Jumat, 14 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Merayakan Hari Ayah

    Selayaknya Ibu, Merayakan Hari Ayah Pun Layak Kita Lakukan

    Perempuan di Politik

    Mengapa Perempuan Masih Diragukan di Ranah Politik?

    Perempuan Menjadi Pemimpin

    Ulama Fiqh yang Membolehkan Perempuan Menjadi Pemimpin dan Hakim

    Perempuan menjadi Pemimpin

    Perempuan Menjadi Pemimpin Politik, Mengapa Tidak?

    Kosmetik Ramah Difabel

    Kosmetik Ramah Difabel Ternyata Masih Asing di Pasar Lokal

    Menyusui

    Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    Soeharto

    Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    ar-radha‘ah

    Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    Penyusuan Anak dalam al-Qur'an

    Penyusuan Anak dalam Al-Qur’an: Antara Hukum, Etika, dan Kasih Sayang

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    silent revolution

    Prof. Alimatul Qibtiyah Sebut Silent Revolution sebagai Wajah Gerakan Perempuan Indonesia

    Alimat

    Alimat Teguhkan Arah Gerakan Perempuan Lewat Monev Sosialisasi Pandangan Keagamaan KUPI tentang P2GP

    mahasiswa dan diaspora Indonesia di Sydney

    Mahasiswa dan Diaspora Indonesia di Sydney Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

    Soeharto

    Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto

    Pahlawan Soeharto

    Ketua PBNU hingga Sejarawan Tolak Gelar Pahlawan Soeharto, Dosanya Besar bagi NU dan Masyarakat

    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Merayakan Hari Ayah

    Selayaknya Ibu, Merayakan Hari Ayah Pun Layak Kita Lakukan

    Perempuan di Politik

    Mengapa Perempuan Masih Diragukan di Ranah Politik?

    Perempuan Menjadi Pemimpin

    Ulama Fiqh yang Membolehkan Perempuan Menjadi Pemimpin dan Hakim

    Perempuan menjadi Pemimpin

    Perempuan Menjadi Pemimpin Politik, Mengapa Tidak?

    Kosmetik Ramah Difabel

    Kosmetik Ramah Difabel Ternyata Masih Asing di Pasar Lokal

    Menyusui

    Menyusui: Hak Anak, Hak Ibu, atau Kewajiban Ayah?

    Soeharto

    Soeharto dan Situasi Epistemik Bangsa

    ar-radha‘ah

    Menafsir Ulang Ar-Radha‘ah

    Penyusuan Anak dalam al-Qur'an

    Penyusuan Anak dalam Al-Qur’an: Antara Hukum, Etika, dan Kasih Sayang

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Rohingya dan Refleksi Hijrah Nabi

Kita hanya perlu menggunakan kacamata kemanusiaan dalam melihat tertindasnya para pengungsi Rohingya

Aaz Haz Aaz Haz
22 November 2023
in Publik, Rekomendasi
0
Rohingya

Rohingya

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id– Sebuah kapal kayu berisi 249 orang pencari suaka Rohingya bersandar di Bireun, Aceh. Namun sayangnya, warga setempat tidak memberi izin kapal tersebut bersandar. Fenomena “manusia perahu” pencari suaka ini terus berulang akibat krisis kemanusiaan di Rakhine Myanmar.

Ada yang terlewat dari cara kita merespon tragedi kemanusiaan terbesar di wilayah Asia Tenggara ini. Sederhananya, mungkin Rohingnya adalah penindasan yang terlupakan oleh dunia. Saya akan mengajak salingers untuk melihat Rohingya dari kacamata refleksi hijrah nabi. Keduanya berangkat dari diskriminasi dan eksploitasi yang diterima di tanah asalnya.

Siapakah Rohingya?

Eskalasi kekerasan terhadap etnis ini terus menerus terjadi dari tahun 2016. Kekerasan justru datang dari pemerintah Myanmar yang enggan mengakui etnis ini sebagai warga negara mereka. Menurut pemerintah Myanmar, Rohingya adalah etnis pendatang yang menurut konstitusi mereka tidak berhak menerima kewarganegaraan.

Melansir dari BBC News, PBB mendefinisikan Rohingya sebagai minoritas agama dan etnis yang hidup di negara bagian termiskin di Myanmar. Bahkan sejarawan berpendapat etnis ini sudah menempati Rakhine sejak ratusan tahun yang lalu.

Hidup di daerah miskin dengan sumber daya yang tidak banyak, menjadikan perebutan sumber daya terjadi tidak sehat. Etnis selain Rohingya yang menempati wilayah tersebut mendiskriminasi dan menumbuhkan sentimen agama. Mereka beranggapan bahwa Rohingya adalah pendatang dan tidak berhak atas sumber daya yang ada.

Gesekan semacam inilah yang menimbulkan konflik bersenjata antar etnis dan kemudian meluas menjadi konflik etnis dan militer. Konflik sejak beberapa tahun terakhir ini, menjadikan Rohingya pada kondisi sosiologis yang betul-betul merugikan. Hak hidup mereka terampas oleh serentetan operasi militer yang lebih pantas disebut genosida.

Melihat Rohingnya Dengan Kemanusiaan

Berada pada kondisi sosiologis yang tidak menguntungkan, banyak warga Rohingya memutuskan untuk meninggalkan Myanmar dengan menggunakan perahu kayu. Mereka berusaha mencari suaka dan penghidupan di negara-negara sekitar yang tidak jauh dari Myanmar.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menerima pengungsi Rohingya dan menampungnya. Namun belakangan, warga Aceh yang wilayahnya sering disinggahi pengungsi tidak mau lagi menerima ratusan “manusia perahu” tersebut.

Saya betul-betul mengapresiasi tindakan warga Aceh. Meskipun mereka menolak pengungsi, mereka masih memberikan bahan-bahan makanan kepada para pengungsi. Kalau bukan rasa kemanusiaan yang bekerja, tolong-menolong ini tidak mungkin terjadi.

Rasanya kita tidak perlu melihat fenomena ini dengan menggunakan jubah agama atau identitas etnis. Kita hanya perlu menggunakan kacamata kemanusiaan dalam melihat tertindasnya para pengungsi Rohingya.

Saya sungguh tidak bisa membayangkan sebuah perahu kayu kecil penuh sesak manusia terombang-ambing di lautan. Agustus lalu, perahu yang membawa pengungsi terbalik di Teluk Benggala, sedikitnya 17 orang meninggal dalam peristiwa tersebut. Belum lagi ada dua kelompok rentan yaitu perempuan dan anak-anak yang ikut dalam perahu tersebut.

Sudah pasti perempuan dan anak-anak paling merasakan dampak terberatnya. Pengalaman reproduksi perempuan (haid) akan terasa sangat berat di tengah situasi yang tidak menentu. Seringkali terlupakan, bantuan kemanusiaan hanya berupa makanan instan dan pakaian, sedangkan pembalut dan kebutuhan perempuan lainnya terlewatkan.

Indonesia tentu tak bisa dituntut menjadi satu-satunya yang memecahkan masalah ini. Perlu andil seluruh pihak termasuk PBB dan ASEAN dalam memecahkan masalah kemanusiaan terberat di Asia Tenggara ini.

Hijrah Yang Tolong Menolong

Kondisi sosiologis yang tidak menguntungkan juga mendorong hijrah umat Islam dari Makkah ke Madinah 1445 tahun lalu. Islam di awal kemunculannya menjadi sebuah identitas yang asing dan menjadi minoritas. Karena menjadi minoritas, muslim pada saat itu mengalami diskriminasi luar biasa dari kaum kafir Makkah.

Hijrah ke Habasyah (Ethiopia) dan ke Madinah bukan langkah keputusasaan dari umat Islam. Hijrah adalah upaya untuk mencari kehidupan sosial yang layak dan terlindungi.

Sementara itu, setelah di tujuan hijrah umat Islam tidak berdiam diri menunggu bantuan. Nabi mempersaudarakan muhajirin dan anshor. Melalui strategi ini, terjadilah kerjasama dan pembagian sumber daya yang adil dan merata. Beberapa sahabat nabi yang menjadi saudara kaum Anshor adalah Abu Bakar dengan Kharijah bin Zubair dan Umar bin Khattab dengan Itban bin Malik.

Kita dapat mengambil semangat tolong menolong dalam hijrah ini dalam melihat Rohingya. Bagaimanapun mereka hanyalah manusia yang sedang dihadapkan dengan konflik kekerasan di tanah kelahirannya. Para pengungsi tidak mungkin datang jika di negara mereka sendiri dalam keadaan aman, bukankah begitu salingers?.

Yang kuat menolong yang lemah, itu adalah semangat hijrah nabi yang harus kita pegang hari ini. Dalam konteks Rohingya, negara penerima suaka cukup dengan memberikan penampungan yang layak bagi pengungsi dan menjamin keamanannya. Jangan sampai di pengungsian mereka mendapat kekerasan dan diskriminasi lagi seperti di negara asalnya. []

Tags: AcehDonasiHijrah NabikemanusiaanRohingya
Aaz Haz

Aaz Haz

Silih Asah Silih Asih Silih Asuh

Terkait Posts

Romo Mangun
Figur

Romo Mangun dan Spiritualitas Membumi: Pahlawan tak Bergelar

13 November 2025
Menyusui Anak
Keluarga

Ketika Menyusui Anak Menjadi Amal Kemanusiaan

11 November 2025
Haid dalam
Keluarga

Islam Menghapus Stigma Haid Perempuan: Dari Mata Iblis ke Martabat Kemanusiaan

4 November 2025
Aborsi
Keluarga

Aborsi, Fiqh, dan Kemanusiaan

31 Oktober 2025
Backburner
Personal

Menolak Backburner: Bahaya Relasi Menggantung dalam Islam

29 Oktober 2025
Korban Kekerasan Seksual
Publik

Membela Korban Kekerasan Seksual Bukan Berarti Membenci Pelaku

14 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Merayakan Hari Ayah

    Selayaknya Ibu, Merayakan Hari Ayah Pun Layak Kita Lakukan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Perempuan Masih Diragukan di Ranah Politik?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kosmetik Ramah Difabel Ternyata Masih Asing di Pasar Lokal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Romo Mangun dan Spiritualitas Membumi: Pahlawan tak Bergelar

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Menjadi Pemimpin Politik, Mengapa Tidak?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Selayaknya Ibu, Merayakan Hari Ayah Pun Layak Kita Lakukan
  • Mengapa Perempuan Masih Diragukan di Ranah Politik?
  • Rahmah El Yunusiyah: Pahlawan Perempuan, Pelopor Madrasah Diniyah Lil-Banat
  • Ulama Fiqh yang Membolehkan Perempuan Menjadi Pemimpin dan Hakim
  • Romo Mangun dan Spiritualitas Membumi: Pahlawan tak Bergelar

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID