• Login
  • Register
Jumat, 11 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Kampung Arab, Becak, dan Perempuan

Kita tahu, dalam Islam, hubungan lelaki dan perempuan yang belum/bukan muhrim tak boleh berdekatan, bersentuhan, dan larangan lainnya.

M. Baha Uddin M. Baha Uddin
31/01/2025
in Pernak-pernik
0
Becak

Becak

1.8k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Semasa kecil, pengakraban kita terhadap dunia luar dan sekitar selain dengan medium mainan atau pengisahan cerita, bisa juga lewat pendengaran lagu. Indonesia memiliki lagu-lagu anak berjubel. Lagu bertema makanan, binatang, hingga kendaraan. Tema terakhir memuat lagu Naik Delman, Naik Kereta Api, Naik Becak, dan lainnya.

Lagu Naik Becak karangan Ibu Sud memiliki keterhubungan akan keikutsertaan saya mengikuti perjalanan Komunitas Soerakarta Walking Tour rute Kampung Arab Kota Surakarta pada 28 Desember 2024 silam. Selain mewartakan pengisahan sejarah ihwal tempat, kuliner, dan arsitektur, kanon kebudayaan pun tak luput dari pembahasan.

Satu dari sekian banyak kebudayaan Komunitas Kampung Arab di Pasar Kliwon ialah penggunaan alat transportasi becak. Kita sejenak merenungi pemaknaan tranportasi beroda tiga itu lewat lagu gubahan Ibu Sud tadi. Saya mau tamasya/ Berkeliling-keliling kota/ Hendak melihat-lihat keramaian yang ada/ Saya panggilkan becak/ Kereta tak berkuda/ Becak, becak, tolong bawa saya//.

Ibu Sud menggamit sempalan fungsi kendaraan beroda tiga itu sebagai armada rekreasi dan tamasya. Nah, di Kampung Arab Surakarta, ada relasi kuat antara becak dan kebudayaan mereka. Biar pun zaman sudah maju menghadirkan pelbagai moda transportasi online, tapi ia tetap menjadi armada favorit mereka.

Budaya Naik Becak

Saya merangkum pemaparan dua pengisah SWT—Muhammad Aprianto dan Nino S Basunindyo—ihwal kebudayaan masyarakat Kampung Arab Surakarta yang gemar menaiki becak. Gagasan dasarnya bahwa transportasi beroda tiga ini teranggap paling aman untuk digunakan, terutama bagi perempuan.

Baca Juga:

Peran Perempuan dan Perjuangannya dalam Film Sultan Agung

Membongkar Narasi Sejarah Maskulin: Marzuki Wahid Angkat Dekolonisasi Ulama Perempuan

Film Rahasia Rasa Kelindan Sejarah, Politik dan Kuliner Nusantara

Benarkah Feminisme di Indonesia Berasal dari Barat dan Bertentangan dengan Islam?

Kita tahu, dalam Islam, hubungan lelaki dan perempuan yang belum/bukan muhrim tak boleh berdekatan, bersentuhan, dan larangan lainnya.

Pada waktu perempuan-perempuan di Kampung Arab hendak pergi ke sekolah, pasar, atau tempat lainnya, pada saat yang sama tak ada keluarga yang bisa mengantarnya, maka becak menjadi jalan keluarnya. Becak memiliki struktur antara pengemudi dan penumpang terbatasi oleh dinding belakang. Pendeknya, ada pembatas dan tak berdekatan. Selain itu, konstruksinya pun terbuka.

Lain hal dengan ojek motor (baik konvensional atau daring) yang penumpang bakal berdempet-sentuhan dengan pengemudinya. Atau memakai jasa mobil/taksi yang walaupun berjarak tempat duduknya tapi ia amat tertutup. Hal-hal demikianlah yang masyarakat Arab hindari, khususnya di KMA Surakarta.

Kehati-hatian yang terpegang oleh perempuan-perempuan KMA di Surakarta sejalan dengan kaidah Ushul Fikih soal pertimbangan menolak mafsadat atau mengambil manfaat. Dar’ul mafasih muqoddamun ‘ala jalbil masholih (menolak kemadaratan lebih utama alih-alih mengedepankan kemaslahatan). Jika pun menggunakan moda transportasi cepat dan nyaman tapi itu lantas berpotensi madarat dengan alasan di atas tadi, maka lebih baik menghindarinya.

Simbol Kesederhanaan

Sekali pun lambat dan jauh dari kata nyaman, becak memberi kenyamanan dan ketentraman bagi penumpangnya. Bukankah selain tujuan keselamatan, komitmen moda transportasi, juga memberi kenyamanan bagi penumpangnya? Apalagi jika kenyamanan itu tegak lurus dengan kepercayaan atau keyakinan yang terpegang oleh penumpangnya.

Pada mulanya, becak memang digunakan sebagai alternatif transportasi pribadi yang sederhana dan murah. Ia menjadi transportasi andalan masyarakat karena efisiensinya di jalan-jalan sempit. Barang kali itu alasan lain KMA di Surakarta memilihnya sebagai transportasi andalan, wabil khusus bagi perempuan.

Kita melihat realitas, di sebagian kota-kota besar pamor si roda tiga menurun. Alasan menguar karena modernitas, efisiensi, dan kecepatan. Meski begitu, ia masih bertahan, salah satunya di telatah Pasar Kliwon Surakarta, tempat di mana Komunitas Masyarakat Arab menetap. Ia mewujud transportasi tradisional sekaligus komponen kebudayaan. Hingga kini, becak masih menjadi simbol kesederhanaan, kerendahan, dan kenyamanan. []

Tags: Becak dan PerempuanKampung ArabKebudayaan Naik BecaksejarahTradisitransportasi
M. Baha Uddin

M. Baha Uddin

Bergiat di Komunitas Serambi Kata

Terkait Posts

Gender

Islam dan Persoalan Gender

11 Juli 2025
Tauhid

Tauhid: Kunci Membongkar Ketimpangan Gender dalam Islam

11 Juli 2025
Tauhid dalam Islam

Tauhid: Fondasi Pembebasan dan Keadilan dalam Islam

11 Juli 2025
Membebaskan Manusia

Islam: Membebaskan Manusia dari Gelapnya Jahiliyah

11 Juli 2025
Berkeluarga

Berkeluarga adalah Sarana Menjaga Martabat dan Kehormatan Manusia

10 Juli 2025
Perempuan sebagai Fitnah

Sudah Saatnya Menghentikan Stigma Perempuan Sebagai Fitnah

10 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Berhaji

    Menakar Kualitas Cinta Pasangan Saat Berhaji

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ikrar KUPI, Sejarah Ulama Perempuan dan Kesadaran Kolektif Gerakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jalanan Jogja, Kopi yang Terlambat, dan Kisah Perempuan yang Tersisih

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Film Horor, Hantu Perempuan dan Mitos-mitos yang Mengikutinya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Life After Graduated: Perempuan dalam Pilihan Berpendidikan, Berkarir, dan Menikah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Islam dan Persoalan Gender
  • Negara Inklusi Bukan Cuma Wacana: Kementerian Agama Buktikan Lewat Tindakan Nyata
  • Tauhid: Kunci Membongkar Ketimpangan Gender dalam Islam
  • Peran Perempuan dan Perjuangannya dalam Film Sultan Agung
  • Tauhid: Fondasi Pembebasan dan Keadilan dalam Islam

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID