Kamis, 11 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    pemberitaan

    Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT

    standar kecantikan

    Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    Pemberitaan

    Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Laras Faizati

    Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

    Haramain

    Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    pemberitaan

    Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT

    standar kecantikan

    Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

    Pemberitaan

    Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Laras Faizati

    Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan

    Haramain

    Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

    Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Laki-laki dan Sejarah Gerakan Perempuan Indonesia

Sejarah Nusantara mengajarkan, jika menghendaki kemajuan bangsa, maka baik kaum laki-laki maupun perempuan harus selalu topang-menopang, bukan saling blok, apalagi menempatkan sebagian pihak dalam posisi kelas dua

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
26 Juli 2021
in Personal, Rekomendasi
0
Laki-laki

Laki-laki

326
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Gerakan perempuan mengupayakan kesetaraan tidak berarti untuk menandingi peran laki-laki. Oposisi biner (perbandingan antara laki-laki dan perempuan) bukan cita-cita feminisme. Maksud gerakan tersebut begitu sederhana, adalah untuk menghormati perempuan sebagai manusia, bukan makhluk kelas dua yang bisa direndahkan. Dengan kata lain, merupakan upaya membela maupun memajukan nasib kaum perempuan.

Sejalan dengan itu, Nadya Karima Melati dalam bukunya Membicarakan Feminisme menjelaskan perihal siapa itu feminis. “Feminis adalah orang yang memiliki kesadaran, tepatnya kesadaran yang berpihak kepada yang tertindas setelah menganilisis bahwa ada relasi tidak imbang berlandaskan seks/gender….”

Jadi, lawan feminisme bukan budaya apalagi agama, pun bukan kaum laki-laki. Melainkan, adalah patriarki, ketidakadilan terhadap kaum perempuan. Sebab, hal itu jelas dapat memasung kebahagiaan manusia yang disebut perempuan.

Apa Laki-laki juga Harus Berkesadaran Keadilan Gender?

Sujatin Kartowijono berkata–sebagaimana dikutip dari buku Sujatin Kartowijono: Mencari Makna Hidupku, disusun oleh Hanna Rambe–bahwa, “Hanya penindasan oleh pria terhadap wanita, kukira bukan perintah Tuhan. Kehendak Tuhan, pria dan wanita saling mengasihi, hidup selaras jika membentuk keluarga.”

Kesadaran berpihak kepada kaum tertindas sepantasnya ada di hati setiap manusia, baik perempuan maupun laki-laki. Karenanya, upaya membela nasib kaum perempuan seharusnya menjadi kesadaran bersama. Sebab, baik laki-laki maupun perempuan pada dasarnya tidak ingin ada pihak yang terjajah. Kita sama-sama ingin bahagia dalam hidup ini.

Dalam perspektif Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI), terdapat garis yang membedakan term “perempuan ulama” dan “ulama perempuan”. Perempuan ulama adalah semua yang berjenis kelamin perempuan dan memiliki kapasitas keulamaan. Sementara, ulama perempuan adalah semua ulama, baik itu dari kaum laki-laki maupun perempuan, yang memiliki kesadaran dan mengamalkan perspektif keadilan gender.

Sebagaimana Hasanatul Jannah dalam bukunya Ulama Perempuan Madura: Otoritas dan Relasi Gender menjelaskan: “…kata ‘perempuan’ bisa memiliki dua makna: biologis dan ideologis. Dari sisi biologis, adalah orang yang memiliki kemaluan perempuan (dapat menstruasi, hamil, melahirkan, dan menyusui), sedangkan sisi ideologis, adalah orang yang memiliki perspektif, kesadaran, dan gerakan keberpihakan pada perempuan untuk mewujudkan keadilan relasi dengan laki-laki, baik dalam kehidupan keluarga maupun sosial. Dua pemaknaan ini digunakan untuk membedakan kata ‘perempuan ulama’ dan ‘ulama perempuan’.”

Dari sini kita bisa paham, kalau kesadaran berkeadilan gender tidak hanya terbatas untuk perempuan, namun sepantasnya juga ada pada kaum laki-laki. Karenanya, tidak berlebihan jika ada laki-laki yang berkesadaran keadilan gender ikut mengupayakan perbaikan nasib kaum perempuan. Kalau pun belum mampu bergerak, sekurangnya tidak mencibir mereka yang mengupayakan keadilan gender.

Laki-laki dan Gerakan Perempuan dalam Sejarah Bangsa

Pada 22 Desember 1928, untuk pertama kali dilaksanakan Kongres Perempuan Indonesia. Sekitar seribu orang dari perwakilan 30 organisasi perempuan hadir. Dan, di momen yang paling bersejarah dalam gerakan perempuan Indonesia itu, juga turut serta beberapa organisasi laki-laki.

Ny. Sujatin Kartowijono selaku penggagas Kongres Perempuan Indonesia mengakui bahwa Ki Hajar Dewantara (seorang laki-laki) turut andil bagian dalam terlaksananya kongres tersebut. “Orang yang banyak sekali memberi dukungan moral waktu itu dalam pekerjaan kami ialah Ki Hajar Dewantara,” ucap Ny. Sujatin (dikutip dari buku Sujatin Kartowijono: Mencari Makna Hidupku).

Berkaca dari usaha menyukseskan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, maka dalam gerakan memajukan nasib perempuan, kaum laki-laki juga sepantasnya memberi dukungan. Hal ini sangat dipahami oleh tokoh-tokoh sentral Indonesia waktu itu. Mereka sadar betul kalau upaya memajukan bangsa akan berjalan pincang jika kaum perempuan malah disepak ke pinggir medan perjuangan.

Karenanya, di masa melawan penjajah, perjuangan perempuan dan gerakan kemerdekaan bergandengan tangan dalam memperjuangkan nasib bangsa. Rasa persatuan antara perkumpulan perempuan dan laki-laki terjalin erat dalam upaya kemerdekaan Indonesia. Semuanya sama-sama ingin memajukan bangsa. Dan, salah satu syarat sebuah bangsa menjadi kuat, adalah kaum perempuannya memiliki nasib yang baik.

Ny. Sujatin Kartowijono berkata, “Salah satu hasil gemilang perjuangan bersama-sama itu ialah sebuah undang-undang dasar yang menempatkan wanita dan pria sejajar, terutama di muka hukum. Ini pasti bukan hasil pemikiran kaum pria belaka. Juga bukan karya kaum wanita saja. Aku yakin, hasil pemikiran kedua pihak yang menyadari bahwa membangun sebuah bangsa tidak mungkin hanya satu pihak yang lebih tinggi, yang lain lebih rendah. Keduanya justru harus saling menopang, menolong sesama bangsa.”

Sejarah Nusantara mengajarkan, jika menghendaki kemajuan bangsa, maka baik kaum laki-laki maupun perempuan harus selalu topang-menopang, bukan saling blok, apalagi menempatkan sebagian pihak dalam posisi kelas dua. Keadilan relasi antara perempuan dan laki-laki adalah salah satu kunci suksesnya perjuangan kemerdekaan Indonesia. []

Tags: Aliansi laki-Laki Barugerakan perempuankeadilan genderKesetaraan Laki-laki PerempuanLaki-laki dan perempuanrelasi laki-laki dan perempuanSejarah Indonesia
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Dewi Candraningrum
Figur

Menakar Pemikiran Dewi Candraningrum tentang Ekofeminisme

30 Oktober 2025
Ekofeminisme di Indonesia
Publik

Kajian Ekofeminisme di Indonesia: Pendekatan Dekolonisasi

20 Oktober 2025
Emmeline Pankhurst
Figur

Emmeline Pankhurst, Suffragist, dan Tuduhan “Blackmail Politik”

8 Oktober 2025
80 Tahun Indonesia
Publik

80 Tahun Ke(tidak)beragaman Indonesia: Membicarakan Konflik Sesama Bangsa dari Masa ke Masa

17 Agustus 2025
keadilan Gender
Hikmah

Keluarga: Sekolah Pertama untuk Menerapkan Prinsip Keadilan Gender

2 Agustus 2025
Gerakan Ekofeminisme
Publik

Quo Vadis Gerakan Ekofeminisme di Timur Tengah

1 Agustus 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Korban Bencana Alam

    ROI: Mengenal Istilah Penyebab Pejabat Datangi Korban Bencana Alam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Media dan Bias dalam Pemberitaan Kekerasan terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Haenyeo Melawan Kiamat Iklim: Nafas Terakhir Penjaga Laut Jeju
  • Tantangan Media dalam Pemberitaan KDRT
  • Laras Faizati: Ancaman Kebebasan terhadap Suara Perempuan
  • Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan
  • Haramain dan Wacana Gender: Menimbang Batasan, Akses, dan Partisipasi

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID