Mubadalah.id – Perbedaan pandangan ulama Islam dalam menyikapi isu gender bahkan isu-isu ketimpangan relasi yang lain, terjadi antara lain akibat perbedaan mereka dalam cara memahami teks-teks suci.
Ali bin Abi Thalib pernah menyatakan : “Al-Qur’an adalah teks-teks suci yang tidak bisa bicara sendiri. Yang bicara adalah orang”.
Ini mengandung arti bahwa teks-teks hanya dapat dimengerti atau dipahami artinya oleh manusia yang hidup dalam ruang dan waktunya masing-masing.
Cara memahami teks dalam tradisi Islam dikenal dengan dua istilah: “Tafsir” dan “Ta’wil”. Dua kata ini sering dimaknai secara sama, yaitu menjelaskan, mengungkapkan atau menerangkan sesuatu. Akan tetapi secara terminologis keduanya berbeda.
Secara ringkas dapat dikemukakan bahwa Tafsir lebih berkaitan dengan “riwayat”, informasi, nukilan atau sumber berita, sementara ta’wil berkaitan dengan “dirayah” (pemahaman), isi/substansi berita. Abu Nasr al-Qusyairi mengatakan:
”Dalam tafsir yang kita utamakan adalah mengutip dan mendengar, sedangkan dalam ta’wil yang kita utamakan adalah mengeksplorasi pengetahuan (ijtihad)”.?
Dalam tafsir pemaknaan tekstual/literal lebih kita perhatikan dan kurang memberikan perhatian pada makna alegoris atau metaforis.
Kemudian, dalam teori mereka jika sebuah kata dapat kita maknai secara literal dan metafora, maka yang harus kita utamakan adalah arti literal.
Ta’wil
Sementara dalam ta’wil teks, sebagian para ulama bersepakat tidak semata kita lihat pada arti literalnya. Melainkan menganalisis makna substansif, pada maksud dan tujuannya.
Di sini tampak bahwa ta’wil menghendaki lebih dari sekedar memahami teks dari makna tekstualnya, melainkan pada logika dan filsafatnya. Ta’wil amat identik dengan hermeneutik.
Lebih jauh dari sekedar memahami teks dari aspek makna teks itu sendiri, pemahaman atas teks, menurut sebagian ulama teori ta’wil, juga meniscayakan pengetahuan tentang konteks yang menyertai isu itu sendiri dan konteks sosial, budaya dan politiknya yang melingkupinya.
Imam al-Syathibi, mengatakan bahwa untuk memahami teks suci al-Qur’an, diperlukan pengetahuan tentang sejumlah kondisi dan konteks, antara lain, bahasa, audiens dan situasi-situasi di luarnya.
Pemahaman atas konteks di luar teks adalah niscaya. Tanpa hal ini kita sama sekali tidak dapat memahami al-Qur’an secara genuine dan komprehensif dan akan kehilangan relevansinya. Ini berbeda dengan teori tafsir.
Peristiwa yang melatarbelakangi munculnya teks dan konteks sosio-historis yang menyertainya, menurut teori tafsir. tidak terlalu signifikan. Yang utama adalah makna literal teks sendiri.
Jika kita menghubungkan teori pembacaan teks ini pada dua aliran di atas, maka jelas sekali bahwa aliran konservatif lebih cenderung mengambil teori pembacaan Tafsir sebagai cara memahami teks-teks agama, sementara aliran progresif memilih sebaliknya.
Dari sini pula kita sering mengatakan bahwa aliran konservatif adalah kaum literalis dan tradisionalis, sedangkan aliran progresif adalah kaum rasionalisliberalis.
Kaum konservatif memandang bahwa ketentuan literal dalam teks-teks suci adalah final. Sementara kaum progresif menganggap teks mengandung arti yang dinamis dan befproses untuk menjadi secara terus menerus. []