Kamis, 18 September 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Tempat Ibadah Ramah Disabilitas

    Rektor ISIF Dorong Gerakan Tempat Ibadah Ramah Disabilitas dalam MISI ke-10

    Amal Maulid KUPI

    Amal Maulid KUPI dan Majelis Taklim di Yogyakarta Gelar Santunan untuk 120 Perempuan

    Pengaburan Femisida

    Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Saling Pengertian

    Gus Dur, Gereja, dan Kearifan Saling Pengertian Antarumat Beragama

    Tafsir Kesetaraan

    Menilik Tafsir Kesetaraan dan Fakta Kepemimpinan Perempuan

    Bahasa Isyarat

    Membuka Ruang Inklusi: Perlunya Kurikulum Bahasa Isyarat untuk Semua Siswa

    Kerudung Pink

    Kerudung Pink Bu Ana: Antara Simbol Perlawanan dan Standar Ganda terhadap Perempuan

    Seminari dan Pesantren

    Seminari dan Pesantren: Menilik Pendidikan Calon Tokoh Agama yang Berjiwa Kemanusiaan

    Genosida Palestina

    Genosida Palestina: Luka Perempuan di Balik Kekerasan Seksual

    Menteri Lingkungan Hidup

    Menteri Lingkungan Hidup Janji Bangun Sekolah Inklusif Ramah Lingkungan: Beneran?

    Lintas Iman

    Merawat Perdamaian Lewat Nada-nada Lintas Iman

    Nepal

    Ketika Gen Z Memilih Perdana Menteri Nepal Melalui Discord

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Karakter

    Pendidikan Karakter

    konservatif

    Bahaya Konservatif di Tengah Arus Perubahan Zaman

    Ibn Arabi

    Ibn Arabi Mengaji Pada 3 Perempuan Ulama

    Imam Syafi'i

    Imam Syafi’i Mengaji Kepada Sayyidah Nafisah

    Ibn Hazm

    Ibn Hazm Mengaji Kepada Perempuan

    Pernikahan Anak

    Pemerintah Malaysia Harus Menghentikkan Praktik Pernikahan Anak

    Pinjol

    Ketika Game Online Menjerat Anak ke Dalam Jebakan Pinjol

    Adil Gender

    Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender

    Kekerasan Terhadap Anak

    Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Tempat Ibadah Ramah Disabilitas

    Rektor ISIF Dorong Gerakan Tempat Ibadah Ramah Disabilitas dalam MISI ke-10

    Amal Maulid KUPI

    Amal Maulid KUPI dan Majelis Taklim di Yogyakarta Gelar Santunan untuk 120 Perempuan

    Pengaburan Femisida

    Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Saling Pengertian

    Gus Dur, Gereja, dan Kearifan Saling Pengertian Antarumat Beragama

    Tafsir Kesetaraan

    Menilik Tafsir Kesetaraan dan Fakta Kepemimpinan Perempuan

    Bahasa Isyarat

    Membuka Ruang Inklusi: Perlunya Kurikulum Bahasa Isyarat untuk Semua Siswa

    Kerudung Pink

    Kerudung Pink Bu Ana: Antara Simbol Perlawanan dan Standar Ganda terhadap Perempuan

    Seminari dan Pesantren

    Seminari dan Pesantren: Menilik Pendidikan Calon Tokoh Agama yang Berjiwa Kemanusiaan

    Genosida Palestina

    Genosida Palestina: Luka Perempuan di Balik Kekerasan Seksual

    Menteri Lingkungan Hidup

    Menteri Lingkungan Hidup Janji Bangun Sekolah Inklusif Ramah Lingkungan: Beneran?

    Lintas Iman

    Merawat Perdamaian Lewat Nada-nada Lintas Iman

    Nepal

    Ketika Gen Z Memilih Perdana Menteri Nepal Melalui Discord

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Karakter

    Pendidikan Karakter

    konservatif

    Bahaya Konservatif di Tengah Arus Perubahan Zaman

    Ibn Arabi

    Ibn Arabi Mengaji Pada 3 Perempuan Ulama

    Imam Syafi'i

    Imam Syafi’i Mengaji Kepada Sayyidah Nafisah

    Ibn Hazm

    Ibn Hazm Mengaji Kepada Perempuan

    Pernikahan Anak

    Pemerintah Malaysia Harus Menghentikkan Praktik Pernikahan Anak

    Pinjol

    Ketika Game Online Menjerat Anak ke Dalam Jebakan Pinjol

    Adil Gender

    Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender

    Kekerasan Terhadap Anak

    Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Wasit dan Persoalan Kepemimpinan Tak Adil

Saya pikir, kekecewaan kita atas hasil pertandingan antara Timnas kita dengan Bahrain bisa menjadi semacam refleksi

Ahmad Thohari Ahmad Thohari
25 Oktober 2024
in Personal
0
Wasit

Wasit

586
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Tentu saja, masih sangat teringat hasil 2-2 antara Timnas Indonesia melawan Bahrain betapa menyisakan emosi ketidakadilan akan hal kepemimpinan (wasit) dalam euforia kecintaan kita terhadap Timnas. Kemenangan kita terenggut oleh sang wasit.

Untunglah, secara naluriah, kita itu sudah dipaksa untuk kebal dengan jenis-jenis ketidakadilan dengan bentuk macam-macam. Sehingga, kepemimpinan wasit sang wasit, yang membuat seluruh mata pencinta Timnas Indonesia gedek dan marah-marah, tidak terima, kita langsung bisa mupus.

Meskipun masih tersisa bibit-bibit dendam tersimpan. Tak apa. Itu manusiawi, wajar-wajar saja. Justru yang tak wajar adalah ketika diri kita sudah benar-benar kebal dengan hal-hal ketidakadilan. Bisa lebih bahaya. Ketimpangan dalam segala lini kehidupan akan selalu terjadi. Kita tidak bisa membiarkan kezaliman terus terjadi. Sebagaimana kita juga tidak bisa terus-menerus membiarkan diri kita dizalimi tanpa henti.

Untuk itu, marilah kita marah kepada kinerja kepemimpinan sang wasit. Kepada federasi sepak bola Timur Tengah, kepada AFC, kepada struktur yang mengatur seluruh prosesi kepemimpinan yang tak adil itu. Hingga kepada diri kita sendiri, mengapa, misalnya, kita selalu mudahnya diperlakukan tidak adil? Dan seterusnya.

Saya pikir, kekecewaan kita atas hasil pertandingan antara Timnas kita dengan Bahrain bisa menjadi semacam refleksi besar-besaran yang baik untuk kita lakukan bersama-sama. Tak hanya dalam posisi kita sebagai pecinta Timnas, tetapi juga dalam posisi kita sebagai rakyat, karyawan, masyarakat sipil, hingga dalam posisi kita sebagai manusia.

Antara Agen dan Korban

Kalau terjadi kepemimpinan tak adil, yang itu terwakili oleh salah seorang—wasit, misalnya. Tentu saja, wasit tersebut berhak untuk kita salahkan. Akan tetapi, apakah wasit tersebut sungguh-sungguh melakukan kepemimpinan tak adil itu atas kehendaknya sendiri. Atau, jangan-jangan, sebenarnya ada intervensi sistemik yang mendesaknya untuk berlaku tak adil?

Kalau saja yang terjadi adalah kemungkinan kedua, maka sang wasit sesungguhnya juga merupakan korban bagi adanya praktik kepemimpinan tak adil. Kalau sudah demikian, kita sebenarnya juga patut iba kepada sang wasit. Investigasi, karenanya, menjadi sangat harus kita lakukan bila situasinya kita asumsikan pada kemungkinan kedua tersebut. Demi menguak kebenaran-kebenaran yang menjadi sumber dari ketidakbenaran yang wasit lakukan.

Tetapi, investigasi tentu akan membutuhkan hal ekstra, tidak hanya dalam hal tenaga dan dana, tetapi juga waktu. Akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan, mungkin kebenaran akan terkuak ketika interest kita sudah beranjak dari rasa ingin tahu kita tentang kebenaran yang sang wasit itu lakukan.

Kendati demikian, kebenaran yang telah terkuak pastilah akan menjadi ongkos besar bagi “masa depan sejarah sepak bola.” Paling tidak bagi masa depan cara pandang kita terhadap persoalan-persoalan sepak bola.

Memahami Posisi Kepemimpinan Tak Adil

Mari kembali memahami kepemimpinan tak adil sang wasit melalui apa saja yang dia klarifikasikan di saat-saat setelah game sudah usai dengan hasil yang dapat kita terima bersama-sama. Sang wasit yang kita kritik, bahkan dicaci maki akibat buah kepemimpinan tak adilnya, memberikan klarifikasi demikian. Misalnya: “tolong hentikan komentar dan pesan negatif, saya hanya jujur dan adil di lapangan. Kenapa saya diserang, saya tidak bersalah.”

Tentu saja, sebagai pecinta Timnas, kita semakin tambah marah dengan klarifikasi yang sama sekali tidak mengklarifikasi apapun semacam itu. Wong, jelas-jelas kinerja kepemimpinan yang dia lakukan sama sekali tidak mencerminkan posisinya laiknya pemimpin pertandingan yang adil dan jujur. Kok, bisa-bisanya memberikan klarifikasi seperti itu.

Namun demikian, mari pula kita pahami situasinya dengan cara berbeda, memposisikan sang wasit sebagai pihak yang juga merupakan korban. Pertama, sebagai korban dari bencana kedunguan dan kondisi tak tahu diri. Kedua, tentu saja, sebagai korban intervensi sistemik dari adanya model kepemimpinan tak adil yang jauh lebih kuat dan besar. Artinya, sang wasit kita pahami hanyalah boneka kecil yang diperalat. Bisa saja hidupnya sedang terancam dan tersiksa karir profesinya.

Potensi Kepemimpinan Tak Adil

Memahami sang wasit dari hanya sekadar dalam posisi pertama boleh kita kata adalah hal naif. Namun tetap penting juga untuk kita pahami dan kita analisis pola eksistensinya. Karena, kedungunan dan kondisi tak tahu diri merupakan hal berharga bagi beranak-pinaknya boneka-boneka yang bisa di-casting untuk mempertunjukkan berbagai adegan-adegan kepemimpinan tak adil.

Dengan demikian, kalau kita memahami itu, setidak-tidaknya kita tidak semakin memperparah adegan-adegan kepemimpinan tak adil dengan ikut merawat kedungunan dan kondisi tak tahu diri. Justru sebaliknya, yang kita lakukan adalah turut memperbaiki dengan menyemai diri lewat hal-hal yang cerdas dan bijaksana.

Sedangkan, dengan memahami sang wasit dalam posisi kedua, kita akan memahami bahwa meski potensi kepemimpinan tak adil selalu ada. Sebagaimana potensi ketidakadilan yang juga selalu ada—hal yang jauh lebih mengerikan sesungguhnya adalah ketika potensi itu memang sengaja dicipta-inovasikan.

Kemudian kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk diadegankan demi tujuan-tujuan yang sangat menyakiti perasaan dan pikiran sehat. Sehingga, mengguncang kemanusiaan karena mencipta berbagai jenis ketimpangan, baik secara struktural-permainan dan sosial.

Wasit dan Refleksi Kepemimpinan Presiden

Karena itu, sesungguhnya saya ingin mengatakan bahwa kepemimpinan tak adil adalah hal jamak yang tanpa kita sadari selalu mengelilingi sekaligus sering menghampiri dan menimpa ruang pribadi kehidupan kita.

Tak hanya dalam saat kita menonton pertandingan sepak bola, namun juga ketika kita sedang menjadi anak. Atau menjadi rakyat, menjadi siswa maupun mahasiswa, menjadi karyawan dengan segala ihwal posisinya, bahkan menjadi manusia itu sendiri. Selalu, kita ditabrak dan terhimpit oleh model-model kepemimpinan tak adil. Entah yang kita lakukan secara sengaja maupun berpura-pura tidak sengaja.

Dan, secara khusus, sesungguhnya saya juga sangat ingin mengajak untuk memahami pula pola kepemimpinan tak adil yang terjadi dalam struktur policy pemerintahan negara kita. Jika kita menempatkan sosok Presiden, juga seluruh pejabat pemerintahan—yang baru-baru saja terlantik dan terpilih untuk menjalani berbagai macam policy kepemimpinan bangsa dan negara. Sebagai layaknya sang wasit, maka kita mesti pula memahaminya dalam dua macam posisi yang saya tuliskan sebelumnya.

Mari kita sama-sama menyiapkan kuda-kuda diri untuk menyimak, memahami, sekaligus mengkritisi hal-hal yang akan terjadi dalam pola kepemimpinan baru pemerintahan kita. Demi supaya kita benar-benar dapat memahami posisi dan pola eksistensi kepresidenan kita dalam koordinat yang tepat dan akurat.

Apakah dalam posisi korban pula atau memang benar-benar pemain ketidakadilan yang sesungguhnya? Persis ungkapan sang wasit yang diprediksikan akan ngomong demikian tatkala terdesak psikologi dan tanggung jawab kepemimpinannya, “tidak ada penjelasan yang bisa saya berikan, semoga anda bisa memahami posisi saya.” []

 

 

 

 

Tags: keadilanKepemimpinanolahragasepak bolaWasit
Ahmad Thohari

Ahmad Thohari

Ahmad Miftahudin Thohari, lulusan mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam UIN Raden Mas Said Surakarta, punya minat kajian di bidang filsafat, sosial dan kebudayaan. Asal dari Ngawi, Jawa Timur.

Terkait Posts

Tafsir Kesetaraan
Publik

Menilik Tafsir Kesetaraan dan Fakta Kepemimpinan Perempuan

18 September 2025
Negara, Kekuasaan
Publik

Negara, Kekuasaan, dan Problematika Kemanusiaan

12 September 2025
Ketimpangan Gender
Publik

Menggeser Sri Mulyani, Namun Tidak Menggeser Ketimpangan Gender

10 September 2025
Affan Kurniawan
Publik

Hannah Arendt: Antara Affan Kurniawan, Negara, dan Kekerasan

30 Agustus 2025
Menjadi Perempuan Adalah Cobaan
Personal

“Menjadi Perempuan Adalah Cobaan” Ini Jelas Sesat Logika!

28 Agustus 2025
Aquarina Kharisma Sari
Publik

Menyoal Podcast Aquarina Kharisma Sari; Benarkah Feminisme Menjadikan Perempuan Bermental Korban?

12 Agustus 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Genosida Palestina

    Genosida Palestina: Luka Perempuan di Balik Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membuka Ruang Inklusi: Perlunya Kurikulum Bahasa Isyarat untuk Semua Siswa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Seminari dan Pesantren: Menilik Pendidikan Calon Tokoh Agama yang Berjiwa Kemanusiaan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kerudung Pink Bu Ana: Antara Simbol Perlawanan dan Standar Ganda terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ibn Arabi Mengaji Pada 3 Perempuan Ulama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Gus Dur, Gereja, dan Kearifan Saling Pengertian Antarumat Beragama
  • Pendidikan Karakter
  • Menilik Tafsir Kesetaraan dan Fakta Kepemimpinan Perempuan
  • Bahaya Konservatif di Tengah Arus Perubahan Zaman
  • Membuka Ruang Inklusi: Perlunya Kurikulum Bahasa Isyarat untuk Semua Siswa

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID