Mubadalah.id – Alhamdulillah bisa sampai tahap ini. Satu semester membersamai mahasantri Tashfiyatul Qulub dengan serba-serbinya kehidupan yang mencerahkan, menghidupkan dan mengharukan. Ketika para mahasantri berpamitan pulang liburan semester. Tidak terasa, Asrama Tashfiyatul Qulub berjalan dengan baik hingga sampai di titik ini.
Saya dan suami, Baba Said, ingat bagaimana saat awal akan mendirikan asrama mahasiswi, yang merupakan bagian dari realisasi cita-cita kami dari Pesantren Online Tashfiyatul Qulub, untuk dilanjutkan ke offline. Karena pandemi Alhamdulillah sudah berlalu dan semua telah kembali normal bisa beraktivitas seperti sediakala.
Waktu itu terjadi dialog antara suami dan saya. Ada rasa optimis akan bisa kami wujudkan. Tapi usai berdiskusi, kadang muncul keraguan-keraguan. Apa iya, nanti bisa berjalan sesuai rencana? Mulainya dari mana? Dan berbagai pertanyaan lain yang menghantui.
Terlebih setelah kami saling memupuk keyakinan. Dalam proses ternyata tidak langsung mulus seperti yang kami harapkan. Namun, kami yakin rintangan yang ada adalah bagian proses yang harus kami hadapi, dicari solusinya untuk menguatkan fondasi ke depannya.
Kami sowan ke kiai-kiai sepuh minta doa restu untuk ikhtiar kami dalam mendirikan asrama. Dengan harapan diberikan kemudahan dan kelancaran. Adapun beberapa Kiai dan Bu Nyai guru-guru kami yang jauh kediamannya di luar kota sulit terjangkau, kami juga sempatkan melalui telpon atau WA untuk doa restunya.
Responnya semua sangat positif. Semua juga memberikan dukungan kepada kami. Yang membuat kami semakin mantap. Bahkan kami juga banyak diberikan bekal cerita pengalaman para guru kami ketika mendirikan pondok pesantren. Mulai dari pahit dan manisnya. Serta masukan-masukan sampai ke hal-hal teknis. Yang tentu saja buat kami sangat bermanfaat.
Mubadalah Menjadi bagian dari Praktik Nilai Baik
Alhamdulillah, begitu kami membuka pendaftaran. Disambut baik juga oleh para mahasiswi di UIN Salatiga. Satu-persatu berdatangan mendaftar bersama orang tuanya. Dalam waktu tidak lama, target memenuhi kuota kamar pun alhamdulillah bisa terpenuhi.
Begitu perkuliahan dimulai pun, para mahasantri berdatangan untuk memulai pembelajaran. Kami buka dengan saling mengenal, menjelaskan tentang konsep pembelajaran di asrama, hingga aturan-aturan yang kami tetapkan.
Kami sejak sepakat untuk saling belajar, saling mengingatkan dan tumbuh bersama. Juga saling mengisi kekurangan, dan saling meneguhkan kekuatan selama proses pembelajaran.
Dengan bekal ilmu yang kami miliki dari pondok, dari KUPI (Kongres Ulama Perempuan Indonesia), Mubadalah, Swara Rahima, Fahmina, kami modifikasi untuk kami terapkan di asrama.
Alhamdulillah satu-persatu bisa kami realisasikan dan bisa kami rasakan kebersamaan yang saling membahagiakan selama satu semester ini. Harapannya semester depan semakin kokoh, tangguh, dan solid apa pun tantangannya.
Terinsipirasi Buku Qira’ah Mubadalah
Mubadalah menjadi bagian dari nilai-nilai yang kami tanamkan di asrama. Dalam kegiatan sehari-hari kami mengimplementasikan prinsip-prinsip mubadalah kepada mahasantri. Mahasantri dalam berelasi harus saling membahagiakan antara satu dengan yang lain, seperti pada teman, orang tua, pada guru dan masyarakat luas.
Terinspirasi dari penulis buku “Qira’ah Mubadalah” Dr. KH. Faqihuddin Abdul Kodir, yang mengatakan point penting dari mubadalah adalah bagaimana seseorang berelasi dengan orang lain untuk saling bersinergi dalam mewujudkan kebaikan.
Mubadalah mengajarkan seseorang untuk tidak saling merendahkan, menghina, dan hal-hal negatif lainnya. Melainkan mengajarkan pada kita semua untuk saling bekerjasama, saling menguatkan dan menolong satu sama lainnya. Nilai-nilai itulah yang kami coba terus terapkan kepada santri dalam kehidupan sehari-hari.
Mubadalah Penting bagi Mahasantri Tashfiyatul Qulub
Kami menilai, mubadalah penting diajarkan kepada mahasantri. Karena ini akan menjadi fondasi pengetahuan mereka, untuk bisa menjawab di masyarakat nanti, tentang asumsi terhadap Islam yang salah. Dianggap tidak toleran, patriarki, dan hal-hal negatif lainnya. Yang jelas-jelas Islam tidak demikian.
Karena agama Islam, justru mengajarkan untuk memanusiakan manusia, dengan tanpa membeda-bedakan jenis kelamin laki-laki atau perempuan, dengan status sosial yang berbeda, bahasa berbeda, dan juga adat kebiasaan yang berbeda. Walaupun manusia itu majemuk, namun sejatinya sama di hadapan-Nya dan yang membedakan hanyalah ketakwaan-Nya. Itulah yang Islam ajarkan.
Hal ini sebagaimana penjelasan dalam surat Al-Hujurat ayat 13.
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
Artinya: “Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti.”
Penerapan Mubadalah dengan Pembiasaan
Kami menerapkan sebuah sistem di asrama Tashfiyatul Qulub, semua mahasantri adalah pengurus, dan semua pengurus adalah mahasantri. Ini salah satu yang membedakan dengan pondok atau asrama di tempat lain.
Kami sengaja menerapkan sistem itu, karena satu alasan, yaitu semua mahasantri agar memiliki tanggung jawab yang sama untuk mengindahkan peraturan yang telah kami buat bersama. Semua mahasantri bertanggung jawab untuk saling menyanyangi, saling mengingatkan, saling terbuka, dan saling memberikan rasa aman dan nyaman.
Pembelajaran yang ada di asrama selalu menekankan pada prinsip kesalingan untuk mewujudkan asrama penuh keberkahan dan kedamaian.
Dengan keragaman latar belakang mahasantri dari berbagai kota di Indonesia, seperti NTT, Jambi, Palembang, Kalimantan, dll. Hal itu diharapkan bukan menjadi penghalang untuk terciptanya kenyamanan bersama dalam belajar.
Perbedaan kultur, budaya, bahasa, dari daerah yang berbeda, justru kami jadikan sebagai kelebihan untuk semakin memahami keragaman. Perbedaan mahasantri satu dengan lainnya kami jadikan sumber anugerah untuk belajar saling menghargai perbedaan yang ada.
Kami juga menekankan kepada para mahasantri bertanggung jawab untuk saling belajar dan menerapkan nilai-nilai positif pada diri sendiri.
Bahkan dalam rangka itu, kami menerapkan program afirmasi setiap hari. Para mahasantri setiap pagi usai ngaji, secara bergantian melakukan afirmasi diri dan diikuti oleh yang lain.
Apresiasi Positif
Kami bersyukur, hingga satu semester ini. Para mahasantri mengaku mendapatkan manfaat dan merasakan perubahan positif bagi diri mereka dengan semua program yang kami terapkan di asrama.
Di antara orang tua santri, juga banyak yang memberikan apresiasi atas perubahan positif kepada putri-putrinya. Nilai mubadalah yang kami lakukan selama di asrama, telah banyak terasa manfaatnya.
Harapan kami, dengan apa yang telah kami terapkan selama di asrama Tashfiyatul Qulub, tidak terhenti sampai di asrama saja. Namun akan menjadi bagian dari laku hidup para mahasantri dalam berelasi dengan orang lain di manapun berada. Baik di rumah, di kampus, bahkan juga dalam kehidupan di masyarakat.
Karena pada dasarnya, mubadalah tidak hanya terhenti kita pahami secara konseptual seperti yang diajarkan para guru-guru dan kiai. Namun yang utama adalah bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari menjadi laku hidup di tengah masyarakat. []