Semua Adalah Buruh dan Hamba: Refleksi Hari Buruh dalam Perspektif Mubadalah

Hari Buruh dalam perspektif mubadalah menolak pemisahan peran yang timpang. Semua orang berkontribusi, dan berpeluh dalam cara masing-masing.

Hari Buruh

Hari Buruh

Mubadalah.id – Hari Buruh yang diperingati setiap 1 Mei sejatinya bukan hanya perayaan kelas pekerja, tetapi juga refleksi seluruh umat manusia atas peran, kontribusi, dan relasi dalam kehidupan sosial. Dalam konteks Islam, Hari Buruh bisa dimaknai lebih dalam melalui konsep mubadalah, yaitu prinsip kesalingan dan keadilan dalam hubungan antar manusia.

Melalui perspektif ini, kita semua diajak untuk menyadari bahwa pada dasarnya, setiap manusia adalah buruh—karena semua bekerja, dan sekaligus hamba—karena semua melayani, baik kepada Tuhan maupun sesama.

Buruh Adalah Semua Orang: Menghapus Hierarki Semu

Seringkali kata “buruh” terbatasi pada mereka yang bekerja secara manual, di pabrik, atau pada pekerjaan bergaji rendah. Namun jika kita jujur, bukankah semua manusia bekerja? Seorang petani di sawah, guru di kelas, ibu rumah tangga di dapur, pengemudi ojek di jalan, sampai direktur di ruang kantor ber-AC—semuanya bekerja. Perbedaannya hanya pada bentuk, bukan pada esensinya.

Konsep mubadalah mengajak kita untuk tidak melihat kerja dari kaca mata hierarkis. Dalam mubadalah, relasi terbangun secara setara, saling menghormati, dan saling memberi manfaat. Maka, seorang manajer bukan lebih tinggi dari karyawan; ia hanya memiliki peran berbeda. Seorang ibu rumah tangga yang tak digaji bukan lebih rendah dari pencari nafkah; ia justru menopang kehidupan dari akar terdalam.

Hari Buruh dalam perspektif mubadalah menolak pemisahan peran yang timpang. Semua orang berkontribusi, semua berpeluh dalam cara masing-masing. Karena itu, tidak ada alasan untuk meremehkan pekerjaan orang lain hanya karena tampaknya “rendah”. Yang sejatinya perlu kita hargai adalah keikhlasan, kejujuran, dan manfaat dari kerja tersebut.

Melayani sebagai Wujud Kehambaan

Dalam Islam, manusia kita sebut sebagai abdullah—hamba Allah. Namun kehambaan ini tidak berhenti dalam relasi vertikal antara manusia dan Tuhan, tetapi juga tercermin dalam relasi horizontal antar sesama manusia. Dalam hal ini, bekerja adalah bentuk pelayanan. Kita melayani kebutuhan orang lain, dan pada saat yang sama orang lain juga melayani kebutuhan kita. Inilah prinsip kesalingan.

Contohnya, ketika seorang penjual sayur bangun dini hari untuk mengantar dagangannya ke pasar, ia sesungguhnya sedang melayani kebutuhan makan kita. Saat seorang pengemudi bus mengantar anak-anak ke sekolah, ia sedang menjadi bagian dari proses pendidikan generasi. Dan saat seorang ayah bekerja mencari nafkah, ia sedang melayani keluarganya. Tak satu pun dari peran ini lebih tinggi atau lebih rendah; semua adalah pengabdian.

Konsep mubadalah menegaskan bahwa kehambaan bukanlah simbol kelemahan, tapi justru bentuk kesadaran spiritual tertinggi. Ia mengingatkan bahwa tak satu pun dari kita sepenuhnya mandiri. Kita semua saling membutuhkan, saling membantu, dan saling melayani. Maka, melayani bukanlah beban, melainkan kehormatan.

Menanam Keadilan dan Penghargaan dalam Dunia Kerja

Hari Buruh juga mengingatkan kita akan perjuangan panjang para pekerja dalam menuntut keadilan—upah layak, jam kerja manusiawi, jaminan keselamatan, dan hak atas perlakuan yang adil. Dalam prinsip mubadalah, keadilan adalah syarat utama dalam relasi sosial. Bukan hanya antara pekerja dan atasan, tapi juga antara negara dan warga, laki-laki dan perempuan, bahkan manusia dan lingkungan.

Mubadalah menolak dominasi satu pihak atas pihak lain. Dalam konteks pekerjaan, ini berarti menolak eksploitasi, diskriminasi, dan kekerasan struktural yang merugikan kelompok tertentu, termasuk perempuan, buruh migran, dan pekerja informal. Sebaliknya, mubadalah mendorong ruang kerja yang inklusif, kolaboratif, dan memanusiakan setiap individu.

Merayakan Hari Buruh dalam semangat mubadalah berarti tidak cukup hanya dengan ucapan terima kasih kepada para pekerja. Ia menuntut aksi nyata: memperjuangkan sistem kerja yang adil, mendobrak praktik ketimpangan, dan menjadikan tempat kerja sebagai ruang saling menghargai. Keadilan bukanlah pemberian, melainkan komitmen bersama.

Hari Buruh seharusnya menjadi refleksi bahwa kita semua adalah buruh dan hamba dalam hidup ini. Tak peduli jabatan atau jenis pekerjaan, semua bekerja, semua melayani. Dan dalam perspektif mubadalah, semua relasi harus kita bangun atas dasar saling menghormati dan saling menguatkan.

Sudah saatnya kita merayakan setiap peluh, setiap tangan yang bekerja, setiap waktu yang dikorbankan untuk orang lain—baik di ruang publik maupun domestik, baik yang terlihat maupun yang tak tercatat. Sebab ketika kita menghargai semua bentuk kerja sebagai pengabdian, kita sedang membangun masyarakat yang lebih adil, spiritual, dan manusiawi. []

Exit mobile version