Minggu, 19 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Feodalisme di Pesantren

    Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7

    Membaca Buku

    Joglo Baca: Merawat Tradisi Membaca Buku di Tengah Budaya Scrolling

    Suhu Panas yang Tinggi

    Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi

    Sopan Santun

    Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

    Aksi Demonstrasi

    Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

    Pembangunan Pesantren

    Arsitek Sunyi Pembangunan Pesantren

    Eko-Psikologi

    Beginilah Ketika Kesalehan Individual dan Sosial Bersatu Dalam Eko-Psikologi

    Sampah Plastik

    Menyelamatkan Laut dari Ancaman Sampah Plastik

    Budaya Pondok Pesantren

    Budaya Pondok Pesantren yang Disalahpahami

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Feodalisme di Pesantren

    Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7

    Membaca Buku

    Joglo Baca: Merawat Tradisi Membaca Buku di Tengah Budaya Scrolling

    Suhu Panas yang Tinggi

    Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi

    Sopan Santun

    Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

    Aksi Demonstrasi

    Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

    Pembangunan Pesantren

    Arsitek Sunyi Pembangunan Pesantren

    Eko-Psikologi

    Beginilah Ketika Kesalehan Individual dan Sosial Bersatu Dalam Eko-Psikologi

    Sampah Plastik

    Menyelamatkan Laut dari Ancaman Sampah Plastik

    Budaya Pondok Pesantren

    Budaya Pondok Pesantren yang Disalahpahami

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Covid 19 dan Cerita Perempuan Berbagai Negeri (1)

Ruby Kholifah Ruby Kholifah
3 Agustus 2020
in Pernak-pernik
0
Covid 19 dan Cerita Perempuan Berbagai Negeri (1)

(sumber foto piqsels.com)

35
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Tulisan ini terinspirasi dari cerita-cerita para perempuan pekerja perdamaian yang hadir dalam konferensi secara online pada tanggal 2 April 2020, yang diselenggarakan oleh International Civil Society Network (ICAN). Konferensi selama tiga jam melalui media Zoom ini (selanjutnya disebut konferensi ICAN) dihadiri oleh para perempuan agent perdamaian dari berbagai negara diantaranya adalah Afghanistan, Pakistan, Srilanka, Kashmir, Jordania, Tunisia, Uganda, Kenya, Cameroon, Maldives, Indonesia dan sebagainya.

Total peserta ada 30 orang, yang kesemuanya merupakan anggota ICAN, saya adalah satu-satunya yang mewakili Indonesia maupun Asia Tenggara. Untuk mendapatkan kedalaman data, saya juga menambahkan data-data dari media, jurnal dan laporan-laporan yang ditulis oleh pihak lain untuk melengkapi data-data dan sekaligus mendetilkan dengan narasi-narasi yang pernah dirilis oleh media-media populer.

Cerita perempuan di wilayah konflik Palestina sepertinya menarik menjadi pembuka tulisan, dengan membaca situasi lock down dari kaca mata perempuan. Berikut ceritanya.

“Saya tidak pernah membayangkan dalam hidup saya bahwa akan ada suatu hari dimana saya melihat Polisi Palestina memaksa orang-orang Palestina di desa dan di kota untuk tidak keluar rumah pada jam-jam tertentu. Saya cukup tua untuk mengingat bahwa biasanya yang melakukan itu adalah Polisi Israel mengumumkan pembatasan jam, khususnya selama Intifada Pertama ” (Siham Rishmawi, 63 tahun, seorang ibu dari Palestina dari Beit Sahur, Bethlehem Selatan. Intifada yaitu rangkaian protes rakyat Palestina kepada Israel yang melakukan pendudukan di wilayah the West Bank and Gaza

Penyataan dari Rishmawi yang dikutip oleh the Jerusalem Post (jpost.com), pada tanggal 12 Maret 2020 adalah pemandangan tidak lazim di Palestina sebagai konsekuensi dari kebijakan Lock Down yang diberlakukan oleh pemerintah Palestina untuk memutus rantai penyebaran Covid 19. Lucy Talgieh, seorang aktifis perdamaian dari Palestina juga menceritakan hal yang sama pada saat pertemuan konferensi ICAN.

Lucy menambahkan bahwa kebijakan Lock Down dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh Palestina, menimbulkan dampak yang serius bagi perempuan, khususnya mereka yang bekerja di sektor informal. Menurutnya, perempuan harus memikul beban double dengan penyebaran virus ini, karena mereka yang biasanya merawat anggota keluarga yang sakit.

Padahal disisi lain, mereka juga dibebani untuk mencari uang. Dalam kebijakan lock down, semua tempat-tempat berpotensi menjadi tempat berkumpul misalnya gereja, masjid, gedung perkawinan, restoran, kafe, ditutup untuk menghentikan rantai penyebaran. Check points (tempat pemeriksaan) dibangun di mana-mana di kota Bethlehem untuk mengontrol mobilitas orang.

Kondisi serupa juga ditemui di negara-negara seperti Jordan, Srilanka, Afghanistan, Tunisia, India, Kenya, Cameroon, Uganda dan tentu saja yang sudah duluan melakukan lock down adalah China, Itali, Spanyol, Maldives, Irlandia. Visaka Dharmadasa, Pendiri Asosiasi Perempuan Penyintas dan keluarga orang yang hilang di Srilanka, juga membenarkan bahwa lock down, membuat orang para pekerja informal perempuan kehilangan rantai ekonomi mereka.

Bahkan dikatakan oleh Visaka bahwa kekerasan domestik mulai bermunculan di saat orang dalam kondisi stress dan terkurung di dalam rumah. Negara kecil seperti Maldives juga mengalami dampak yang sangat serius dari Covid 19, apalagi negeri yang berisi pantai ini menggantungkan hidup mereka dari import dan pariwisata.

Di Afghanistan, menurut tuturan Humaira, dokter perempuan dan juga aktifis, pemerintah Afghanistan telah berupaya sangat keras, tetapi banyak pasien positif tidak bisa tertangani dengan maksimal karena terbatasnya akses medis. Apalagi kondisi Afghanistan yang mengalami konflik berkepanjangan tentu saja membuat situasi semakin buruk.

Kemiskinan yang mendera dan sulitnya mendapatkan pekerjaan juga faktor yang memperburuk situasi hidup di bawah Pandemic Covid 19. Perempuan lebih banyak melakukan unpaid work karena peran gender yang dikonstruksi oleh masyarakat sebagai care giver (seseorang dalam keluarga yang melakukan peran melayani anggota keluarga) atau care taker (orang yang diminta untuk melakukan pekerjaan melayani).

Tulisan ini ingin melihat bagaimana perempuan di berbagai sektor terdampak oleh Pandemic Covid 19, khususnya perempuan di sektor informal yang bergantung pada income harian. Penulis juga tertarik melihat mulai meningkatnya kekerasan dalam rumah tangga seiring dengan diberlakukannya lock down atau isolasi diri. Di bagian akhir tulisan, akan ada analisis mengapa perempuan begitu rentan terdampak dalam Pandemic Covid 19? Bagaimana para perempuan agent perdamaian melakukan respon di tengah krisis ini?

Perempuan di Sektor Informal; Tak Bergaji, Tak Terlindungi

4.1 Juta pekerja industri Garmen di Bangladesh dalam kondisi kritis saat ini. Meskipun pemerintah Bangladesh tidak mengumumkan lock down, tetapi banyak order dari perusahaan fashion global yang dibatalkan dan ditunda kontrak karena krisis corona, seperti yang dilaporkan oleh Pusat Study Hak Buruh Global dan Konsosium Hak-Hak Pekerja (WRS). Mayoritas pekerja adalah perempuan yang sebagian besar dari mereka adalah pencari nafkah utama.

Meskipun pemerintah Bangladesh tidak pernah mengumumkan secara tegas kebijakan lock down, tetapi secara perlahan semua pabrik-pabrik garmen, textil dan sepatu mengumumkan tutup. Negara-negara di mana pabrik-pabrik bekerja seperti China, Vietnam, Indonesia, India, juga merasakan dampak yang tidak jauh berbeda.

Chul Sreymom, pekerja di Pabrik Sangwoo, Phnom Penh Kamboja, sudah lama bekerja di pabrik fashion merek ternama. Chul melihat ada 60 teman-temannya telah dirumahkan, padahal mereka pencari nafkah di keluarganya. Dia takut giliran dia yang berikutnya.” Saya tidak tahu mau kerja apa, bekerja di perusahaan garmen sudah dilakukan seumur hidupnya,” kata perempuan berumus 40 tahun ini kepada Nikkei Asian Review.

Di Indonesia sendiri sekitar 3 Juta buruh terdampak secara serius akibat kebijakan pembatasan sosial . Seperti yang dilaporkan oleh CNBC Indonesia (cnbcindonesia.com) bahwa sudah banyak buruh dirumahkan karena alasan pengurangan produksi.

KSPI sudah memprediksikan bahwa akan ada PHK besar-besaran dalam dua bulan ke depan karena ketersediaan bahan baku untuk industri manufaktur mulai menipis, khususnya bahan baku impor dari negara-negara yang terdampak corona. Selain itu, pelemahan rupiah terhadap dolar juga berpengaruh pada gulung tikarnya industri.

Tidak hanya di industri garmen yang terdampak, perempuan pekerja informal, seperti penjual sayur, ikan, dan bahan makanan sehari-hari yang biasanya ada di pasar juga akan kehilangan rantai ekonomi mereka secara pelan tapi pasti. India yang memberlakukan lock down selama 21 hari, sangat berdampak pada pekerja harian yang kebanyakan imigran.

Bukan saja menutup bisnis yang bukan esensial, tetapi juga tempat-tempat berkumpul seperti sekolah, tempat ibadah, kafe, restoran, termasuk pasar tradisional juga dinyatakan tutup. Para petugas keamanan tidak sungkan-sungkan melakukan pemukulan dan tindakan paksa lainnya kepada pada pedagang yang masih berusaha beraktifitas di pasar-pasar.

Para perempuan pedagang sayur di India harus berjalan door to door ke pelanggan mereka untuk bisa tetap menghasilkan uang yang cukup. Dibandingkan dengan berdagang di pasar, tentu saja door to door menguras extra waktu dan energi bagi perempuan, sehingga semakin lama dia berada di luar rumah.

Kebijakan tutup sekolah di Indonesia juga berdampak pada pedagang kecil yang biasanya berjualan di sekolah. Nurni, ibu yang bekerja di salah satu kantin SD di Rawamangun. Karena sekolah libur, dia juga diliburkan tetapi tidak mendapat upah. Padahal, jika dia bekerja, dia mendapatkan upah Rp 60.000 per hari. Saat ini, dia tinggal bersama anaknya, tetapi anaknya tidak bekerja lagi, suaminya merantau di Pekan Baru tanpa ada kabar. (kompas.id)

Bahkan bagi Humaira dari Kashmir, yang masih mengalami konflik, menemukan kelompok trans gender, minoritas lainnya mulai kehilangan pekerjaan mereka karena pembatasan keluar rumah. Bukan saja kehilangan pekerjaan, kelompok ini juga semakin rentan karena status sosial mereka yang di mata publik juga kurang mendapatkan perhatian. Mereka dianggap kelompok devian sehingga memungkinkan mendapatkan diskriminasi pada kondisi saat ini.

Perempuan di sektor formal yang paling rawan terdampak adalah sektor kesehatan. WHO melaporkan ada 70% tenaga medis di dunia ini adalah perempuan. Sayangnya dalam laporan Human Resources for Health Observer Series No. 24 yang berjudul “Delivered by Women, Led by Men, A Gender and Equity Analysis of the Global Health and Social Workforce’ menekankan bahwa Global health is delivered by women and led by men, and that is neither fair nor smart (kesehatan global itu dikerjakan oleh perempuan, dipimpin oleh laki-laki. Ini sangat tidak fair ataupun cerdas).

Dalam kenyataannya, meskipun jumlah perempuan lebih banyak, mereka menempati posisi bawah dan digaji rendah, rentan diskriminasi dan kekerasan. Mereka juga rentan perlindungan pada kesehatan reproduksinya. Apalagi dalam pekerjaan yang sangat rapid selama penanganan kasus di RS, banyak pekerja medis tidak diperkenankan pulang karena untuk pencegahan penularan, sehingga sudah pasti setiap menstruasi tiba mereka akan membutuhkan pembalut higienis, yang entah tersedia atau tidak. (Bersambung)

Ruby Kholifah

Ruby Kholifah

Country Representative The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia

Terkait Posts

Feodalisme di Pesantren
Kolom

Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7

18 Oktober 2025
Membaca Buku
Publik

Joglo Baca: Merawat Tradisi Membaca Buku di Tengah Budaya Scrolling

18 Oktober 2025
Siti Ambariyah
Figur

Menelaah Biografi Nyai Siti Ambariyah; Antara Cinta dan Perjuangan

18 Oktober 2025
Keterbukaan
Hikmah

Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

18 Oktober 2025
Suhu Panas yang Tinggi
Publik

Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi

18 Oktober 2025
Rumah Tangga dalam
Hikmah

Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

18 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Guruku Orang-orang dari Pesantren

    Guruku Orang-orang dari Pesantren; Inspirasi Melalui Lembaran Buku KH. Saifuddin Zuhri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Arsitek Sunyi Pembangunan Pesantren

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7
  • Joglo Baca: Merawat Tradisi Membaca Buku di Tengah Budaya Scrolling
  • Menelaah Biografi Nyai Siti Ambariyah; Antara Cinta dan Perjuangan
  • Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga
  • Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID