Mubadalah.id – Dalam fatwa keagamaan mainstream, masih banyak sebagian orang yang menganggap bahwa perempuan memiliki potensi pesona (fitnah) yang menggoda dan mengganggu stabilitas moral publik yang mayoritas berisi laki-laki.
Karena potensi fitnah inilah, dalam logika beragama sementara ini, mengapa semua keburukan itu terjadi. Lalu, fatwa yang dikeluarkan seringnya adalah agar para perempuan mengurangi potensi fitnah tersebut dengan banyak berada di dalam rumah.
Jikapun harus keluar di ruang publik, hanya dibolehkan jika benar-benar tidak menebarkan pesona (fitnah) kepada publik laki-laki.
Faktor penentu ada atau tidaknya pesona perempuan ini dan dampak buruknya pada masyarakat adalah standar kehidupan laki-laki. Perempuan menjadi objek hukum, pihak yang diputuskan hukumnya.
Atas dasar standar laki-laki, bolehkah atau halal haramkah, seorang perempuan keluar rumah, belajar, bekerja, bepergian, atau sekadar bersenang-senang. Standarnya adalah sejauh mana keberadaan mereka memesona dan mengganggu laki-laki.
Lalu, fatwa yang keluar adalah halal atau haram aktivitas perempuan berdasarkan standar tersebut. Atau batasan-batasan yang harus perempuan ikuti, juga atas dasar standar laki-laki.
Begitu pun ketika para perempuan mereka berikan fatwa untuk berada di dalam rumah. Haram berada di ranah publik, atau setidaknya tidak agama sarankan.
Lalu, pekerjaan yang mereka anjurkan di dalam rumah, selama ini, adalah semua hal yang mengarah pada layanan untuk suami dan anggota keluarga. Sedikit saja salah dalam hal ini, mereka akan mereka cap sebagai orang yang tidak salihah. Sama sekali tidak layak menghuni surga.
Bahkan, tidak sedikit ancaman-ancaman neraka dan laknat malaikat yang mengarah kepada mereka. Hak-hak mereka di dalam rumah tidak muncul secara cukup dan seimbang dalam narasi keagamaan.
Dengan narasi keagamaan semacam ini, tidak sedikit tokoh agama yang kemudian tidak sadar dengan fakta-fakta kekerasan, ketidakadilan, dan kezaliman yang secara nyata para perempuan alami.
Absen dari Rumusan Fatwa
Realitas dan pengalaman para perempuan ini menjadi absen dalam banyak rumusan fatwa yang mereka keluarkan, terutama nasihat-nasihat keagamaan yang sehari-hari para ulama, ustadz, dan tokoh agama sampaikan.
Alih-alih memberi dukungan, menguatkan, dan memberdayakan, kebanyakan dari mereka hanya memberi batasan-batasan sosial, dengan mengharamkan berbagai hal kepada para perempuan.
Batasan-batasan ini, bisa jadi maksudnya melindungi, tetapi mereka tidak sadar, atau tidak mau tahu, bahwa faktanya justru mengurangi akses manfaat hidup dari perempuan, melemahkan posisi dan kapasitas mereka, bahkan merendahkan martabat kemanusiaan mereka.
Dengan batasan-batasan ini, para perempuan semakin lemah, terpuruk, dan sulit menghindar dari kekerasan yang ia alami selama ini. Misalnya, faktanya justru rumah menjadi tempat yang tidak aman bagi banyak perempuan. Kemudian tanpa nafkah, mengalami berbagai kekerasan fisik dan psikis, pelecehan seksual, bahkan perkosaan oleh laki-laki kerabat terdekat sendiri. []