Mubadalah.id – Langkung luhuring estri (lebih dari perempuan yang utama). Begitu penjelasan makna kata prameswari (atau parameswari), yang tertulis di salah satu sudut Pameran Parama Iswari: Mahasakti Keraton Yogyakarta. Pameran yang berlangsung sejak 5 Oktober 2024 hingga 26 Januari 2025, itu menampilkan sejarah peran para prameswari (ratu) dari Kesultanan Yogyakarta (Mataram Islam).
Mungkin, banyak dari kita yang sering membayangkan seorang ratu sebagai perempuan pingitan dalam istana. Perempuan yang seakan hanya menjadi pigura untuk sang raja di istana. Suatu imajinasi tentang seorang ratu yang bukan berangkat dari akar sejarah Nusantara.
Realitas sejarah kerajaan-kerajaan di kawasan ini justru banyak menampilkan kelampauan para ratu yang sebaliknya. Seperti, sejarah kesaktian para prameswari dalam pameran ini.
Melampaui Imajinasi Patriarki: Sejarah Prameswari dalam Aktivitas Keprajuritan
Mas Rara Juwita atau GKR Kadipaten (GKR: Gusti Kanjeng Ratu) merupakan seorang prameswari yang terlibat dalam aktivitas keprajuritan di garis depan. Prameswari Sri Sultan Hamengku Buwono I ini bahkan menjadi seorang lurah (pemimpin) untuk satuan korps estri (perempuan) yang bernama Prajurit Langenkusuma.
Dari atribut Prajurit Langenkusuma di Pameran Parama Iswari, kita dapat mengetahui kalau mereka adalah para perempuan yang ahli menggunakan berbagai senjata. Di mana, di antara perlengkapan Prajurit Langenkusuma terdapat patrem (belati), tombak, tameng, senapan, dan panah.
Hal ini cukup menjelaskan kalau GKR Kadipaten bukan sosok ratu dalam sangkar istana yang hanya tahu berhias diri. Ia merupakan seorang ratu sekaligus prajurit yang ahli menggunakan senjata. Tidak hanya itu, sebagai lurah prajurit, ia juga memiliki kemampuan memimpin dan melatih pasukannya.
Selain GKR Kadipaten, ada lagi Dewi Andayaningrat atau GKR Sultan yang juga terlibat dalam aktivitas keprajuritan. Prameswari Sri Sultan Hamengku Buwono II ini mengawali karir di Keraton Yogyakarta sebagai Prajurit Langenkusuma, hingga kemudian menjadi Ratu Sri Sultan.
Selain punya pengalaman sebagai prajurit, prameswari yang satu ini juga hebat dalam diplomasi. Sebagaimana Babad Matarwis menceritakan peran penting GKR Sultan dalam upaya memulangkan Sri Sultan Hamengku Buwono II dari pengasingan di Saparua kembali ke Yogyakarta.
Dua sosok prameswari itu memberi kita gambaran perihal figur ratu Nusantara yang melampaui imajinasi patriarki. Figur mereka menjelaskan kalau ratu bukan sekadar perempuan pingitan istana, dan juga perempuan bukan makhluk lemah tidak berdaya.
Sejarah prameswari menampilkan ratu yang mampu mengisi peran garis depan dengan kesaktian yang mereka miliki. Itu menunjukkan kalau mereka bukan sekadar pigura di istana dan juga bukan makhluk tidak berdaya. Sebagai prajurit, para ratu ini bahkan mampu melakukan amuk di medan perjuangan.
Membantah Anggapan Patriarki: Sejarah Prameswari dalam Tradisi Pengetahuan
Sejarah prameswari juga membantah cara pandang patriarki, yang sering menilai perempuan sebagai makhluk emosional yang lemah akal. Nyatanya perempuan juga punya wawasan (daya akal) yang luas. Bahkan, pada masanya, mereka mampu mewarnai tradisi pengetahuan, sesuatu yang tidak semua laki-laki bisa melakukannya.
GKR Hageng merupakan salah seorang prameswari yang mewarnai tradisi pengetahuan di Keraton Yogyakarta. Sosok Prameswari Sri Sultan Hamengku Buwono VI ini, sangat penting bagi perkembangan tradisi penulisan naskah di keraton pada abad ke-19 M.
Di Pameran Parama Iswari, kita dapat melihat replika manuskrip Serat Nitik Sultan Agung. Peran GKR Hageng sangat penting dalam menghadirkan serat tersebut, yang memuat uraian sejarah, filsafat, dan tata negara semasa pemerintahan Sultan Agung. Ia yang memprakarsai penulisan ulang teks tersebut untuk menjadi bacaan bagi calon raja. Selain serat tersebut, nama GKR Hageng juga tercatat sebagai pemprakarsa penulisan manuskrip Serat Panji Musna dan Serat Manikmaya.
Tidak hanya dalam penulisan kitab, ada juga sejarah di mana prameswari berperan dalam perkembangan ajaran keagamaan. Semisal, peran GKR Kadipaten yang membuka kawasan Tegalrejo. Selain sebagai pesanggrahan, kawasan itu juga menjadi pemukiman santri tempat berkembangnya ajaran Syattariyah. Hal ini menunjukkan adanya peran prameswari dalam menciptakan kawasan untuk belajar ilmu pengetahuan.
Andil para prameswari terhadap tradisi pengetahuan pada masanya, baik dalam khazanah naskah maupun perkembangan ajaran agama, menunjukkan kalau mereka adalah perempuan yang punya wawasan dan perhatian terhadap ilmu pengetahuan.
Mereka bukan sekadar sosok emosional, melainkan figur yang memiliki akal cerdas dan wawasan yang luas. Dengan daya sakti itu, mereka mampu memberi sumbangsih terhadap perkembangan tradisi pengetahuan pada masanya.
Kuasa Prameswari Memilih Jalan Kemuliaan
Di satu sudut pameran, tertulis perkataan dari GKR Hemas, Prameswari Sri Sultan Hamengku Buwono X, bahwa, “Perempuan punya kuasa atas dirinya. Mereka berdaulat dan merdeka untuk menentukan langkahnya.”
Para prameswari, yang telah saya jelaskan, adalah perempuan-perempuan yang punya kuasa atas dirinya. Mereka sebenarnya tidak tertuntut untuk terlibat aktivitas keprajuritan maupun tradisi pengetahuan. Bisa saja mereka memilih jalan untuk sekadar menghias diri di istana. Sebab, pada dasarnya, tidak ada kewajiban bagi seorang prameswari untuk multi peran. Namun, mereka memilih jalan untuk melakukan peran-peran yang menurut mereka mulia.
Hal itu menjadikan mereka sebagai sosok ratu yang bukan sekadar pigura di istana. Melainkan, ratu yang punya kuasa untuk mendayakan kesaktiannya dalam jalan mulia. Ratu yang menentukan langkah pada jalan langkung luhuring estri. []