Mubadalah.id – Beberapa waktu lalu saya mengadakan diskusi dengan sebuah organisasi daerah mahasiswa Madura di Yogyakarta. Tema yang diangkat bagi saya adalah persoalan yang sangat sensitif ketika membawanya dalam konteks Madura. Yakni ‘Kesetaraan gender dan konstruksi sosial’. Tema tersebut semacam sebuah judul tesis yang mahasiswa kajian gender ambil untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Namun, mari kita mulai tema tersebut dengan hal-hal yang tidak pernah saya bayangkan.
Di luar dugaan yang saya perkirakan. Sebab yang hadir adalah mayoritas laki-laki, mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Usia mereka beragam. Tapi yang saya notice adalah mereka gen Z yang sedang giat menempuh pendidikan tinggi di kampus. Kehadiran laki-laki baru ini menjadi angin segar untuk memperjuangkan kesetaraan di Madura.
Saya mengawali forum dengan kisah ketimpangan yang terjadi antara perempuan dan laki-laki. Bagi saya, terlahir sebagai perempuan harus selalu kita barengi dengan kata ‘menjadi’ perempuan. Sebab kalau tanpa usaha dan proses dengan wujud ‘menjadi’ tersebut, kehidupan seorang perempuan tetaplah seperti apa yang masyarakat konstruksikan. Mulai dari akses pendidikan yang rendah, kurangnya akses untuk berkarir dalam ranah publik, hingga pilihan untuk tidak menikah.
Maka perlu daya dan upaya bagi seorang perempuan untuk mendapatkan kesempatan pendidikan yang layak, memilih jalan hidupnya, sekalipun harus berkompromi dengan kedua orang tuanya. Namun, apakah semua ini perempuan yang melakukannya? tentu tidak. Banyak perempuan yang memilih untuk langsung menikah pasca menempuh pendidikan SD, SMP, ataupun SMA.
Pilihan untuk Segera Menikah
Bisa jadi keinginannya tersebut karena keterbatasan pengetahuan dalam diri dia tentang pendidikan dan pengetahuan yang selama ini dia akses. Maka, seorang perempuan lebih menginginkan menikah dan punya anak lalu mengurus rumah tangga.
Tapi ini sebagian besar kasus. Sebagian yang lain, ketika menemukan seorang perempuan yang lebih memilih menikah dan mengurus rumah tangga atas dasar kehendak pribadinya, berkompromi dengan pasangannya, maka tidak menjadi soal.
Salah satu peserta forum bertanya, “Tapi saya selalu bingung kak dengan kehadiran perempuan. Semisal di kampus. Teman-teman perempuan seperti Korp, Kohati atau teman-teman aktivis perempuan lainnya justru tidak berkenan ketika kami suruh maju dalam kepemimpinan Dema atau Sema ataupun tatanan organisasi kampus lain. Porsi untuk perempuan berkarir dalam politik selalu kurang. Bukankah ini adalah masalah perempuan sendiri?”
Pertanyaan ini memantik ingatan saya beberapa tahun silam ketika disuruh maju mencalonkan diri pada pemilu kampus. Saya menolak dengan keras tawaran tersebut dengan berbagai pertimbangan. Sontak komentar bahwa aktivis perempuan hanyalah pandai secara teori tapi dalam tindakan nonsense sangat ramai karena memilih untuk tidak maju ke publik.
Pemimpin Perempuan
Mari kita bicarakan permasalahan ini. Ketidakmauan seorang perempuan menjadi pemimpin, atau penolakan seorang perempuan menjadi pemimpin salah satu faktornya adalah tentang pembentukan diri. Sejak kecil, kita diasuh dengan pola asuh yang berbeda. Laki-laki biasa tampil sebagai sosok petarung yang sama sekali tidak perempuan miliki.
Permainan laki-laki sangat berbeda dengan perempuan. Saya masih ingat mainan kecil saya tentang baju-bajuan barbie ataupun main masak-masakan. Beda halnya dengan laki-laki yang sejak kecil diajak main bola, adu burung dara, dll.
Pola asuh ini kemudian menyebabkan perempuan tampil bukan sebagai sosok pejuang. Maka untuk menciptakan sosok perempuan yang tangguh, tidak hanya pengetahuan dan kesadaran dalam diri perempuan itu sendiri. Akan tetapi butuh afirmasi positif yang terbentuk oleh lingkungan di sekelilingnya.
Alasan ini membuat saya setuju dengan penolakan beberapa tahun silam. Sebab lingkungan pada waktu itu, sangat tidak mendukung perempuan untuk menjadi pemimpin. Bahkan tidak jarang, para laki-laki yang berada dalam organisasi tersebut tidak ingin bergabung dalam organisasi itu apabila dipimpin seorang perempuan.
Kehadiran Laki-laki Baru
Kegelisahan para aktivis laki-laki tentang absennya perempuan ketika dicalonkan sebagai pemimpin, harus kita imbangi dengan afirmasi positif dari organisasi tersebut. Apabila tumbuh kesadaran bahwa perempuan memiliki ruang untuk memimpin dan memiliki kesempatan untuk belajar lebih luas, harus kita imbangi juga dengan kemampuan kolektif menciptakan ruang yang aman bagi perempuan.
Sebab selama ini ruang aktivis kampus masih didominasi laki-laki. Apabila tidak tercipta ruang aman bagi perempuan, maka sampai kapanpun perempuan tidak akan masuk dalam lubang setan tersebut. Memang, butuh waktu yang sangat panjang dalam proses ini. Tapi kehadiran laki-laki baru dalam diskusi malam itu, saya yakin menjadi sebuah ruang untuk membentuk pola pikir dan kesadaran baru. Bahwa penting bagi kita untuk memberikan akses yang sama kepada perempuan dalam persoalan pendidikan, pengetahuan, dan kesempatan berkarir di ruang publik. []