Mubadalah.id – Prinsip-prinsip ajaran Islam menolak segala ekspresi yang dikategorikan sebagai siaran kebencian karena sifatnya yang destruktif. Islam sendiri secara asasi hadir untuk kedamaian, kemanusiaan, dan kemaslahatan.
Di antara prinsip Islam yang bisa menjadi dasar penolakan siaran kebencian adalah ajaran tauhid dan prinsip saling menghargai sesama manusia.
Dengan dua prinsip ini, pada tataran praktis, Islam dengan tegas melarang menghina dan mencemooh keyakinan atau agama lain. Islam juga menuntut umatnya untuk bisa menghormati perbedaan pandangan dan tafsir atas teks-teksnya.
Bagaimana Tauhid menjadi prinsip anti siaran kebencian?
Tauhid adalah prinsip paling fundamental dalam doktrin teologi Islam. Ia menjadi titik sentral dan puncak bagi seluruh ajaran Islam dalam berbagai dimensinya.
Pengertian Tauhid dikemukakan dengan tegas dalam sebuah kalimat “La Ilaha Illallah”, Tidak ada Tuhan kecuali Allah. Ini adalah titik fokus awal dan akhir dari seluruh pandangan, tradisi, budaya dan peradaban masyarakat muslim.
Hanya kepada Dialah seluruh aktivitas hidup dan kehidupan manusia persembahkan. Tuhan adalah Eksistensi Tunggal yang manusia sembah, agungkan dan cintai, karena Dialah satu-satunya Pencipta, Penguasa, Pemilik, Penggerak dan Pemelihara alam semesta.
Kalimat “La Ilaha” (tidak ada tuhan) merupakan bentuk pernyataan penolakan atau penegasian terhadap segala hal yang kita agungkan, puja atau sembah. Pernyataan ini tidak hanya kita ucapkan, tetapi harus mewujud dan terefleksi dalam realitas sosial.
Dalam hal demikian, maka pernyataan ini sesungguhnya mengandung arti pembebasan diri manusia dari segala bentuk perbudakan manusia atas manusia, perbudakan diri atas benda-benda. Termasuk perbudakan atas segala kebanggaan pada diri sendiri, kebesaran diri sambil merendahkan orang lain. Juga klaim kebenaran diri sambil menyalahkan orang lain, Ini semua adalah bentukbentuk penyamaan diri dengan Tuhan.
Dalam satu tarikan nafas yang sama kemudian menegaskan “Illa Allah” (kecuali Allah) yang berarti mengukuhkan bahwa hanya Allah sendiri dan satu-satunya yang harus kita puja, sembah dan cintai. Hanya Dia sendirilah yang memiliki kebesaran, kekuasaan, kebenaran dan Pemilik segala-galanya yang absolut.
Pernyataan ini dengan sendirinya juga membawa konsekuensi sosial paling rasional bahwa semua manusia dan ciptaan Tuhan yang lain adalah setara di hadapan-Nya. Serta tidak ada yang lebih tinggi dan lebih utama. Keutamaan dan kelebihan hanyalah mereka yang paling mencintai dan paling dekat dan paling setia kepada-Nya. []