-baratan hanya untuk dikatakan religious atau modern?

Padahal di Indonesia sendiri seperti yang kita ketahui banyak sekali panggilan senada dengan hal tersebut, Mbak – Mas, atau Teteh – Aa, dan masih banyak lagi panggilan lainnya.

Untuk menjadi modern atau disebut muslim Indonesia modern seperti yang dikatakan oleh Dr. Nur Rofiah, Bil. Uzm, kita tidak perlu jadi orang modern yang harus berpenampilan, berfikir, dan bersikap seperti orang Barat. Karena muslim Indonesia bukanlah orang Arab maupun Barat.

Dalam al-Hujurat/49:13, Allah menyuruh umat manusia untuk menghormati perbedaan jenis kelamin, suku, dan bangsa dengan cara saling mengenali (ta’aruf). Ayat tersebut juga menegaskan bahwa Allah tidak mengistimewakan jenis kelamin, suku, dan bangsa apa pun karena semuanya sama di mata Allah.

Sebab yang membedakan hanyalah tingkat ketaqwaan. Sehingga sudah seharusnya Ayat di atas menjadi dasar kita dalam merumuskan bahwa jati diri seorang Muslim adalah ketaqwaan yakni konsistensi kita untuk beriman kepada Allah dan berbuat kebajikan (amal shaleh) pada seluruh makhluk-Nya dengan selalu menjalankan perintah-Nya dan tentu saja menjauhi segala larangan-Nya serta menyanyangi semua mahluk ciptaan-Nya tanpa terkecuali.

Jadi, menjadi muslim Indonesia modern tidak perlu menjadi orang lain dengan meniru budaya Arab ataupun budaya Barat sehingga kehilangan jati diri, jati diri sebagai warga Indoensia. Cukup meningkatkan ketaqwaan kita. Karena muslim Indonesia bukanlah orang yang tinggal di Arab maupun Barat sehingga kita tidak perlu tunduk mutlak atau sebaliknya anti pati pada budaya tertentu (saklek).

Bukankah di Indonesia juga kita mengenal adat ketimuran, sopan santun, dan adat-istiadat lainnya yang tentu saja sejalan dengan ajaran Islam? Kita hanya perlu membuka diri pada hal-hal baik dan tentu saja tetap waspada pada hal-hal buruk dari budaya yang masuk.

Tidak semua budaya bisa cocok dan sesuai jika diterapkan di Indonesia. Meminjam kata-kata Dr. Nur Rofiah, Bil. Uzm, “menggunakan kemampuan panca indra, hati, dan akal secara bertanggungjawab”. Untuk menyaring semua budaya luar dengan tujuan memelihara hubungan baik dengan Allah sebagai sang pencipta, dan juga memelihara hubungan baik dengan semua makhluk-Nya sebagai pemimpin di muka bumi. Wallahu A’lam. []

Siti Nur Amanah

Siti Nur Amanah

Penulis adalah lulusan S1 IKIP PGRI Semarang tahun 2011, lulusan S2 Universitas Negeri Semarang tahun 2014, menjadi dosen Program Studi Ekonomi Syariah IAI Cirebon dan Pegiat Literasi IAI Cirebon.  Menulis buku Moderasi Islam di Era Disrupsi dalam Pandangan Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah (Sebuah antologi essay dari para cendikiawan Islam Jawa Barat dan Banten) tahun 2018.

Terkait Posts

Kesalingan

Kala Kesalingan Mulai Memudar

13 Juli 2025
Harapan Orang Tua

Kegagalan dalam Perspektif Islam: Antara Harapan Orang Tua dan Takdir Allah

12 Juli 2025
Berhaji

Menakar Kualitas Cinta Pasangan Saat Berhaji

11 Juli 2025
Ikrar KUPI

Ikrar KUPI, Sejarah Ulama Perempuan dan Kesadaran Kolektif Gerakan

11 Juli 2025
Life After Graduated

Life After Graduated: Perempuan dalam Pilihan Berpendidikan, Berkarir, dan Menikah

10 Juli 2025
Pelecehan Seksual

Stop Menormalisasi Pelecehan Seksual: Terkenal Bukan Berarti Milik Semua Orang

9 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Krisis Ekologi

    Empat Prinsip NU Ternyata Relevan Membaca Krisis Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Merawat Bumi Sebagai Tanggung Jawab Moral dan Iman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Asma’ binti Yazid: Perempuan yang Mempertanyakan Hak-Haknya di Hadapan Nabi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ukhuwah Nisaiyah: Solidaritas Perempuan dalam Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Ronggeng Dukuh Paruk dan Potret Politik Tubuh Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Asma’ binti Yazid: Perempuan yang Mempertanyakan Hak-Haknya di Hadapan Nabi
  • Empat Prinsip NU Ternyata Relevan Membaca Krisis Ekologi
  • Ukhuwah Nisaiyah: Solidaritas Perempuan dalam Islam
  • Merawat Bumi Sebagai Tanggung Jawab Moral dan Iman
  • Jihad Perempuan Melawan Diskriminasi

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID