• Login
  • Register
Kamis, 8 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Rekomendasi

Dear Lesti, Apa Yang Kamu Lakukan Sudah Tepat

Al-Quran dan hadits tegas melarang adanya kekerasan dalam rumah tangga. Maka tindakan Lesti yang segera melaporkan KDRT yang ia alami sudah tepat

Lutfiana Dwi Mayasari Lutfiana Dwi Mayasari
30/09/2022
in Rekomendasi
0
Dear Lesti

Dear Lesti

926
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dear Lesti, romansa cinta Leslar (Lesti-Billar) menjadi konsumsi publik jauh sebelum kalian masuk ke jenjang pernikahan. Kisah cinta ala anak muda yang “uwu” kerap dipertontonkan di wilayah publik. Hal itu terus berlanjut hingga ke jenjang pernikahan.  Konsep walimah Leslar bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia karena live di salah satu televisi swasta.

Maka, berita tentang KDRT yang Lesti alami dan dilakukan oleh pasangan halalnya tersebut sontak membuat warganet kaget. Banyak pihak yang tidak mengira, sosok Billar yang selama ini menunjukkan tanggungjawabnya sebagai seorang suami yang mencintai istri dan meyayangi anaknya tersebut tega melakukan KDRT.

Berdasarkan laporan yang Lesti sampaikan di Kepolisian, KDRT tersebut terjadi dua kali dalam sehari, dan dalam jangka waktu yang berdekatan. Yang lebih menyedihkan lagi, awal mula KDRT tersebut karena Lesti meminta dipulangkan ke ayahnya.

Lantas seperti apa sebenarnya Islam memandang KDRT? Bukannya Islam memiliki konsep nusyuz yang membolehkan suami memukul istri jika melakukan pembangkangan? Termasuk salah satunya ketika istri minta pulang pada keluarga apakah bagian dari nusyuz?

Nusyuz Bukan Legalisasi  KDRT

Dear Lesti, tahukah kamu ayat yang digunakan untuk melegalisasi KDRT atas nama nusyuz terdapat dalam Qs. An-Nisa ayat 34. Narasi fadribu yang memiliki arti memukul pada ayat tersebut juga memiliki aturan-aturan yang harus suami taati, yaitu pukulan yang tidak menyakitkan, tidak menyebabkan memar, tidak boleh meninggalkan bekas, dan tidak membahayakan fisik.

Baca Juga:

Tidak Ada Cinta Bagi Ali

Hari Buruh dan Luka Pekerja Rumah Tangga: Sampai Kapan RUU PPRT Dibiarkan Menggantung?

Soft Spoken: Menanamkan Nilai Tata Krama pada Anak Sedari Kecil

Menumbuhkan Relasi Kesalingan (Mubadalah) dari Rumah dan Sekolah

Jika melihat aturan tersebut, maka narasi memukul di situ memiliki makna qiyas yang sebenarnya bukan berarti memukul sebagaimana yang kita pahami. Karena secara nalar manusia, kita tidak bisa membayangkan bagaimana konsep memukul yang tidak menyebabkan rasa sakit?

Oleh karena itu, KH. Faqihuddin Abdul Kodir dalam kitab Manbaus Sa’adah dengan sangat tegas melarang untuk melakukan pemukulan meskipun dengan alasan mendidik. Karena inti dari perkawinan adalah bagaimana pasangan suami istri menjalankan mu’asyaroh bil ma’ruf atau memberlakukan pasangan secara bermartabat.

Dalam kitab yang sama juga ada penjelasan bahwa suami dan istri harus memiliki kesamaan visi untuk saling menghormati. Karena baik suami maupun istri dua-duanya adalah manusia maka harus kita perlakukan sebagaimana manusia. Memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan.

Teladan Nabi

Dear Lesti, Role model yang harus selalu menjadi rujukan tentunya adalah bagaimana Nabi Muhammad bersikap sangat lemah lembut terhadap istri-istrinya. Jika memang dalam narasi memukul tersebut mendatangkan kebaikan bagi istri tentu Nabi adalah orang pertama yang akan melakukannya. Namun tidak ada satupun ayat maupun hadits yang menceritakan bahwa nabi pernah memukul istrinya dengan dalih untuk kebaikan istrinya.

Hal ini sejalan dengan pesan dalam Al-Qur’an surat Ali Imron ayat 159, yang artinya;

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya”.

Ayat di atas bisa kita internalisasikan dalam kehidupan rumah tangga, bahwa ketika salah satu pihak baik suami maupun istri melakukan tindakan negatif, anjurannya adalah menyelesaikan dengan jalan yang baik. Mengutamakan musyawarah dan mencari solusi terbaik. Mengedepankan musyawarah, dan berorientasi pada kemaslahatan bersama. bukan menggunakan kekerasan yang melukai fisik maupun psikis pasangan.

Berdasarkan penjelasan tersebut di atas, tampak jelas bahwa KDRT bukanlah sesuatu yang bisa kita legalkan dengan dalih menegakkan nusyuz. Islam secara mutlak melarang adanya KDRT. Pada dasarnya laki-laki dan perempuan setara di depan Allah SWT. Baik suami maupun istri berpotensi untuk melakukan tindakan negatif yang dapat memunculkan relasi yang tidak baik dalam rumah tangga. Dan jika perilaku negatif tersebut terjadi, maka solusi penyelesaiannya harus mengedepankan musyawarah terlebih dahulu.

KDRT Masuk ke Ranah Hukum

Jika pasangan sudah berani melakukan kekerasan secara fisik pun dengan dalih nusyuz, maka tidak ada satupun ayat al-Quran maupun hadits yang membolehkan tindakan tersebut. Al-Quran dan hadits tegas melarang adanya kekerasan dalam rumah tangga. Maka tindakan Lesti yang segera melaporkan KDRT yang ia alami sudah tepat. Melaporkan KDRT juga bukan berarti membuka aib suami. Karena KDRT adalah tindakan kriminal yang harus mendapatkan hukuman yang setimpal.

Hal ini sebagaimana suatu kisah yang pernah terjadi di masa Rasullulah SAW. Suatu saat, datanglah istri yang mengadukan pemukulan yang suaminya lakukan. Nabi memberikan respon atas aduan para istri tersebut dengan mengeluarkan hadits bahwa sebaik-baik laki-laki adalah yang bersikap baik terhadap perempuan. Beliau juga tidak pernah memukul istri-istrinya bahkan kepada pembantunya sekalipun. Jadi, dear Lesti, apa yang kamu lakukan itu sudah tepat. []

 

Tags: KDRTkeluargaLestiNusyuzRizki Billarrumah tangga
Lutfiana Dwi Mayasari

Lutfiana Dwi Mayasari

Dosen IAIN Ponorogo. Berminat di Kajian Hukum, Gender dan Perdamaian

Terkait Posts

Vasektomi

Tafsir Sosial Kemanusiaan: Vasektomi, Kemiskinan, dan Hak Tubuh

8 Mei 2025
Barak Militer

Mengasuh dengan Kekerasan? Menimbang Ulang Ide Barak Militer untuk Anak Nakal

7 Mei 2025
Hak Penyandang Disabilitas

Menilik Kiprah Ulama Perempuan dalam Menguatkan Hak Penyandang Disabilitas

6 Mei 2025
Penguatan Perempuan

Doa, Mubadalah, dan Spirit Penguatan Perempuan: Catatan Reflektif dari Kuala Lumpur

5 Mei 2025
Hari Buruh

Semua Adalah Buruh dan Hamba: Refleksi Hari Buruh dalam Perspektif Mubadalah

4 Mei 2025
Kisah Sopyah

Kisah Sopyah dan Pentingnya Pendidikan bagi Masa Depan Perempuan

3 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Vasektomi

    Tafsir Sosial Kemanusiaan: Vasektomi, Kemiskinan, dan Hak Tubuh

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kritik Syaikh Al-Ghazali atas Diskriminasi Kesaksian Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jangan Nekat! Pentingnya Memilih Pasangan Hidup yang Tepat bagi Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kopi Kamu: Ruang Kerja Inklusif yang Mempekerjakan Teman Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menikah sebagai Kontrak Kesepakatan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Kopi Kamu: Ruang Kerja Inklusif yang Mempekerjakan Teman Disabilitas
  • Menikah sebagai Kontrak Kesepakatan
  • Jangan Nekat! Pentingnya Memilih Pasangan Hidup yang Tepat bagi Perempuan
  • Cara Membaca Ayat Kesaksian Perempuan Menurut Ibnu Rusyd dan Ibnu Al-Qayyim
  • Keheningan Melalui Noble Silence dan Khusyuk sebagai Jembatan Menuju Ketenangan Hati

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version