Mubadalah.id – Dalam perkawinan, al-Qur’an sendiri menyebutkan bahwa tujuan perkawinan adalah seperti ayat di bawah ini:
وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
Artinya: Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS. ar-Rum ayat 21)
Jika memperhatikan ayat ini dengan saksama kita akan menemukan paling tidak tiga kata kunci bagi sebuah perkawinan yang diarahkan dan diharapkan ayat tersebut.
Pertama, kata litaskunu ilaiha, yang secara umum diterjemahkan dengan, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya.
Al-Raghib al-Ishfahani dalam Mu’jam Mufradat li Alfazh al-Qur’an menyebut kata sakana, sebagai akar kata litaskunu, dengan sejumlah arti antara lain: diam sesudah bergerak, tetap, menetap, bertempat tinggal, tidak ada rasa takut, tenang, dan tenteram.
Pengertian ini tentu saja memberi arti bahwa perkawinan sebagai wahana atau tempat perlindungan untuk menjalani hidup dengan penuh kedamaian dan aman.
Mawaddah
Kata kunci kedua adalah mawaddah. Muqatil bin Sulaiman (w. 150 H), ahli tafsir paling klasik, mengemukakan pandangannya bahwa kata mawaddah memiliki empat arti.
Tiga di antaranya adalah al-Mahabbah (cinta), al-Nashihah (nasehat), dan al-Shilah (hubungan yang kuat).
Dengan ketiga arti ini, perkawinan sebagaimana ayat al-Qur’an di atas, merupakan ikatan yang dapat melahirkan hubungan saling mencintai, saling menasehati, dan saling menghargai satu sama lain.
Terhadap arti yang ketiga ini muqatil mengatakan bahwa al-shilah atau hubungan yang kuat adalah hubungan yang tidak ada tindakan dan ucapan saling menyakiti.
Sementara al-Ishfahani menyebut mawaddah dengan, “mahabbah al-syai-i wa tamanni kaunihi,” (mencintai sesuatu dan merindukannya).
Kata kunci ketiga adalah rahmah. Al-Raghib al-Ishfahani menyebut bahwa kata ini mengandung arti, “riqqah taqtadhi al-ihsan ila al-marhum,” (kelembutan hati yang mengharuskan pemberinya berbuat baik kepada orang yang kita kasihi).
Pengertian yang sama juga, al-Jurjani sampaikan dalam Kitab al-Ta’rifat. Ia mengatakan bahwa al-Rahmah berarti, “iradah ishal al-khair,” (kehendak menyampaikan kebaikan).
Dalam bahasa Indonesia rahmat berarti kasih sayang yang mendalam dan bersifat batin atau dengan sepenuh dan setulus hati.*
*Sumber: tulisan KH. Husein Muhammad dalam buku Ijtihad Kyai Husein, Upaya Membangun Keadilan Gender.