• Login
  • Register
Kamis, 17 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Menyikapi Perbedaan

Nur Rofiah Nur Rofiah
21/08/2019
in Personal
0
menyikapi perbedaan

menyikapi perbedaan

11
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Perbedaan itu sunnatullah, baik perbedaan antar manusia, maupun antara manusia dengan makhluk lainnya. Bagaimana menyikapi perbedaan? Bahkan perbedaan itu ada di setiap manusia pada masa yang berbeda. Dulu semua manusia dewasa adalah bayi dan kelak semua bayi yang umurnya panjang juga akan jadi manusia dewasa.

Tentu, mengingat persamaan di antara yang berbeda itu penting. Misalnya berbeda tapi sama-sama Muslim, sama-sama bangsa Indonesia, dan sama-sama manusia. Bahkan sama-sama makhluk Allah. Mengingat persamaan ini membantu kita untuk bersaudara karena agama, negara, atau karena kedirian yang sama.

Namun, menyikapi perbedaan juga penting. Allah bahkan meminta manusia untuk saling mengenali (taaruf) persamaan sekaligus perbedaan yang dimiliki oleh sesama manusia. Misalnya perbedaan jenis kelamin (adz-dzakaru wal-untsa), bangsa (syu’ub), dan suku (qabail). Jadi, kita juga diminta untuk mengenali perbedaan. Mengapa? Barangkali ini jawabnya: “Tak kenal, maka tak sayang.” Tak sayang tentu bisa berkembang menjadi benci dan benci bisa melahirkan pertikaian.

Setidaknya ada dua cara yang kerap diambil dalam menyikapi perbedaan:

Pertama, perbedaan dipandang secara negatif dan dikhotomis. Perbedaan dipandang sebagai sumber konflik sehingga sebisa mungkin dilupakan. Kita diajak fokus pada persamaan. Sikap ini lama-lama berkembang menjadi penyeragaman. Kelompok sosial terkuat menjadi standar. Kelompok sosial lainnya mesti menyesuaikan diri alias penyeragaman. Tidak jarang proses penyeragaman ini sampai tahap pemaksaan. Lahirlah ketidakadilan, perlawanan, dan konflik pun pecah.  Jadi bukan perbedaan tapi pembedaan atau cara menyikapi perbedaanlah sesungguhnya yang menjadi sumber konflik.

Baca Juga:

Perempuan Menjadi Pemimpin, Salahkah?

Harmoni Iman dan Ekologi: Relasi Islam dan Lingkungan dari Komunitas Wonosantri Abadi

Membaca Ulang Pandangan Ibnu Rusyd tentang Perempuan

Fenomena Eldest Daughter Syndrome dalam Drakor When Life Gives You Tangerines, Mungkinkah Kamu Salah Satunya?

Kedua, perbedaan dipandang secara positif dan sinergis. Perbedaan dipandang sebagai modal sosial untuk maju bersama. Perintah Allah untuk taaruf antar manusia dapat diterapkan dengan ikhtiyar mengenali persamaan sekaligus perbedaan satu kelompok dengan kelompok lainnya. Ikhtiyar mengenali perbedaan ini dilakukan bukan dalam semangat mendiskriminasi, melainkan semangat untuk saling menguatkan.

Karena perbedaan sosial dipandang sebagai modal sosial untuk maju bersama, maka setiap kelompok sosial sama-sama didorong untuk aktif mewujudkan kemaslahatan bersama melalui modal sosial masing-masing. Sebaliknya, mereka dilarang untuk menggunakan modal sosial masing-masing yang berakibat mafsadat bagi lainnya, meskipun maslahat bagi kelompoknya.

Selanjutnya, Allah mengingatkan manusia untuk beralih pada ikatan paling primordial yang dimiliki oleh manusia, yaitu:

1. Semua manusia adalah hanya hamba Allah.  Karenanya, ia tidak boleh menjadi hamba siapa dan apapun selain-Nya termasuk bukan hamba dirinya sendiri. Sebaliknya, ia juga tidak akan memperlakukan siapa dan apapun selain-Nya sebagai hambanya, termasuk dirinya sendiri sehingga manusia juga tidak boleh mengeksploitasi dirinya sendiri.

2. Semua manusia adalah Khalifah fil Ardl yang mengemban amanah mewujudkan kemaslahatan seluasnya di muka bumi. Karenanya,  manusia mesti bekerjasama untuk mewujudkan kemaslahatan makhluk-Nya. Karenanya pula, musuh bersama manusia adalah segala tindakan tidak manusiawi pada manusia,  dan tindakan eksploitatif pada makhluk-Nya.

Semua kelompok sosial sama-sama punya kewajiban untuk merumuskan dan mewujudkan  kemaslahatan.  Sebaliknya, mereka juga berhak untuk menikmati kemaslahatan dalam sistem kehidupan bersama.

Dalam masyarakat plural,  politik identitas (tidak hanya berbasis agama tapi juga ras dan lainnya) perlu diwaspadai karena politik jenis ini mengajak kita untuk fokus pada perbedaan, bukan dalam semangat positif dan sinergis melainkan dengan semangat negatif dan dikhotomis.

Semoga bisa terus berlatih agar mampu menjadikan titik persamaan sebagai perekat dan titik perbedaan sebagai penguat, baik dalam keluarga, masyarakat, Negara,  dan dunia. Aamiin yra. Wallahu A’lam bish-Shawab![]

Nur Rofiah

Nur Rofiah

Nur Rofi'ah adalah alumni Pesantren Seblak Jombang dan Krapyak Yogyakarta, mengikuti pendidikan tinggi jenjang S1 di UIN Suka Yogyakarta, S2 dan S3 dari Universitas Ankara-Turki. Saat ini, sehari-hari sebagai dosen Tafsir al-Qur'an di Program Paskasarjana Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur'an (PTIQ) Jakarta, di samping sebagai narasumber, fasilitator, dan penceramah isu-isu keislaman secara umum, dan isu keadilan relasi laki-laki serta perempuan secara khusus.

Terkait Posts

eldest daughter syndrome

Fenomena Eldest Daughter Syndrome dalam Drakor When Life Gives You Tangerines, Mungkinkah Kamu Salah Satunya?

17 Juli 2025
Love Bombing

Love Bombing: Bentuk Nyata Ketimpangan dalam Sebuah Hubungan

16 Juli 2025
Disiplin

Ketika Disiplin Menyelamatkan Impian

15 Juli 2025
Inklusivitas

Inklusivitas yang Terbatas: Ketika Pikiran Ingin Membantu Tetapi Tubuh Membeku

15 Juli 2025
Kesalingan

Kala Kesalingan Mulai Memudar

13 Juli 2025
Harapan Orang Tua

Kegagalan dalam Perspektif Islam: Antara Harapan Orang Tua dan Takdir Allah

12 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Representasi Difabel

    Dari Layar Kaca ke Layar Sentuh: Representasi Difabel dalam Pergeseran Teknologi Media

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Love Bombing: Bentuk Nyata Ketimpangan dalam Sebuah Hubungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Siapa Sebenarnya Sumber Fitnah: Perempuan atau Laki-laki?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Zakat Profesi Dipotong Otomatis, Apakah Ini Sudah Adil?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sound Horeg: Antara Fatwa Haram Ulama’ dan Hiburan Masyarakat Kelas Bawah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Perempuan Menjadi Pemimpin, Salahkah?
  • Harmoni Iman dan Ekologi: Relasi Islam dan Lingkungan dari Komunitas Wonosantri Abadi
  • Membaca Ulang Pandangan Ibnu Rusyd tentang Perempuan
  • Fenomena Eldest Daughter Syndrome dalam Drakor When Life Gives You Tangerines, Mungkinkah Kamu Salah Satunya?
  • Merendahkan Perempuan adalah Tanda Pikiran yang Sempit

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID