Mubadalah.id – Sosok yang idel dijadikan pasangan hidup adalah yang sekufu (kafa’ah) dan yang berkesalehan. Menurut Islam, kafa’ah atau kesepadanan dan kesederajatan dalam pernikahan, dipandang sangat penting.
Sebab, dengan adanya kafa’ah antara suami-istri itu, usaha untuk membina rumah tangga yang islami akan lebih mudah terwujud.
Ukuran kafa’ah dalam Islam yang terpenting adalah kesederajatan dalam kualitas iman, takwa, ahklak dan kesalehan seseorang, bukan status sosial, keturunan, kekayaan dan kerupawanan.
Meskipun demikian, hal-hal terakhir ini juga perlu dipertimbangkan untuk tujuan menjamin keselarasaan yang lebih sempurna dalam rumah tangga, asalkan jangan dijadikan prinsip utama dan tidak berlebih-lebihan.
Dalan konteks ini Islam memandang sama derajat manusia, baik itu orang Arab maupun orang non-Arab, miskin atau kaya, dan lain sebagainya. Tidak ada perbedaan di antara manusia melainkan derajat dan ketakwaan dan kesalehan (QS. al-Hujarat 49:13).
Hal ini menepis kecenderungan kebanyakan orang yang sering sekali lebih suka memilih pasangan hidup dilihat dari aspek status sosial, ekonomi dan hal-hal lain yang bersifat performa ketimbang isi dan kualitas.
Fitrah kemanusaian
Dalam pandangan Islam, nikah adalah fitrah kemanusiaan. Karena itu, Islam menganjurkan umatnya untuk menikah. Dalam hadits riwayat Ibnu Majah,dari Aisyah, Nabi bersabda:
النكا ح سنتي فمن لم يعمل بسنتي فليس مني و تزوجوا فانى مكاثر بكم الامم يوم القيا مة
“Nikah adalah tradisi agamaku. Maka, barangsiapa tidak mengamalkanya, niscaya ia tidak termasuk golonganku. Dan menikahlah sebab, aku hendak membanggakan banyaknya umatku dengan (pernikahan) kamu di hadapan umat-umat lain kelak di hari kiamat.”
Islam mengajarkan bahwa nikah adalah satu-satunya sarana untuk menyalurkan naluri seksual, melahirkan keturunan, dan sarana untuk membina keluarga yang islami.
Penghargaan Islam terhadap ikatan pernikahan pun sangat besar. Bahkan, dalam sebuah hadits Nabi, seperti dalam riwayat at-Thabrani, al-Hakim al-Baihaqi, ikatan itu menyatakan sebanding dengan separuh agama.
ادا تزوجا العبد فقداستكمل نصفالدين فليتق الله النصف البا قى
“Ketika seorang hamba menikah sesungguhnya ia telah melengkapi separuh agamanya. Maka hendaklah ia bertaqwa kepada Alloh dalam (memelihara) separuh yang lain.” []