Mubadalah.id – Sebelum mengulas Gadis Kritik, saya akan mengawalinya dengan catatan tentang komedi dalam media yang seringkali menjadi medium bagi kritik terhadap kekuasaan. Sebut saja sosok-sosok komedian kondang di Indonesia. Mulai dari generasi Warkop DKI, Pandji Pragiwaksono, hingga Bintang Emon yang ramai menyajikan materi satir sosial politik sebagai peluru selentingan bagi penguasa dalam pagelaran komedinya.
Jalan komedi dapat menjadi peluru mujarab dalam memainkan kontrol sosial. Selain pemainnya bisa dengan lugas melancarkan kritik, ruang tawa yang lahir dalam humor juga mampu menembus batas kelas sosial dan meminimalisir prasangka pemirsa.
Baik humor maupun kritik, kedua hal tersebut sudah semestinya menjadi hak milik semua orang. Sayangnya, representasi perempuan amat jarang muncul mengambil peran ini. Ruang-ruang kritik politik dalam humor terkesan amat maskulin dan eksklusif. Di mana ruang ini tersiarkan larut malam melalui saluran “televisi berita” yang identik dengan selera bapak-bapak.
Barangkali, media Indonesia yang masih melanggengkan stereotip peran gender turut berperan dalam persoalan ini. Melalui film dan drama televisi, media menciptakan ilusi “perempuan dan laki-laki ideal” yang digandrungi. Konflik percintaan dan drama perselingkuhan masih menjadi tema utama yang ampuh menarik pemirsa.
Pada November lalu, dalam pagelaran perayaan ulang tahun Mata Najwa ke-13, hadir sketsa komedi Gadis Kritik yang disajikan oleh seniman Rina Nose. Dalam pertunjukannya, Rina memainkan beat komedi satir yang membahas persoalan sosial menjelang pemilu 2024. Perannya teradaptasi dari sosok Dasiyah, tokoh perempuan dalam serial drama besutan Netflix yang naik daun akhir-akhir ini.
Dalam beberapa ulasan di laman media sosial, Rina dinilai apik dalam memainkan perannya. Kali ini Dasiyah menjelma menjadi sosok yang piawai meramu kritik, bahkan berambisi meracik kritik terbaik di dunia. Bermacam topik pun ia singgung langsung di depan ketiga calon eksekutif yang hendak berlaga, mulai soal politik, budaya, anak muda, hingga persoalan gender.
Perempuan dalam Ekstasi Media
Serial Gadis Kretek merupakan serial adaptasi dari novel dengan judul sama. Ditulis oleh Ratih Kumala, secara umum, novel ini menuturkan berbagai isu-isu perempuan dalam industri kretek dengan berbagai kompleksitas konflik tahun 1965.
Namun sayang, tampaknya serial adaptasi ini tidak disambut pemirsa sebagaimana sang penulis mungkin maksudkan. Berkaca dari berbagai ulasan penonton di media sosial, isu perempuan yang terang terekspresikan justru kurang seksi menarik perhatian para pemirsa.
Setidaknya, berdasar pengamatan kasar atas respon penonton serial Gadis Kretek di media sosial, dengan gamblang dapat kita simpulkan bahwa banyak pengguna malah berfokus terhadap konflik romansa antar tokoh. Narasi yang terbangun oleh akun-akun tersebut membangun kesan kehanyutan dalam polemik cinta segitiga antara Dasiyah, Raja, dan Seno.
Berkaca dari informasi umum yang bisa kita tangkap melalui laman profil media sosial, saya asumsikan bahwa pemilik akun-akun tersebut adalah perempuan usia dua puluh sampai empat puluh tahunan. Bisa kita tebak, kelompok tersebut tentu merupakan target utama dari industri sinetron televisi di Indonesia.
Kisah-kisah drama pernikahan hingga kini masih merajai belantika dunia sinetron Indonesia. Sebut saja serial drama Ikatan Cinta RCTI atau seri FTV Azab Indosiar. Di mana terbukti ramuan konflik perselingkuhan masih efektif dan digemari. Formula yang terpakai juga mudah saja, mengglorifikasi sosok perempuan ideal dalam penokohan karakternya.
Fenomena ini dapat kita jelaskan dengan meminjam pemikiran Tania Modleski. Menurutnya, sinetron atau opera sabun merupakan sebuah fantasi yang terjual secara massal kepada perempuan. Fantasi ini lantas perempuan gunakan sebagai cara memenuhi hasrat yang tidak dapat ia peroleh di dunia nyata.
Secara dominan, kebanyakan sinetron mewakili dua jenis karakter perempuan: perempuan ideal atau biadab. Tipe-tipe yang berlawanan ini sengaja tersandingkan sedemikian rupa yang kemudian menjelma menjadi ekstasi bagi perempuan. Penonton kita ajak berilusi menjadi sosok perempuan ideal dengan menginternalisasi jalannya kamera (yang melihat segala sosok berlawanan sebagai gambaran kejahatan).
Sembuh dari Adiksi
Barangkali sudah menjadi keniscayaan bahwa bumbu konflik romansa dalam sebuah serial drama akan menambah gairah pemirsa. Lantas seperti seharusnya bumbu dalam masakan, meski pasti membuat sedap, namun intisari dan nilai gizi makanan ada pada bahan pokoknya.
Gadis Kretek dan beberapa produk sinema serupa memulai gerakan untuk mendobrak representasi normatif perempuan dalam arus media utama. Menghadirkan isu-isu gender ke permukaan, produk industri sinema ini menyajikan tokoh utama perempuan yang lebih progresif.
Progresifitas ini barangkali juga terdorong atas tumbuhnya moral baru yang berkembang pada kelompok usia perempuan lebih muda. Atas nama isu-isu perempuan yang melaju pesat dalam obrolan laman media sosial, sosok “Independent Woman” sempat menjadi trend di laman media sosial tiktok dan instagram. Sosok perempuan yang mendobrak stereotip gender tradisional pun mendadak digandrungi.
Akan tetapi, fenomena pergeseran nilai dalam tontonan ini tidak serta-merta teradaptasi oleh semua kalangan. Mengutip Tania Modleski dalam gagasannya tentang perempuan dalam media, perempuan dengan tingkat edukasi lebih rendah memang masih condong menyukai hiburan jenis romansa sebagai pelarian dari tekanan sosial. Sembuh dari ekstasi media yang membelenggu perempuan tampaknya masih membutuhkan kerja ekstra, bukan hal yang bisa terlaksana dengan serta-merta.
Soal Representasi dan Keberpihakan
Dalam perspektif saya, barangkali dapat saya katakan bahwa sketsa Gadis Kritik-nya Rina Nose memang tidak dengan detail menguliti satupun premis yang tersajikan. Tidak dalam masing-masing sub topik, baik kebudayaan, politik, maupun dalam materi keperempuanan sekalipun.
Namun, seperti halnya Dasiyah dalam Gadis Kretek atau Najwa Shihab dalam Mata Najwa, sajian sketsa komedi Gadis Kritik tetaplah penting sebagai bentuk keberpihakan kita terhadap representasi perempuan yang lebih adil dalam media Indonesia. []