Jumat, 17 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Berdoa

    Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    Difabel Muslim

    Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

    Hak Milik dalam Relasi Marital

    Hak Milik dalam Relasi Marital, Bagaimana?

    Media Alternatif

    Media Alternatif sebagai Brave Space dalam Mainstreaming Isu Disabilitas

    Disabilitas intelektual

    Melatih Empati pada Teman Disabilitas Intelektual

    Alam

    Menjaga Alam, Menyelamatkan Ekosistem

    Diplomasi Iklim

    Ekofeminisme dalam Diplomasi Iklim

    Korban Kekerasan Seksual

    Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan Itu yang Mempermudah, Bukan yang Memersulit

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan dalam Perspektif Mubadalah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Fasilitas Ramah Disabilitas

    Teguhkan Komitmen Inklusif, Yayasan Fahmina Bangun Fasilitas Ramah Disabilitas

    UIN SSC Kampus Inklusif

    UIN SSC Menuju Kampus Inklusif: Dari Infrastruktur hingga Layanan Digital Ramah Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Berdoa

    Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    Difabel Muslim

    Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

    Hak Milik dalam Relasi Marital

    Hak Milik dalam Relasi Marital, Bagaimana?

    Media Alternatif

    Media Alternatif sebagai Brave Space dalam Mainstreaming Isu Disabilitas

    Disabilitas intelektual

    Melatih Empati pada Teman Disabilitas Intelektual

    Alam

    Menjaga Alam, Menyelamatkan Ekosistem

    Diplomasi Iklim

    Ekofeminisme dalam Diplomasi Iklim

    Korban Kekerasan Seksual

    Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan Itu yang Mempermudah, Bukan yang Memersulit

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan dalam Perspektif Mubadalah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Buku

Menakar Kecantikan Perempuan

Jadi, kecantikan tidak selalu ditakar dengan rupa, karena ada banyak hal yang bisa membuat kita punya nilai kecantikan yang berbeda. Pilihan kecantikan tetap ada di tangan kita, akan menjadi perempuan cantik yang seperti apakah kita?

Atu Fauziah Atu Fauziah
4 November 2020
in Buku, Pernak-pernik
0
Stigma Infertilitas dan Tudingan Sepihak terhadap Perempuan Madura
306
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

PUTIH―sebuah warna yang selalu diidentikkan dengan hal-hal yang bersih, suci, dan mulia. Tetapi bagaimana jika ‘putih’ kita tunjukkan pada warna kulit dan kecantikan?

Ukuran kecantikan dalam masyarakat telah terbentuk sedemikan rupa oleh beberapa faktor yang mengakbatkan adanya standarisasi kecantikan, di mana tubuh yang tidak sesuai dengan standar cantik yang telah terbentuk di masyarakat dianggap tidak ideal atau jelek. Salah satunya warna kulit,  sering kali dijadikan ukuran untuk menilai kecantikan seseorang.

Hal Ini mengakibatkan orang berlomba-lomba menstandarisasikan bentuk tubuhnya atau warna kulitnya dengan standar yang ada di masyarakat yang biasanya ditampilkan iklan-iklan kecantikan sebagai media pemasaran produk kecantikan.

Putih menjadi warna kulit yang didambakan dan digemari kebanyakan orang apalagi perempuan. Mereka dengan warna kulit putih seolah menjadi sosok yang dianggapnya lebih unggul dan memiliki daya tarik lebih daripada mereka yang memiliki kulit gelap. Tidaklah heran banyak orang berusaha keras menggunakan berbagai produk kecantikan untuk menjadikan kulitnya putih―padahal bisa jadi standar kecantikan tersebut bagian dari kapitalisasi produk kecantikan itu sendiri.

Tetapi mengapa putih bisa menjadi warna kulit yang begitu didambakan banyak orang di Indonesia? L.  Ayu Saraswati dalam bukunya mencoba mengkaji tentang bagaimana putih bisa menjadi warna kulit yang digemari di Indonesia, dan menerangkan dinamika historis perubahan warna kulit putih yang digemari dari masa ke masa. Dari putih Belanda sampai putih Jepang, dan sampai pada kulit putih kosmopolitan.

Masa kolonial ternyata telah memengaruhi pola pemikiran masyarakat Indonesia mengenai kecantikan, terkhusus warna kulit. Pada masa kolonial Belanda misalnya, mereka memengaruhi pemikiran orang-orang Indonesia bahwa mereka yang memiliki warna kulit putih Kaukasia seperti orang Eropa, memiliki kecantikan yang lebih unggul, dan juga dianggap lebih terhormat―ini ada pengaruh kekuasaan kolonial yang beranggapan orang Belanda lebih terhormat daripada Pribumi.

Maka pada masa Belanda perempuan yang berkulit putih Kaukasialah yang menjadi simbol kecantikan pada masa itu. Dan itu membuat sebagian orang Indonesia―apalagi yang berdarah Indo-Belanda yang lebih merasa bangga terdapat darah Belanda dalam dirinya―meniru gaya perempuan Belanda sebagai simbol kecantikan.

Pengaruh bangsa asing dalam mengonstruksi ukuran kecantikan di Indonesia ternyata terus berlanjut pada masa Jepang. Yang menarik adalah Jepang menentang ideal kecantikan putih Kaukasia, dan menganggap putih orang Asialah yang memiliki kecantikan ideal. Putih Kukasia dan putih Jepang berbeda, di mana orang Jepang menggambarkan warna kulitnya sebagai putih kertas dan putih salju.

Pergulatan ideal kecantikan ini tidak bisa dipisahkan dari anggapan superioritas suatu ras dari ras lainnya. Ras Kaukasia menganggap ras putihlah yang lebih unggul, yang kemudian hal ini juga yang ditentang Jepang ketika menduduki Indonesia. Bahwa tidak hanya ras putih yang memiliki kulit putih, tetapi juga ras bangsa Asia.

Buku yang berhasil meraih Gloria Anzaldua Book Prize Winner pada 2013 ini, juga mengkaji tentang bagaimana pada akhirnya orang Indonesia memiliki warna kulit ideal sendiri sebagai simbol kecantikan. Kecantikan yang ideal pada masa kontemoporer kembali mengalami pergeseran―bukan cantik putih Kaukasia atau Jepang lagi―tetapi kecantikan warna kulit kosmopolitan.

Cantik kosmopolitan melampaui kecantikan yang mengacu pada etnis dan ras tertentu, tetapi di mana kecantikan dan warna kulit dikonstruksikan sebagai kosmopolitan, dan bahwa ras dan rasialisasi bekerja tendem dengan kosmopolitanisme dalam iklan-iklan pemutih. [hal 140]

Meski begitu, warna kulit putih tetap menjadi warna kulit yang diinginkan dan menjadi acuan kecantikan di masyarakat. Dan memang putih yang dimaksud bukan lagi putih Kaukasia ataupun putih jepang, tetapi putih kosmopolitan, di mana putih yang ke kuning-kuningan dan putih bening.

Putih; Warna Kulit, Ras, dan Kecantikan di Indonesia Transnasional, merupakan bacaan yang menarik jika kita ingin melihat bagaimana konstruksi kecantikan di Indonesia dipengaruhi oleh kuasa kolonial, dan konstruksi itu terus mengalami pergeseran-pergeseran.

Hingga kini warna kulit terang tetap menjadi ukuran kecantikan masyarakat yang telah terkonstruksi oleh ukuran kecantikan iklan-iklan produk kecantikan. Itu terbukti dengan makin banyaknya produk pemutih kulit atau dikenal dengan skincare dewasa ini. Yang padahal ukuran kecantikan tidak bisa ditakar dari warna kulit saja, ada banyak hal yang menjadikan seseorang terlihat cantik selain fisik.

Meskipun kecantikan telah terkonstruksi sedemikian rupa, alangkah lebih baik jika kita mulai melihat kecantikan tidak dari fisik saja; putih, langsing, tinggi, bangir dan lain sebagainya. Ada banyak hal untuk membuat kita cantik. Kecerdasan misalnya, perempuan cerdas punya nilai lebih tinggi daripada perempuan yang hanya cantik rupa.

Atau mengapa kita tidak tampil cantik dengan membuat karya-karya? Jadi, kecantikan tidak selalu ditakar dengan rupa ya teman-teman, ada banyak hal yang bisa membuat kita punya nilai kecantikan yang berbeda. Pilihan kecantikan tetap ada di tangan kita, akan menjadi perempuan cantik yang seperti apakah kita? []

Tags: bukukecantikanperempuan
Atu Fauziah

Atu Fauziah

Mahasiswi Akidah Filsafat Islam di UIN Banten.

Terkait Posts

Berbuat Baik Kepada Perempuan
Hikmah

Islam Memerintahkan Laki-Laki untuk Berbuat Baik kepada Perempuan

11 Oktober 2025
Perempuan di Bawah Laki-laki
Hikmah

Islam Tidak Pernah Menempatkan Perempuan di Bawah Laki-Laki

10 Oktober 2025
Laki-laki Perempuan dalam Kemanusiaan
Hikmah

Laki-Laki dan Perempuan: Mitra Setara dalam Kemanusiaan

10 Oktober 2025
Laki-laki dan Perempuan
Hikmah

Kenikmatan Surga untuk Laki-Laki dan Perempuan

9 Oktober 2025
Kenikmatan Surga
Hikmah

Bidadari dan Bidadara: Tafsir Mubadalah atas Kenikmatan Surga bagi Laki-laki dan Perempuan

9 Oktober 2025
Kenikmatan Surga
Hikmah

Ketika Surga Terlalu Maskulin: Menafsir Ulang Kenikmatan Surga bagi Laki-laki dan Perempuan

8 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pedoman Qur’an Isyarat; Pemenuhan Hak Belajar Difabel Muslim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rima Hassan: Potret Partisipasi Perempuan Aktivis Kamanusiaan Palestina dari Parlemen Eropa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Memahami Fitrah Anak
  • Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok
  • 5 Pilar Pengasuhan Anak
  • Rima Hassan: Potret Partisipasi Perempuan Aktivis Kamanusiaan Palestina dari Parlemen Eropa
  • Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID