Pengalaman mendengar bunyi tidak berhenti di telinga, namun berlanjut menjadi pengalaman batin. Lantunan bunyi seringkali hadir dalam konteks budaya. Kita sebagai manusia yang terikat pada jejaring konteks tersebut, sering mendefinisikan sebagian bunyi sebagai kesakralan, dan bunyi yang lain menjadi obat.
Ada juga bunyi yang dianggap sebagai kebisingan dan memicu kemarahan atau bahkan malah dianggap sebagai seni. Pengalaman menikmati karya seni boleh saja bersifat subjektif dan begitu personal. Namun, sekelompok apresiator bisa jadi memiliki kesamaan, jika ia berangkat dari pengalaman yang sama.
Video lawas dari konser penyanyi Tania Kassis yang membawakan lagu berjudul “Islamo-Christian Ave” (2012) secara live di Olimpia, Perancis ditanggapi berbeda oleh beberapa kelompok penonton.
Konser ini menghanyutkan ribuan penonton di seluruh dunia hingga menitikkan air mata. Ada pula yang begitu membenci dan menganggap bahwa karya ini telah melecehkan agama. Anda bagian dari yang mana?
Saya mencoba menjadi salah satu dari penonton konser Tania Kassis melalui Youtubenya. Tania tumbuh di Beirut, ibu kota Lebanon yang berkali-kali porak-poranda karena perang. Negeri kelahiran penyair tersohor Kahlil Gibran ini dibangun kembali dari nasionalisme warganya yang telah retak sepanjang tahun 1975-1990 karena perpecahan politik, etnis dan agama.
Pengalaman masa gelap yang panjang menginspirasi orang-orang Lebanon untuk menyampaikan pesan baik melalui sastra maupun seni. Tania Kassis adalah salah satu yang menghimpun suara perdamaian dan menyuarakannya kembali.
Islamo-Christian Ave berisi lantunan nada dan lirik yang ikonik dari dua agama, Islam dan Kristen. Tidak mencoba mengubah kebiasaan dalam keseharian umat Islam, lagu ini memilih dua pria untuk melantunkan nada Adzan yaitu Maen Zakaria dan Mahmoud Massaad, sedangkan Tania Kassis melantunkan Ave Maria.
Keduanya adalah lantunan yang lekat dengan kesakralan bagi masing-masing penganutnya. Jika dicermati tanpa menghiraukan nadanya, ada tiga kalimat yang membangun lagu ini dari awal hingga akhir. Allahuakbar, Ashhadu alla illaha illallah dan Ave Maria. Ketiga kalimat ini dilantunkan berulang-ulang saling bersahutan diantara jeda, sesekali saling memberi kesempatan.
Memori kolektif kita mengarahkan lantunan dua pria tersebut sebagai Adzan. Secara pribadi saya memaknai bahwa dua pria tadi tidak sepenuh-penuhnya sedang melantunkan Adzan, melainkan hanya dua kalimat yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Allah Maha Besar” dan “Tiada Tuhan selain Allah”.
Dua kalimat itu juga sering dibawakan dalam berbagai bahasa dan nada misalnya saja grup band Ungu. Sedangkan Ave Maria sendiri bermakna penghormatan pada Maria dalam keimanan Katholik. Dibingkai dengan piano dan beberapa instrumen gesek sebagai strings latar yang meruang, menjadikan lantunan kalimat dan nada dalam karya auditif ini memberi rasa yang berbeda, baru dan haru.
Dua pria mengambil suara rendah dan tinggi secara bergantian dan dilatari bunyi string bernada rendah. Disusul suara perempuan dengan nada yang minimalis berlatar piano dan string orchestra. Harmoni yang tertangkap telinga saya bukan hanya hasil ramu saling sahut nada-nada dari vokalis dan instrumen, melainkan juga posisi bunyi yang dikondisikan oleh pengatur bunyi.
Jika kita mendengar dengan headphone, akan terasa bunyi pria berasal dari sisi kanan dan kiri (panning) dengan echo dan reverb sehingga terdengar susulan gaung-gaung dan menyebar di seluruh ruang kepala kita. Sedang suara perempuan dan string orchestra terdengar lebar, tersebar dan membangun ruang seolah kita benar-benar berada di konser tersebut.
Pengaturan volume juga tidak dibuat stabil. Tania dan dua pria lainnya secara bergantian mengambil peran yang dominan dalam volume. Saya kira, bukan hanya nada atau lirik, namun semua unsur yang saling melengkapi akan mewujud menjadi kenikmatan di telinga pendengar.
Bagi saya pribadi, lantunan Islamo-Christian Ave ini justru mengantar pada kesadaran akan keagungan Tuhan melalui kemanusiaan para manusia. Manusia yang saling memberi tempat satu sama lain, bumi yang murah hati dan ramah bagi semua mahluk dapat dibangun melalui sikap kita. Seandainya saja manusia tidak berambisi saling menguasai.
Sejarah Republik Lebanon yang menaungi Islam Sunni, Islam Syiah, Druze, Alawit, Maronit, Katholik Roma, Katholik Orthodoks, Kristen Protestan yang pernah saling berseteru, memberi pengalaman perang penuh kegelapan dan mengubur kemanusiaan puluhan tahun. Tania menyadari betapa pentingnya saling menghargai, memberi kesempatan sesama mahluk di muka bumi untuk mencapai kehidupan yang tenteram bagi semua. []