Meraba bagian tubuh mana saja yang merasakan sakit. Maka kesakitan itu adalah Rohingya yang mengalami kekerasan fisik dan psikis
Mubadalah.id – Sepekan ini media massa kita diramaikan dengan pemberitaan tragedi kemanusiaan Etnis Rohingya Raikhane Myanmar. Terlepas dari apapun sebab-akibat bagaimana konflik ini terjadi, saya hanya ingin melihat lebih dalam pada tragedi Rohingya, menanggalkan baju etnis, budaya, agama dan negara yang melekat pada diri kita. Untuk memandang lebih jernih tragedi itu. Karena Rohingya adalah kita.
Sejenak memejamkan mata dan kita melihat orang-orang Rohingya bagian dari tubuh, pikiran dan perasaan kita sendiri. Meraba bagian tubuh mana saja yang merasakan sakit. Maka kesakitan itu adalah Rohingya yang mengalami kekerasan fisik dan psikis. Rohingya yang terbuang dari negerinya sendiri, tercerabut dari akar budayanya, dan dihilangkan kebangsaan dan kewarganegaraannya. Karena negara yang seharusnya melindungi, malah menghabisi Rohingya tanpa ampun dan kecuali.
Melansir pernyataan sikap GP Ansor, hari ini 60 ribu lebih etnis Rohingya terancam nyawa, pergi melarikan diri dari daerah konflik. Ribuan lebih korban telah tewas di bunuh secara keji, ribuan orang pula telah dihilangkan secara paksa. 64 persen pelaporan penyiksaan secara fisik dan mental. 52 persen perempuan mengalami pemerkosaan dan atau pelecehan seksual lainnya yang mengerikan.
Fakta ini menjadi tragedi kemanusiaan terparah sepanjang sejarah di kawasan Asean. Maka bagaimana kita membangkitkan solidaritas dengan cara santun. Bukan menyebarkan foto palsu atau sekaligus merendahkan dan menghina pemerintah negara sendiri.
Mengutip catatan milik Dina Sulaeman tentang Rohingya bahwa etnis Rohingya mengalami penindasan yang dilakukan oleh rezim militer Myanmar, bukan umat Islam dibantai oleh kaum Budha Myanmar. Masih menurut Dina Sulaeman, isu agama memang sangat mudah di manfaatkan untuk membangkitkan kemarahan publik.
Sebagai orang awam ada benarnya jika menyerahkan persoalan Rohingya pada orang atau lembaga yang lebih kompeten, seperti pemerintah atau lembaga yang telah ditunjuk menjadi mediator dan fasilitator. Keterbatasan akses dan pengetahuan yang kita miliki, memberi alasan agar tak membuat tragedi kemanusiaan Rohingya semakin gaduh, karena itu tak membantu kondisi etnis Rohingya akan menjadi lebih baik. Seperti misal melakukan aksi di Candi Borobudur. Tak ada keterkaitan sama sekali, dan salah besar jika komunitas umat Budha di Indonesia jadi sasaran kemarahan.
Rohingya adalah kita, maka apa yang telah dilakukan rezim Myanmar terhadap etnis Rohingya telah melanggar Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, dan Konvensi tentang Penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan. Karena banyak diantara korban adalah perempuan dan anak-anak. Terutama pada kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual yang mengerikan. Membayangkan seandainya para korban itu adalah anggota keluarga sendiri, ibu kita, saudara perempuan kita dan anak-anak perempuan kita.
baca: Makna Kemerdekaan bagi Perempuan
Kenyataan bahwa banyak diantara korban adalah perempuan dan anak-anak maka ini menjadi tugas bagi lembaga donor, atau siapapun yang akan memberikan bantuan kemanusiaan agar memastikan dipenuhinya kebutuhan dasar perempuan dan anak-anak. Pertama, pembalut untuk perempuan yang mengalami menstruasi atau masa nifas, kedua susu dan makanan bayi. Mengapa penting?, agar tak melulu bantuan itu berupa makanan instan atau pakaian.
Selain itu pemulihan paska bencana yang menimpa perempuan dan anak-anak, bagaimana rasa trauma akibat konflik yang berkepanjangan tidak membuat mereka takut menatap masa depan. Bahwa masih ada harapan dan kebahagiaan yang harus mereka perjuangkan, meski untuk sekedar bertahan hidup terasa sulit bagi mereka, namun membuat etnis Rohingya kembali menata hidupnya, mengembalikan kepercayaan dirinya yang hilang akibat perang, menjadi perjalanan panjang dan PR untuk kita semua.
Langkah yang sudah dilakukan Pemerintah Indonesia sudah tepat, dan kita harus mengapresiasi kerja-kerja Presiden Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, beserta organisasi, partai politik atau lembaga swadaya masyarakat yang telah melakukan langkah strategis, membuka akses diplomasi dengan Pemerintah Myanmar, serta memberikan bantuan kemanusiaan sebagai bentuk kepeduliaan.
Solidaritas kita terhadap tragedi kemanusiaan etnis Rohinya, yakni dengan memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Indonesia, menyampaikan informasi yang benar tentang Rohingya dan tidak menambahkan atau mengurangkan fakta yang ada, tidak mudah menyebarkan berita hoax di media online, melakukan cek dan kroscek terlebih dahulu sebelum membagikannya, tidak melibatkan isu sektarian serta tetap menjaga keberagaman, toleransi antar umat beragama di Indonesia. Karena Rohingya adalah kita.