Ada pepatah yang mengatakan, “Jika ingin melihat maju atau tidaknya suatu negara dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, maka lihatlah jumlah penelitinya.” Hasil penelitian tersebut juga dilihat dari segi kuantitas maupun kualitas. Penelitian menjadi hal yang mutlak untuk terus dikembangkan di setiap negara.
Dari penelitian tersebut, kita mampu mengukur apa saja yang perlu dikembangkan dari berbagai potensi negara. Hadirnya teknologi atau kebudayaan dunia di Indonesia, apakah layak untuk diikuti. Dan menjadi kebanggaan tersendiri jika hasil penelitian di Indonesia menjadi bahan pustaka dan tumpuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Seberapa mumpuni Indonesia dalam bidang penelitian? Apakah Indonesia sudah termasuk negara yang maju dalam segi ilmu pengetahuan dan teknologi? Dalam konteks perempuan, apakah perempuan sudah memenuhi kuantitas peneliti di Indonesia? Pertanyaan tersebut akan terjawab nanti ketika kita sudah mulai mendiskusikan bagaimana kalkulus penelitian di Indonesia.
Data UNESCO pada tahun 2015, Indonesia memiliki 269.956 dari total populasi atau dengan rasio 1.071 peneliti persejuta penduduk. Jumlah tersebut bahkan tidak setengah dari jumlah peneliti di Malaysia yang berjumlah 2.590 persejuta penduduk. Dari jumlah keseluruhan peneliti di Indonesia, hanya ada 31% peneliti perempuan.
Tercatat dalam laporan Menristek RI yang menyebutkan jumlah proposal riset perempuan hanya berjumlah 46,5% dibanding laki-laki 53,5%. Dalam bidang STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathemathics) masih didominasi oleh laki-laki sebesar 67,5% dan perempuan 32,5%.
Belum lama ini, Menristek RI Bambang Brodjonegoro mengungkapkan pentingnya perempuan menjadi peneliti. Dilansir dari kumparan.com, Bambang menjelaskan jika salah satu syarat untuk mencapai cita-cita Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045 adalah dengan jumlah Labor Force Pastisipation perempuan minimal mencapai angka 70 persen. Sedikitnya rasio tersebut memang ada sisi positif dengan hadirnya sederet peneliti perempuan yang berprestasi. Seperti Sastia Prama Putri, Korri Elvanita El Khobar, Dewi Nur Aisyah, Ratih Damayanti, Indri Badria Adilina dan Athanasia Amanda Septevani.
Sedikitnya jumlah peneliti perempuan di Indonesia tidak lepas dari beberapa pengaruh internal kebudayaan dan cara berpikir masyarakat. Ada beberapa penyebab rendahnya jumlah peneliti di Indonesia, diantaranya adalah: dikutip dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, masih adanya indikasi yang menyatakan jika bidang ilmu pengetahuan kurang ramah dengan perempuan.
Hal ini disebabkan karena tidak adanya jam kerja yang tetap. Apalagi ketika seorang perempuan yang sudah berkeluarga, acapkali kita dibenturkan dengan stereotip bahwa perempuan harus mengurus urusan rumah tangga sepenuhnya. Ini menjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan kinerja sains yang harus harus stand by ketika penelitian berlangsung.
Kedua, merujuk lagi dari kumparan.com, perempuan seringkali melihat bahwa penelitian di lapangan adalah laki-laki. Sehingga sampai pada membawa konsep pemikiran bahwa pekerjaan di lapangan seperti halnya peneliti adalah pekerjaan laki-laki. Walaupun kenyataannya pemikiran tersebut sudah mulai berkurang, akan tetapi tidak bisa kita nafikan jika alasan tersebut menjadi salah satu faktor terbesar.
Kajian tentang intervensi perempuan dalam sains sudah dimulai sejak pembongkaran epistemologi sains objektif. Objektifitas dianggap telah mengabaikan sejarah peran perempuan dalam penelitian dan penemuan-penemuan sains. Hal ini dinilai sangat egosentris dan bias. Jejak ilmuwan dan penelitian perempuan sengaja dihilangkan. Misalnya dalam bidang biologi oleh Barbara McClintock yang menjadi pionir transposisi genetik. Padahal dengan adanya jejak peneliti perempuan, hal tersebut bisa menjadi pemicu peneliti perempuan di abad modern yang akan bersaing di bidang inovasi.
Ketiga, perempuan lebih dipercayakan untuk mengurus keluarga. Sehingga dukungan untuk mengeksplor pengetahuan masih sangat rendah. Ini sering kita temui di kota-kota kecil dan daerah pedesaan. Daerah kota-kota maju sudah mulai berkembang meskipun tidak signifikan. Penyebab kondisi tersebut tidak akan pernah hilang jika kita tetap stagnan melihat kenyataan jumlah peneliti di Indonesia. Maka kita memerlukan reformulasi baru untuk membangkitkan semangat perempuan dalam bidang saing, teknologi penelitian.
Penelitian Dewi Candraningrum dan Anita Dhewy (2016) memaparkan tentang bagaimana memberikan edukasi untuk anak, remaja dan perempuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan ilmu pasti lainnya. Diantaranya adalah dengan mereduksi gap antara laki-laki dan perempuan dan mendirikan sekolah perempuan dengan tajuk Girl’s Day.
Reduksi gap dilakukan dengan cara melakukan advokasi sekolah-sekolah kejuruan dengan membuka peluang lebih banyak untuk anak dan perempuan. Data-data sekolah kejuruan yang sudah terfokus sejak menengah atas bisa menjadi modal besar bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam bidang ilmu pengetahuan. Sedangkan mendirikan sekolah adalah dengan tujuan visitasi anak-anak dan remaja perempuan tentang gambaran berbagai jenis pekerjaan dan riset.
Sehingga untuk meningkatkan jumlah peneliti perempuan, tentu membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Tidak terkecuali keluarganya sendiri. Kita sudah mulai menghilangkan stereotip perempuan yang hanya boleh mengurus rumah tangga, yakni dengan memperbaiki sistem pendidikan di negara yang tidak bias gender, dan pemenuhan serta akses pekerjaan yang memberikan ruang kesetaraan serta keadilan bagi lelaki dan perempuan. []