• Login
  • Register
Kamis, 3 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Inti Keberagamaan dalam Islam

Meskipun mereka berbeda-beda latar belakang sosial, suku, agama, jenis kelamin, kebangsaan, dan sebagainya. Mereka adalah sama-sama ciptaan dan hamba-hamba Allah Swt.

Redaksi Redaksi
17/04/2025
in Hikmah, Pernak-pernik
0
Keberagamaan dalam Islam

Keberagamaan dalam Islam

697
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Mengesakan Allah Swt adalah inti keberagamaan dalam Islam. Itu adalah awal dan akhir dari sistem keberagamaan Islam. Kita diciptakan oleh Allah Swt dan pasti akan kembali kepada-Nya.

Tauhid tidak semata menjadi keyakinan di dalam hati, tetapi juga harus menjadi napas, jiwa, pikiran, gerak dalam hidup, dan kehidupan setiap Muslim.

Mengesakan dan memahabesarkan Allah Swt tidak hanya menjadi pengakuan yang tersembunyi dalam setiap jiwa dan hati Muslim.

Tauhid haruslah melahirkan konsekuensi sosial, teraplikasi, termanifestasi, dan terbuktikan dalam hubungan antarmanusia dan makhluk Allah Swt yang lain.

Seseorang yang bertauhid adalah yang menjadikan hanya Allah Swt yang paling agung, hanya Allah Swt yang paling besar, hanya Allah Swt yang paling mulia, hanya Allah Swt yang paling tinggi, dan hanya Allah Swt yang paling berkuasa atas segala hal.

Pemahaman ini selanjutnya membawa konsekuensi lain, yaitu bahwa seseorang yang bertauhid harus memandang semua makhluk Allah Swt setara dan sama di hadapan-Nya.

Baca Juga:

Egoisme dan Benih Kebencian Berbasis Agama

Tafsir Sakinah

Islam Menolak Kekerasan, Mengajarkan Kasih Sayang

Kisah Ibunda Hajar dan Sarah dalam Dialog Feminis Antar Agama

Meskipun mereka berbeda-beda latar belakang sosial, suku, agama, jenis kelamin, kebangsaan, dan sebagainya. Mereka adalah sama-sama ciptaan dan hamba-hamba Allah Swt.

Ini berarti bahwa seseorang yang bertauhid tidak boleh merasa atau menganggap hidupnya lebih tinggi dan lebih mulia daripada orang lain.

Kerja-kerja Kebaikan

Keunggulan dan kemuliaan hamba-hamba Allah Swt di hadapan-Nya hanyalah mereka yang mengesakan-Nya dan yang melakukan kerja-kerja yang baik dan berguna untuk diri dan sesamanya.

Orang yang merasa atau mengaku dirinya lebih besar, lebih tinggi, lebih mulia, dan lebih terhormat daripada orang lain pada hakikatnya telah melakukan kesombongan diri, merendahkan ciptaan Allah Swt., dan menyamakan kedudukan dirinya dengan Allah Swt. Ia telah melanggar prinsip keesaan Allah Swt ini.

Kesombongan diri inilah yang dilakukan oleh setan iblis ketika mengatakan, “Aku lebih baik daripada manusia karena ia diciptakan dari tanah, sedangkan aku diciptakan dari api.” Setan iblis telah merendahkan ciptaan Allah Swt.

Oleh karena itulah, Allah Swt. mengusirnya. Allahu Akbar secara harfiah berarti “Allah adalah eksistensi yang lebih besar dari selain Dia.”

Ucapan yang tampak singkat dan sederhana ini terbukti telah membawa pengaruh yang mahadahsyat dalam sistem kehidupan masyarakat. Itu telah menandai perubahan peradaban secara revolusioner. []

Tags: Allah SWTintiislamkeberagamanMengesakan
Redaksi

Redaksi

Terkait Posts

Laki-laki dan Perempuan dalam fikih

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

3 Juli 2025
Perceraian untuk

Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?

2 Juli 2025
Boys Don’t Cry

Boys Don’t Cry: Membongkar Kesalingan, Menyadari Laki-laki Juga Manusia

2 Juli 2025
Perceraian dalam

Perceraian dalam Fikih: Sah untuk Laki-Laki, Berat untuk Perempuan

1 Juli 2025
Fikih Perempuan

Fikih yang Kerap Merugikan Perempuan

1 Juli 2025
amar ma’ruf

Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

1 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Boys Don’t Cry

    Boys Don’t Cry: Membongkar Kesalingan, Menyadari Laki-laki Juga Manusia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Demianus si ‘Manusia Pembalut’ dan Perlawanan terhadap Tabu Menstruasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Egoisme dan Benih Kebencian Berbasis Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ironi: Aktivis Lingkungan Dicap Wahabi Lingkungan Sementara Kerusakan Lingkungan Merajalela

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vasektomi, Gender, dan Otonomi Tubuh: Siapa yang Bertanggung Jawab atas Kelahiran?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?
  • Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!
  • Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?
  • Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu
  • Melihat Lebih Dekat Nilai Kesetaraan Gender dalam Ibadah Umat Hindu: Refleksi dari SAK Ke-2

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID