Mubadalah.id – Baru-baru ini ramai di media sosial perseteruan antara Nikita Mirzani dan anaknya Lolly. Konflik orang tua dan anak yang tak terelakkan. Perselisihan keduanya sebenarnya sudah terjadi sejak kurang lebih dari satu tahun belakangan. Hal ini kita ketahui karena keduanya selalu mengekspose permasalahannya di akun instagram masing-masing.
Saling sindir pun terjadi antara keduanya. Perseteruan orang tua dan anak ini pada akhinya memicu pro dan kontra dari netizen. Ada yang berpihak kepada loly dan ada pula yang berpihak kepada Nikita Mirzani.
Saat ini netizen dihebohkan dengan perselisihan mereka yang kembali terjadi. Hal ini lantaran bereder video Lolly terlihat emosi dengan memaki ibunya sendiri dengan sebutan anjing. Setelah itu netizen kembali heboh dengan video Lolly yang memberontak saat dijemput paksa oleh Nikita Mirzani. Dari video tersebut netizen kemudian ramai-ramai mendukung apa yang Nikita Mirzani lakukan.
Konsep Birrul Walidain dalam Islam
Permasalahan antara orang tua dan anak ini memang cukup rumit. Seorang anak kita tuntut harus berbakti kepada kedua orang tuanya. Tetapi pada satu sisi perlu kita bicarakan kembali orang tua seperti apa yang harus kita taati dan diikuti. Dalam al-Qur’an perintah untuk berbuat baik kepada orang tua terdapat pada beberapa ayat di antaranya, QS. Luqman ayat 14, Al-Isra’ ayat 23.
وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا
Artinya: Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seroang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.
Quraisy Shihab dalam tafsir al-Misbah menyatakan bahwa kata karim jika kita kaitkan dengan akhlak dalam menghadapi orang lain, maka ia bermakna pemaaf. Sehingga ia bermkana Jika orang tua melakukan suatu “kesalahan” terhadap anak. Kesalahan itu harus kita anggap tidak ada/dimaafkan (dalam arti dianggap tidak pernah ada dan terhapus dengan sendirinya). Karena tidak ada orang tua yang bermaksud buruk terhadap anaknya.
Batasan Berbakti pada Orang Tua
Allah memang memerintahkan untuk berbakti kepada orang tua. Hal ini terlihat dari beberapa ayat tentang perintah tersebut. Namun, di sisi lain Allah juga memberikan peringatan untuk tidak selalu menaati kedua orang tua sebagaimana dalam QS. Luqman ayat 15.
وَاِنْ جَاهَدٰكَ عَلٰٓى اَنْ تُشْرِكَ بِيْ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِى الدُّنْيَا مَعْرُوْفًاۖ وَّاتَّبِعْ سَبِيْلَ مَنْ اَنَابَ اِلَيَّۚ ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ
Artinya: jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan-ku dengan sesuatu yang engkau tidak punya ilmu tentang itu, janganlah patuhi keduanya (tetapi) pergauilah keduanya di dunia dengan baik dan ikutilah jalan orang yang kembali kepadaku. Kemudian, hanya kepadaku kamu kembali, lalu aku beri tahukan kepadamu apa yang biasa kamu kerjakan.
Dengan mengambil dua argumen teologis di atas dapat kita ketahui bahwa menghormati dan mematuhi kedua orang tua merupakan sebuah kewajiban bagi anak. Namun tidak semua perintah orang tua harus kita patuhi. Walaupun begitu, sebagai seorang anak tetap memiliki kewajiban untuk menghormati kedua orang tuanya. Sehingga dalam hal ini substansi pada konsep birrul walidain adalah menghormati dan patuh dalam norma-norma keislaman.
Birrul Walidain Perspektif Mubadalah
Kalimat birrul walidain tidak akan pernah terlepas dengan kalimat wabil walidaini ihsana. Selama ini seorang anak selalu dituntut untuk taat dan berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Padahal jika hal yang demikian berlaku kepada orang tua, maka dalam konsep mubadalah hal demikian juga berlaku kepada anak. Orang tua juga dituntut untuk selalu berbuat baik kepada anak, tidak boleh menzalimi mereka, dan memberikan kasih sayang sebagaimana mestinya.
Walaupun begitu, relasi orang tua dan anak tidak selalu berjalan mulus. Ketika anak telah menginjak remaja akan selalu muncul pertentangan-pertentangan dari mereka. Akibatnya adalah terjadi konflik antara keduanya yang terkadang menyebabkan anak memberontak, kabur dan tertekan. Mungkin hal inilah yang terjadi pada awal perseteruan antara Nikita Mirzani dan loly sampai sekarang.
Menyikapi hal tersebut dalam perspektif mubadalah tidak dapat menyalahkan anak ataupun orang tua, yang perlu dilakukan adalah saling intropeksi diri. Dalam hal ini tentu orang tua sebagai yang lebih dewasa memiliki peran penting untuk merangkul sang anak. Sehingga orang tua perlu untuk mengalah terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan deeptalk dengan sang anak.
Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa sang anak yang mengalah terlebih dahulu dan kemudian deeptalk bersama orang tuanya. Jika antara keduanya saling keras kepala dan tidak ada inisiatif untuk mengalah maka konflik tersebut akan terus berkelanjutan. Tentunya akan berdampak kepada sang anak ketika menjelang dewasa. Wallahua’lam. []