Mubadalah.id – Dalam sebuah meja obrolan Agustus 2024 kemarin, seorang teman mengutarakan bahwa ia mendukung poligami. Lalu pada gilirannya ia menunjuk saya agar turut menyumbang pandangan. Saya sejenak menghela napas, lalu menjawab bahwa poligami itu selingkuh yang disahkan.
Sontak, semua penghuni menyorotkan mata mereka pada saya. Beberapa menaruh kuping dan mata secara saksama agar saya meneruskan penjelasan tadi. Saya tuturkan seadanya dengan basis penguat buku berjudul Poligami itu Selingkuh (Galang Press, 2007) garapan Dono Baswardono.
Buku tipis hanya 20 halaman tapi memuat argumen amat penting. Di sana, secara gamblang Dono merangkum gagasan bahwa selalu perempuan (istri) dan anak-anak yang terampas hak-haknya sebab poligami tak membutuhkan keadilan laki-laki tapi kepatuhan perempuan dan anak-anak.
Poligami, menurut tangkapan saya atas gagasan Dono, ialah selingkuh yang dilegalkan, yang disahkan, yang diakui. Mengapa? Sebab kecil kemungkinan saat melakukan pendekatan terhadap calon istri barunya, suami tak bermain hati, saling curi mata, dan bertukar kasih sayang di belakang istri sahnya.
Justru dalam beberapa kasus, atas dasar perselingkuhan agar teranggap sah/legal suami memilih berpoligami. Soal itu bisa diperdebat-obrolkan lebih masif dan rijit dalam forum atau tulisan yang lain.
Hubungan Hipokrit
Dalam esai ini, poin saya mengarah pada laku selingkuh. Ingat selingkuh artinya ingat juga serial tayangan berjudul Jangan Salahkan Aku Selingkuh. Serial perdana tayang pada 27 September lalu. Berlanjut setiap pekannya tayang pada Jumat dan Sabtu. Film terbintangi artis papan atas Andriani Marshanda. Mengangkat pengisahan lika-liku bahtera rumah tangga dan segala cobaannya.
Intisari film bisa tersimpulkan, ketika Anna (Andriani Marshanda), konselor pernikahan ternama, harus mereguk realitas pahit kala suaminya, Dimas (Giorgino Abraham), berselingkuh. Keterjebakan Anna dalam badai konflik perkawinan mengarah pada pengkhianatan dan rasa sakit. Padahal sehari-hari ia menampung dan memberi nasihat kliennya menyoal urusan rumah tangga.
Nyaris hal itu di luar harapan Anna. Bagaimana mungkin seorang konselor pernikahan tapi pernikahannya sendiri berantakan. Saban hari memberi motivasi hubungan baik pada mereka yang hendak menikah atau sudah menikah. Sementara ia gagal menjaga hubungan baik dengan suaminya karena selingkuh. Pola hubungan baik yang selama ini Anna bangun begitu saja runtuh berserakan tergodam suaminya sendiri.
Inti konflik mengapa suaminya berselingkuh, satu di antaranya, karena Anna tak bisa memberikan keturunan untuknya. Anna mendapat vonis sulit mendapatkan anak. Lalu, karena alasan demikianlah suaminya mendua sampai-sampai selingkuhannya hamil. Di sinilah titik nadir Anna terlecut. Bagaimana pengkhiatan demi pengkhiatan ia terima dari suaminya sendiri.
Kompleksitas Persoalan
Padahal jika toh Anna tervonis benar sulit mendapat keturunan, bukankah Dimas seharusnya membantu Anna menjalani terapi pengobatan, misalnya? Ia malah lari dari persoalan lalu mencari suaka kenikmatan tersendiri agar bisa mempersembahkan cucu pada ibu-bapaknya.
Namun, itulah konflik dalam sebuah suguhan karya, bahwa kadang persoalan satu harus rela terpangkas tokoh utama untuk membuat persoalan selanjutnya. Agar cerita hidup dan mendapatkan nuansa kompleksitas masalah.
Pesan sederhana dapat terambil dalam pengisahan film ini. Namun, kausalitas konfliknya tak lain bentuk usaha pengejawantahan akan peristiwa dunia nyata. Bahwa kerap terjadi manakala istri atau suami tervonis tak bisa memberi keturunan salah satunya lari dan putus asa akan cobaan itu. Dari sana, mereka mencari pelampiasan sebagai pembuktian bahwa vonis itu tak benar. Dengan berselingkuh, jika menyitir kisah dari film ini.
Dalam ikatan perkawinan, perselingkuhan termasuk perbuatan tak bermoral. Islam dengan tegas melarang perbuatan ini karena memicu hancurnya rumah tangga seseorang. Belum jika meniliki hukum positif, pelaku selingkuh bisa mendapat pidana berupa penjara dan denda. Dalam pada itu, memiliki niat mendua saja sudah salah, apalagi sampai hati melakukannya.
Usaha Memahami
Lekaku Dimas dalam film Jangan Salahkan Aku Selingkuh adalah perbuatan tak terpuji. Ia dengan enteng dan konyol melihat ikatan perkawinan melulu soal seksualitas, kepuasan, kepemilikan anak. Perkawinan terlalu sempit bilamana terukur dari ketiga hal tadi.
Mahmud Junus dalam Hukum Perkawinan dalam Islam (Pustaka Mahmudiah Djakarta, 1960) menulis dalam perkawinan ada kemengertian suami dan istri dalam menafsirkan kewajiban dan hak mereka masing-masing.
Mahmud menulis: “Kalau suami melihat tjatjat pada isterinja, maka hendaklah suami berhati sabar dan djanganlah dengan segera memerahinja, menjakiti hatinja, atau mentjeraikannja. Begitu pula kebalikannja.” Esensi sederhana yang Mahmud maksud menyoal kemengertian antara keduanya. Manusia, termasuk yang sudah menikah (suami-istri), bukan makhluk yang sempurna. Keduanya tak bisa lepas dari cacat dan aib.
Kita sejenak bisa membaca nasihat KH. Husein Muhammad di bukunya berjudul Islam Agama Ramah Perempuan (IRCiSoD, 2021). Buya Husein mengutarakan perempuan memiliki hak menolak kehamilan. Memang, satu sisi kehamilan bagian dari harapan kebahagiaan suami-istri dan keluarga. Namun, boleh jadi mewujud peristiwa tak terkehendaki sebab memiliki risiko kematian amat besar.
Dalam pada itu, Nabi Muhammad saw. Dengan bijak memberi jaminan surga bagi perempuan yang meninggal musabab melahirkan. Dengan sadar dan masuk akal tak heran jika hak atau pilihan perempuan menolak kehamilan perlu mendapat perhatian. Tentu dengan basis argumen ilmiah dan agama dapat terpertanggung jawabkan, halnya terjelaskan Buya Husein dalam bukunya tersebut.
Walhasil, kemustahilan Anna memiliki keturunan dalam film ini bukan saja bagian dari takdirnya. Namun, ada campur tangan Anna dalam memutuskan untuk memiliki anak atau tidak. Jika iya, maka Anna bisa melakukan pengobatan terapi medis dan sebagainya. Nah, peran Dimas sebagai suami menjadi penting di sana. Menemani istrinya untuk bisa sembuh demi menggapai harapan bersama.
Sementara jika tidak, Anna mungkin memiliki prinsip sama dengan apa Buya Husein jelaskan. Bahwa jika istri tidak menghendaki kehamilan, maka suami seharusnya juga mempertimbangkannya. Mengutarakan lebih jauh soal risiko-risiko bakal timbul akibat kehamilan itu sendiri. Bukan malah mendua, beralasan mengambulkan keinginan orang tua dengan memberi cucu padahal berlindung pada pelampiasan nafsu semata. Naas! []