Selasa, 21 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan

    Isu Disabilitas

    Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Kekerasan Seksual

    Mengapa Kita Tidak Boleh Melupakan Kasus Kekerasan Seksual?

    Ekofeminisme di Indonesia

    Kajian Ekofeminisme di Indonesia: Pendekatan Dekolonisasi

    Trans7

    Merespon Trans7 dengan Elegan

    Banjir informasi

    Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri: Memoar Santri Putri “Nyantri” di California

    Feodalisme di Pesantren

    Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7

    Membaca Buku

    Joglo Baca: Merawat Tradisi Membaca Buku di Tengah Budaya Scrolling

    Suhu Panas yang Tinggi

    Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi

    Sopan Santun

    Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan

    Isu Disabilitas

    Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Kekerasan Seksual

    Mengapa Kita Tidak Boleh Melupakan Kasus Kekerasan Seksual?

    Ekofeminisme di Indonesia

    Kajian Ekofeminisme di Indonesia: Pendekatan Dekolonisasi

    Trans7

    Merespon Trans7 dengan Elegan

    Banjir informasi

    Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri

    Refleksi Hari Santri: Memoar Santri Putri “Nyantri” di California

    Feodalisme di Pesantren

    Membaca Ulang Narasi Feodalisme di Pesantren: Pesan untuk Trans7

    Membaca Buku

    Joglo Baca: Merawat Tradisi Membaca Buku di Tengah Budaya Scrolling

    Suhu Panas yang Tinggi

    Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi

    Sopan Santun

    Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Lingkungan dan Ekofeminisme Kita

Ghina Rahmatika Ghina Rahmatika
17 Agustus 2020
in Keluarga, Pernak-pernik, Publik
0
Lingkungan dan Ekofeminisme Kita
305
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Dhahar al-fasâdu fi albarri wa al-bahri bimâ kasabat aidinnâs, liyudzîqahum ba’dha al-ladzî ‘amilû la’allahum yarji’ûn “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (Ar-Ruum 41)

Ayat ini kembali mengingatkan kita pada bencana-bencana yang muncul tersebut disebabkan oleh perbuatan manusia. Meski manusia memiliki potensi untuk melakukan konservasi terhadap alam, namun kerusakan yang diakibatkannya lebih cenderung kuat. Pembangunan yang kian semarak, kebiasaan – kebiasaan buruk yang melekat, serta pengelolaan yang tidak berlandaskan pada keberlanjutan lingkungan tentu berakibat kelak pada keseimbangan alam dan sekitarnya.

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan memengaruhi perkembangan kehidupan manusia. Cakupannya meliputi sumber daya alam berupa air, udara, tanah, energi, mineral dan flora fauna tentunya. Kesemuanya diperuntukkan agar manusia dan alam saling memberikan kemanfaatan, saling menjaga keseimbangan, dan saling memberikan perlindungan.

Lingkungan yang kita lihat saat ini adalah sebuah hasil perjalanan panjang dari setiap tingkah laku manusia terhadap alam. Alam sebagai komoditas menjadi sasaran empuk eksploitasi yang tak ada habisnya, meski kondisi alam itu sendiri memiliki batasnya. Ternyata tindakan yang terjadi pada alam terjadi pula pada kondisi perempuan. Perempuan dari jaman dahulu dianggap seperti barang yang layak untuk dieksploitasi, dinilai lebih rendah daripada lawan jenisnya, dan ketimpangan dalam mendapatkan hak-haknya.

Dengan keadaan demikian, muncullah gerakan ekofeminisme. Gerakan ini merupakan reaksi protes yang dilakukan oleh perempuan terhadap ketimpangan-ketimpangan yang muncul. Menurut Saras Dewi dalam Magdalene.co menyatakan bahwa penggabungan ini berdasarkan suatu renungan bahwa dominasi serta diskriminasi yang dialami baik oleh lingkungan hidup maupun perempuan, bersumber dari problem yang sama yakni, budaya patriarki. Sehingga perjuangan untuk bumi sejatinya adalah perjuangan demi keadilan dan kesetaraan sosial-ekologis.

Gerakan Ekofeminisme dan realitas hidup perempuan Masa Kini

Mendengar kata ekofeminisme itu sangat menggetarkan buat saya. Sebagai seorang istri yang banyak berkutat di rumah, sangat terasa sekali bahwa memang perempuan tidak bisa lepas dari alam itu sendiri. Sedari bangun tidur, kegiatan-kegiatan kita tidak akan jauh dari air, makanan, kotoran, dan sampah. Istilah ini ternyata memang sudah diperkenalkan dalam feminisme, yaitu subjugasi atau pemisahan ranah publik dan privat.

Urusan-urusan yang sudah saya sebutkan tadi dalam fikiran banyak orang pasti identik dengan tugas perempuan. Tentu saja seharusnya tidak. Namun, sebagai perempuan sendiri, dengan mengesampingkan subjugasi yang dimaksud, justeru saya mencoba menyelami makna menjaga alam itu sendiri dari berkegiatan di ranah domestik ini.

Dalam melakukan kegiatan rumah, figur saya tentu saja adalah Ibu. Darinya saya dikenalkan bahwa alam itu memberikan manfaat yang tiada terkira. Mencuci piring kotor, tinggal ambil sabut kelapa di pinggir rumah, ditambah abu kayu dari belakang rumah dan sedikit sabun colek, piring dan peralatan dapur akan bersih mengkilap. Saat darah haid kali pertama datang, hal yang pertama kali disodorkan oleh Ibu saya adalah potongan kain jarik yang digunakan untuk menyumpal darah haid saya.

Saat saya ingin membeli pakaian, ibu hanya akan membeli kain dan menjahitkannya untuk saya. saat menemukan pisang yang sudah hampir bosok, yang terpikirkan oleh Ibu adalah mengambil daun pisang dan mengolahnya menjadi pais pisang. Bahkan nenek saat itu masih dengan rajinnya membolak-balik santan yang akan dibuat menjadi minyak kelapa untuk memasak dan kebutuhan perawatannya.

Saya pikir itu adalah hal-hal biasa yang lumrah dilakukan oleh perempuan jaman dahulu. Saya fikir itu dilakukan karena teknologi belum seberkembang saat ini, dan tentu saja tidak sepraktis sekarang. Saya pikir saya cukup beruntung terlahir di era modern, yang menjadikan saya makhluk praktis yang bisa dengan cepat dan mudah menggunakan barang-barang hasil mesin tersebut.

Setelah saya selami gaya hidup orang-orang yang sedang memperjuangkan keberlanjutan alam, setelah saya tinggal di negara yang bahkan untuk sampah saja pajaknya tinggi sekali, setelah saya diingatkan kembali pada gerakan lokal sesepuh terdahulu, setelah saya mengetahui proses penguraian sampah-sampah non organik yang saya gunakan sehari-hari ternyata memakan waktu yang cukup lama untuk terurai, saya rasa ternyata yang saya kira keberuntungan itu justeru sebuah kemafsadatan. Kepraktisan hidup saat ini menjadikan proses-proses menjaga alam yang diajarkan oleh leluhur kita menjadi privilage untuk dilakukan saat ini.

Lalu, bagaimana ekofeminisme dilakukan oleh perempuan modern saat ini? Saya sendiri merasa masih jauh dari praktek tersebut. Dalam menentukan sebuah tindakan, pertimbangan praktis, cepat, mudah dan tentu saja murah adalah kriteria utama yang dipilih. Yang tanpa dinyana justeru telah menunjukkan ketidaksayangan kita kepada alam dan bumi yang kita singgahi ini.

Ternyata kegiatan yang dilakukan oleh Ibu, Nenek, dan tetua kita terdahulu mengajarkan pola hidup yang peka terhadap lingkungan dan keberlanjutannya. Perempuan dalam setiap geraknya pada zaman dahulu mencoba menunjukkan makna melakukan suatu tindakan sebisa mungkin perlu melibatkan alam dan anggota tubuh.

Mereka tidak bisa diam. Tubuh selalu bergerak untuk memintal, memasak, meramu, mengolah, dan memanfaatkan apa saja yang ada pada alam untuk disajikan pada anggota keluarga mereka. Dengan keadaan seperti saat ini, kita perlu bersama-sama meruwat alam kembali untuk keberlanjutan hidup anak cucu kita.

Lepas dari itu, kewajiban kita sebagai manusia, tanpa memandang laki-laki atau perempuan, kita memang wajib menjaga alam ini. Agama sudah jelas mewajibkan kita untuk menjaga alam dan sekitarnya karena agama itu sendiri adalah entitas yang mengajarkan kebaikan-kebaikan universalitas kepada alam dan makhluk lainnya.

Dengan ini, tentu diharapkan sekali peran dakwah/pengajian yang menjadi perantara ajaran agama untuk mengajak umat lebih peka dan peduli pada pelestarian lingkungan dan penjagaannya dengan memberi contoh, berkolaborasi dengan gerakan peduli lingkungan, membuat gerakan lokal, maupun menjaga kegiatan lokal yang pro pada perlindungan alam.

Jane Goddall, seorang Primatolog perempuan tertua di dunia, selalu mengkampanyekan bahwa manusia dan alam perlu memiliki hubungan yang baik. Maka, dalam wawancara dengan TED Talks, Jane berkali-kali bilang ‘Tolonglah, jangan menjadi manusia yang rakus, apalagi terhadap alam. Setiap hari kita hidup, kita memberikan dampak pada alam’.
Pertanyaannya, sudahkan kita memberi dampak baik pada alam? []

Ghina Rahmatika

Ghina Rahmatika

A mom who likes keeping memories and words by writing

Terkait Posts

Surga
Hikmah

Surga dalam Logika Mubadalah

21 Oktober 2025
Kekerasan Seksual
Publik

Mengapa Kita Tidak Boleh Melupakan Kasus Kekerasan Seksual?

21 Oktober 2025
Kenikmatan Surga
Hikmah

Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

20 Oktober 2025
Ekofeminisme di Indonesia
Publik

Kajian Ekofeminisme di Indonesia: Pendekatan Dekolonisasi

20 Oktober 2025
Mbah War
Figur

Mbah War Sudah Kaya Sebelum Santri Belajar

20 Oktober 2025
Disabilitas
Aktual

PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan

20 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Banjir informasi

    Antara Banjir Informasi, Boikot Stasiun Televisi, dan Refleksi Hari Santri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • PSGAD UIN SSC Dorong Kolaborasi Akademisi, Komunitas, dan Pesantren untuk Advokasi Disabilitas melalui Tulisan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Zahra Amin: Mari Menulis dan Membumikan Isu Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Merespon Trans7 dengan Elegan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Surga dalam Logika Mubadalah
  • Mengapa Kita Tidak Boleh Melupakan Kasus Kekerasan Seksual?
  • Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah
  • Kajian Ekofeminisme di Indonesia: Pendekatan Dekolonisasi
  • Mbah War Sudah Kaya Sebelum Santri Belajar

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID