Senin, 17 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Bedah Buku #Reset Indonesia

    Bedah Buku #Reset Indonesia: Membongkar Kegagalan Sistemik Negeri Ini

    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Tinder

    Kelindan Teror dalam Aplikasi Tinder

    CBB

    Cewek Bike-Bike (CBB): Bukan Sekadar Kayuhan, Tapi tentang Merayakan Tubuh Perempuan

    Al-Ummu Madrasatul Ula

    Menafsir Al-Ummu Madrasatul Ula: Keluarga Sebagai Sekolah Pertama

    Peran Pemuda

    Peran Pemuda dalam Merawat Indonesia

    Male Loneliness

    Male Loneliness dan Solusi Ta’aruf: Memahami untuk Mengatasi Kesepian

    Publik tentang Pesantren

    Krisis Pemahaman Publik tentang Pesantren

    Bullying ABK

    Bullying ABK di Sekolah Reguler, Seberapa Rentan?

    Pesantren sebagai Tempat

    Pesantren: Tempat Pembentukan Peradaban

    Perkawinan Anak

    Perkawinan Anak di Desa: Tradisi yang Harus Diakhiri

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Bedah Buku #Reset Indonesia

    Bedah Buku #Reset Indonesia: Membongkar Kegagalan Sistemik Negeri Ini

    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Tinder

    Kelindan Teror dalam Aplikasi Tinder

    CBB

    Cewek Bike-Bike (CBB): Bukan Sekadar Kayuhan, Tapi tentang Merayakan Tubuh Perempuan

    Al-Ummu Madrasatul Ula

    Menafsir Al-Ummu Madrasatul Ula: Keluarga Sebagai Sekolah Pertama

    Peran Pemuda

    Peran Pemuda dalam Merawat Indonesia

    Male Loneliness

    Male Loneliness dan Solusi Ta’aruf: Memahami untuk Mengatasi Kesepian

    Publik tentang Pesantren

    Krisis Pemahaman Publik tentang Pesantren

    Bullying ABK

    Bullying ABK di Sekolah Reguler, Seberapa Rentan?

    Pesantren sebagai Tempat

    Pesantren: Tempat Pembentukan Peradaban

    Perkawinan Anak

    Perkawinan Anak di Desa: Tradisi yang Harus Diakhiri

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Mencontoh Alexandria Cortez dalam Merespon Pelecehan Verbal terhadap Perempuan

Habibus Salam Habibus Salam
10 Agustus 2020
in Pernak-pernik, Personal, Publik
0
Mencontoh Alexandria Cortez dalam Merespon Pelecehan Verbal terhadap Perempuan
236
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

“…this issue is not about one incident. It is cultural, it is culture of lack of impunity, of accepting of violence and violent language against women in entire structure that supports that…”

Kutipan di atas adalah respon Alexandria Ocasio-Cortez, anggota Kongres Amerika Serikat dari partai Demokrat, saat merespon verbal abuse yang dialaminya dari lawan politiknya dari partai Republik, Ted Yoho, yang juga sama-sama merupakan anggota Kongres Amerika. Di luar kepentingan politik antara Demokrat dan Republik, isu tentang pelecehan secara verbal terhadap Cortez menjadi salah satu yang paling disorot masyarakat internasional secara umum, dan warga Amerika secara khusus beberapa minggu terakhir.

Di negara liberal dan maju seperti Amerika, pelecehan verbal terhadap perempuan sekilas merupakan hal yang cukup mengejutkan, terlebih karena yang terlibat di dalam insiden ini sama-sama merupakan pejabat publik. Tetapi apa yang disampaikan Cortez di atas setidaknya memberi kejelasan, bahwa ini bukan tentang insidennya, ini mencakup hal yang lebih serius, yaitu tentang kultur dan sistem sosial yang sejak berabad-abad silam menerima hal semacam itu sebagai insiden yang ‘hanya’ perlu dimaafkan.

Pelecehan secara verbal semacam ini mungkin akan sangat subjektif dan kasuistik, bergantung kepada korban apakah merasa dilecehkan atau tidak. Mungkin karena pelecehan secara verbal ini tidak langsung menyakiti secara fisik. Kekerasan dalam bentuk verbal ini akan lebih sulit disadari, terlebih didalam sistem sosial yang memang bias gender seperti Indonesia.

Namun demikian, diakui atau tidak, verbal abuse adalah salah satu bentuk kekerasan, karena kekerasan sendiri bisa bertransformasi dalam bentuk apapun, tidak terbatas secara fisik. Bentuk ekspresinya pun dapat berbeda beda, pada insiden yang menimpa Cortez di atas misalnya, ujaran seperti ‘disgusting’, ‘crazy’, dan ‘a fucking bitch’ yang dilontarkan Yoho adalah yang paling umum bagi kultur dan sistem sosial Amerika.

Bagaimanapun, ujaran yang dilontarkan Yoho, yang notabene adalah pejabat publik, kepada seorang anggota kongres perempuan, adalah kenyataan pahit bahwa dalam kultur dan sistem sosial se-liberal Amerika pun, perempuan selalu mendapat perlakuan yang tidak pantas. Bahwa jika perlakuan tidak pantas semacam itu bisa terjadi kepada seorang anggota kongres, maka itu juga dapat menimpa setiap perempuan dimanapun, kapanpun, dan sebagai apapun.

Substansi dari verbal abuse bukan pada seberapa kasar frasa yang digunakan, melainkan pada seberapa jauh perkataan itu melukai perempuan secara mental dan emosional. Bagi kita masyarakat Asia, Indonesia khususnya, mungkin akan jarang menemukan ekspresi pelecehan verbal sebagaimana yang diterima Cortez. Tetapi itu tidak berarti kekerasan verbal itu tidak ada sama sekali. Ia ada, bahkan mungkin lebih parah, meskipun dalam bentuk dan ekspresi yang berbeda.

“Ngapain ngejar karir sama pendidikan tinggi, besok juga bakal ngurus dapur.”
“Jangan kelewat pintar deh, nanti nggak ada yang naksir!”
Ungkapan semacam ini, mungkin terlihat biasa. Atau setidaknya misoginis bagi orang-orang yang punya kepedulian lebih terhadap gender equality. Tetapi pada saat dan level tertentu, kita tidak akan pernah tahu betapa ujaran seperti ini dapat menyakiti perempuan. Pada saat dan level tertentu, ujaran semacam ini dapat menjadi bentuk ekspresi kekerasan yang mematikan potensi serta kapasitas banyak perempuan.

Bentuk dan ekspresi verbal harassment atau verbal abuse ini juga tidak jarang kita temui dalam bentuk yang lebih eksklusif atas nama agama, “dasar wanita tidak berakhlaq, tidak shalihah! Bisa-bisanya menuntut cerai suaminya hanya karena tidak mau dimadu!”

Terlepas dari perdebatan tentang poligami itu sendiri, mengukur akhlaq dan keshalihan spiritual seorang perempuan hanya berdasarkan kepada kesediaannya untuk menuruti keinginan poligami suaminya, pada level dan keadaan tertentu merupakan bentuk verbal harassment terhadap perempuan.

Kita tidak pernah bertanya kenapa seorang perempuan memilih berkarir dan mengejar pendidikan, kenapa seorang perempuan memilih untuk menggugat cerai suaminya karena tidak mau dipoligami. Kita hanya menerimanya sebagai ‘norma’ umum yang telah lama berlaku di lingkaran sosial atau relijius kita. Kendati ada sementara orang yang memiliki kesadaran lebih, mungkin hanya melihatnya sebagai satu insiden, atau sebagai satu dilema keluarga.

Di titik ini saya sepakat dengan Cortez, bahwa ini bukan sekedar tentang satu insiden, ini bukan lagi sekedar seberapa dalam dan sakitnya mental dan perasaan si perempuan. Di luar itu, problem terbesarnya adalah penerimaan kita terhadap perlakuan yang dianggap tak pantas. Melihat insiden semacam itu hanya dalam subjektifitasnya, sehingga permintaan maaf, atau penyelesaian secara hukum sudah merupakan ujungnya.

Ini menyangkut sistem dan kesadaran sosial, juga kesadaran beragama yang lebih luas. Menyembuhkan sistem dan kesadaran semacam ini tidak cukup hanya dengan permintaan maaf dan bersembunyi di balik kedok istri dan anak perempuan seperti yang Yoho lakukan.

Membangun sistem dan kesadaran yang lebih equal memang tidak mudah, tapi setidaknya Cortez telah memberi contoh yang dapat kita jadikan pijakan awal, bahwa jika kita bisa merasa bahwa kita juga punya ibu, istri, dan anak perempuan yang kita rawat dan jaga agar tidak mendapat perlakuan tidak pantas, kita mesti sadar, perempuan-perempuan lain di luar sana juga adalah ibu, istri, dan anak perempuan yang orang lain rawat dan sayangi, bukan untuk dilecehkan.[]

Habibus Salam

Habibus Salam

Alumni Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAI Al-Anwar dan Pondok Pesantren Al Anwar 3 Sarang, Penulis Lepas, Pegiat Literasi dan Kajian Keislaman, Dewan Pengurus Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (HEBITREN) Wilayah Jawa Tengah

Terkait Posts

Tinder
Publik

Kelindan Teror dalam Aplikasi Tinder

17 November 2025
CBB
Personal

Cewek Bike-Bike (CBB): Bukan Sekadar Kayuhan, Tapi tentang Merayakan Tubuh Perempuan

17 November 2025
Al-Ummu Madrasatul Ula
Keluarga

Menafsir Al-Ummu Madrasatul Ula: Keluarga Sebagai Sekolah Pertama

17 November 2025
Peran Pemuda
Publik

Peran Pemuda dalam Merawat Indonesia

17 November 2025
Male Loneliness
Publik

Male Loneliness dan Solusi Ta’aruf: Memahami untuk Mengatasi Kesepian

17 November 2025
Publik tentang Pesantren
Publik

Krisis Pemahaman Publik tentang Pesantren

17 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Perkawinan Anak

    Perkawinan Anak di Desa: Tradisi yang Harus Diakhiri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Krisis Pemahaman Publik tentang Pesantren

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bullying ABK di Sekolah Reguler, Seberapa Rentan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Male Loneliness dan Solusi Ta’aruf: Memahami untuk Mengatasi Kesepian

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pesantren: Tempat Pembentukan Peradaban

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Kelindan Teror dalam Aplikasi Tinder
  • Cewek Bike-Bike (CBB): Bukan Sekadar Kayuhan, Tapi tentang Merayakan Tubuh Perempuan
  • Menafsir Al-Ummu Madrasatul Ula: Keluarga Sebagai Sekolah Pertama
  • Peran Pemuda dalam Merawat Indonesia
  • Male Loneliness dan Solusi Ta’aruf: Memahami untuk Mengatasi Kesepian

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID